5 Ide Usaha UMKM untuk Pemula

Shafira
|
October 4, 2024

Usaha UMKM kini kian merebak di kalangan masyarakat. Tidak mengherankan bahwa begitu banyak orang mencoba bisnis kecil atau menjadi seorang freelancer untuk menghasilkan uang ekstra di tengah pandemi saat ini. Kamu mungkin berpikir memulai bisnis di masa pandemi ini bisa menjadi usaha yang berisiko, namun banyak ahli percaya masa seperti ini adalah waktu yang tepat bagi orang-orang untuk mulai menjalani kehidupan wirausaha yang diimpikan.

Tentu, kamu ingin memulai bisnis milikmu sendiri. Tetapi ada begitu banyak industri atau layanan berbeda yang dapat kamu jelajahi. Untuk mengetahui dari mana harus memulai bisa terasa mustahil jika kamu sendiri belum memiliki ide dan tujuan bisnis yang jelas. Jadi, bagaimana cara kamu dapat memilih ide usaha UMKM sebagai seorang pemula?

Dengan 5 ide usaha UMKM ini, kamu akan merasa terinspirasi dan siap untuk memulai bisnis usaha kecil milikmu.

Makanan

Usaha UMKM Makanan

Bisnis makanan rumahan memang terlihat mainstream namun bukan berarti contoh usaha UMKM ini tidak patut dicoba. Untuk memulai, kamu bisa mencari dan melihat tren makanan yang tengah digemari masyarakat. Cari ide makanan yang mudah yang membutuhkan investasi rendah, peralatan minimal, dan lebih sedikit tantangan dalam pengiriman.

Contohnya, seperti menjual puding, jus, sambal kemasan, bumbu masakan, atau pun makanan berat seperti bakso atau rice bowl. Keuntungan terbesar dari bisnis ini adalah kamu dapat menghemat banyak biaya operasional bisnis. Kamu pun tidak perlu memiliki tempat operasional bisnis karena semua bisa dilakukan dari rumah. 

Minuman

Usaha UMKM Minuman


Usaha UMKM minuman kekinian merupakan salah satu bisnis yang masih kerap digemari oleh banyak masyarakat. Saat ini banyak sekali pilihan minuman kekinian seperti minuman boba, cheese tea, iced coffee blend, atau pun cold-pressed juice. Dengan tingginya rasa minat para masyarakat terhadap minuman kekinian, ide usaha ini sangat cocok bagi para pemula di industri UMKM.

Kamu bisa memulai usaha ini dengan bergabung dengan franchise usaha minuman kekinian atau memulai bisnis minuman milikmu sendiri. Jika kamu memutuskan untuk memulai bisnis minuman milikmu sendiri, kamu dapat berinovasi terhadap resep minuman milikmu yang tentunya akan membedakan produk kamu dari merek lain yang ada di pasaran. 

Reseller

Usaha UMKM Reseller


Usaha bisnis reseller bisa menjadi pilihan yang bagus untuk pengusaha pemula. Tapi sama seperti ide usaha UMKM online lainnya, bisnis reseller membutuhkan banyak kesabaran dan komitmen. Bisnis reseller memungkinkan kamu untuk menjual kembali produk yang dibeli dari produsen ke pelanggan.

Model bisnis reseller sangat terjangkau, menjadikannya salah satu pilihan bisnis terbaik untuk pengusaha baru. Pada dasarnya kamu adalah perantara antara produsen dan pelanggan. Ada beberapa alasan menarik untuk menjadi seorang reseller. Dengan sumber barang yang mudah dari beragam pilihan produk hingga biaya bisnis yang lebih rendah, kamu dapat memulai bisnis pengecer sendiri secara online dengan mudah. 

Dropship

Usaha UMKM Dropship


Bagi banyak orang, dropshipping adalah pilihan termudah dan paling efisien untuk memulai usaha UMKM berbasis online. Karena kamu tidak perlu membuat atau menyimpan produk, biaya muka rendah dengan dropshipping, dan kamu dapat memulai hanya dengan situs web dan keahlian pemasaran.

Kamu bahkan tidak perlu berurusan dengan pengiriman sebagai dropshipper, karena hal ini dilakukan oleh para supplier. Saat ini ada banyak aplikasi pihak ketiga untuk membantu kamu memulai usaha dropshipping-mu. Plus, jangkauan produk yang bisa kamu jual secara dropship hampir tidak terbatas.

Online Thrift Shop

Usaha UMKM Online Thrift Shop

Online thrift shop ini bisa dibilang salah satu contoh bisnis yang menjanjikan karena kegiatan thrifting sedang populer di kalangan masyarakat. Dengan modal kemampuanmu dalam memilih pakaian-pakaian bekas yang terlihat masih ‘menjual’, mencuci dan mendesinfektan, lalu mempromosikannya di berbagai laman media sosial, kamu dapat meraih pangsa pasar yang besar dengan keuntungan besar. 

Harga pakaian bekas yang sudah dicuci dan terlihat bersih akan sangat berbeda jauh dari saat kamu pertama kali membelinya. Apabila kamu memiliki kelihaian dalam memilih pakaian dan mengambil foto untuk setiap produk thrift kamu, kamu dapat memberikan harga yang jauh berbeda dari harga awal.

Tingkatkan Performa Pembayaran UMKM dengan OY! Bisnis

Agar performa UMKM milikmu makin meningkat, OY! Bisnis hadir dengan layanan yang akan memudahkan kamu untuk mengatur kanal pembayaran bisnis secara efektif.  Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023