4 Cara Transfer Uang Anti Ribet

Shafira
|
October 4, 2024

Mengirim uang di era sekarang semakin nggak pakai ribet. Kemajuan teknologi telah menciptakan layanan pengiriman uang tanpa harus ke bank bahkan tanpa harus memiliki rekening. Berbagai pihak bank dan financial startup terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan finansial masyarakat dengan menciptakan layanan transfer uang anti ribet.

Saat ini, kamu bisa mengirimkan uang cukup dari rumah dengan layanan transfer uang yang dihadirkan oleh mereka. Apa saja cara transfer uang anti ribet ini? Berikut ulasannya.

SMS Banking

Transfer Anti Ribet SMS Banking

Layanan perbankan dari rumah yang bisa kamu coba adalah SMS Banking. Banyak bank yang telah menyelenggarakan SMS Banking sebagai salah satu opsi layanan perbankan bagi nasabah. SMS Banking merupakan layanan perbankan melalui pesan teks atau SMS. Kamu dapat mengecek saldo, membayar tagihan listrik, membeli pulsa, dan transfer uang.

Keunggulan dari SMS Banking adalah kamu nggak perlu koneksi internet untuk melakukan transaksi. Walaupun jaringan internetmu sedang bermasalah, kamu tetap bisa melakukan transaksi karena transaksi hanya membutuhkan nomor yang aktif dan pulsa yang cukup.

Dalam SMS Banking, kamu perlu mengetahui format SMS Banking yang digunakan oleh pihak bank beserta dengan kode angka yang berbeda untuk setiap transaksi. Setiap SMS per transaksi akan dikenakan biaya. Oleh karena itu, kamu butuh pulsa yang cukup. Sebelum itu, kamu harus melakukan registrasi SMS Banking dengan mendaftarkan nomor ponselmu di kantor cabang bank terdekat.

Phone Banking

Phone Banking Anti Ribet

Phone banking merupakan salah satu bentuk layanan perbankan yang diadakan melalui saluran telepon. Beberapa bank seperti BCA, BNI, Mandiri, CIMB, dan HSBC turut menghadirkan fitur phone banking sebagai salah satu bentuk layanan perbankan mereka. Dengan menggunakan layanan phone banking, kamu nggak perlu lagi repot datang ke bank atau ATM terdekat untuk melakukan transaksi. Kamu hanya perlu menelepon untuk melakukan transaksi perbankan selama 24 jam.

Hal yang perlu kamu lakukan untuk menggunakan layanan phone banking adalah, kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke kantor cabang bank terdekat atau melalui ATM. Setelah mendaftar, kamu biasanya akan diberikan PIN sebagai bentuk perizinan untuk melakukan transaksi. Setelah itu, kamu tinggal menghubungi nomor phone banking milik bank terkait. Pihak bank atau operator penjawab akan menerima telepon dan melayani kamu saat bertransaksi.

Online Banking

Online Banking Anti Ribet

Kegiatan online banking makin ramai di kalangan masyarakat dengan semakin meningkatnya transaksi cashless. Nah, pihak bank juga ikut mengeluarkan inovasi online banking dalam bentuk mobile banking dan internet banking. Apa saja yang ditawarkan dari kedua layanan ini?

Mobile Banking

Kegiatan transaksi finansial kini makin dimudahkan dengan hadirnya mobile banking. Mobile banking merupakan layanan perbankan berbasis aplikasi yang dikeluarkan secara resmi dari pihak bank. Kamu harus mendaftarkan diri dahulu ke pihak bank untuk menggunakan layanan ini.

Setelah mendaftar, kamu cukup mengunduh aplikasinya dan masukkan data diri secara lengkap. Kamu dapat melakukan berbagai macam transaksi dengan mobile banking. Mulai dari transfer uang, pembayaran tagihan, isi saldo dompet digital, hingga membuka rekening baru. Koneksi internet yang stabil dan kuat juga dibutuhkan untuk mengakses mobile banking.

Internet Banking

Mirip dengan mobile banking, internet banking merupakan layanan perbankan yang berbasis online dengan menggunakan koneksi internet. Yang membedakan adalah, internet banking menggunakan browser untuk melakukan transaksi. Kamu juga perlu mendaftarkan diri ke pihak bank untuk menggunakan layanan ini.

Limit transfer dari layanan internet banking juga cukup besar namun variatif tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Internet banking juga memudahkan penyelenggaraan layanan RTGS dan LLG sehingga nggak perlu lagi pergi ke bank untuk melaksanakan kliring. Tetapi, jadwal kliring tetap mengacu kepada jam yang telah ditentukan ya.

Aplikasi Fintech dan E-Wallet

Aplikasi E-Wallet dan Fintech

Bila bank punya mobile banking, maka financial startup memiliki aplikasi fintech dan e-wallet. Kini, kedua aplikasi ini turut melebarkan sayapnya dalam dunia transaksi. Kalau dulu, keduanya rata-rata hanya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, saat ini mereka ikut memiliki beragam layanan perbankan seperti transfer antar bank, tarik tunai, dan juga investasi. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi dan mengikuti proses pendaftaran diri di dalam aplikasi ini.

Aplikasi seperti ini makin dinikmati oleh kalangan banyak, sehingga banyak bank yang bekerja sama dengan aplikasi ini untuk mengeluarkan beragam promo dan cashback yang bisa kamu nikmati. Apalagi, aplikasi fintech biasanya menerapkan bebas biaya transfer lho. Contohnya, aplikasi OY! yang memiliki fitur transfer gratis ke 100 bank yang ada di Indonesia.

Cara transfer uang anti ribet kini makin beragam dengan berbagai platform dan aplikasi kini telah menghadirkan layanan transfer yang fleksibel. Terlebih lagi, dengan situasi pandemi saat ini kamu juga harus membatasi kontak dengan dunia luar. Kamu nggak perlu repot pergi ke ATM atau bank untuk melakukan transaksi karena semua layanan ini bisa kamu akses dari rumah saja.

Biar makin anti ribet, kamu bisa menikmati rangkaian transaksi perbankan yang super lengkap dan bebas dari biaya admin bank hanya di OY! Mulai dari transfer antar bank hingga transfer internasional, semuanya bisa dilakukan lewat satu aplikasi. Unduh aplikasinya dan daftarkan dirimu di OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023