Alasan Mengapa Bisnis Sulit Berkembang, Harus Dihindari!

Arin
|
October 4, 2024

Alasan Mengapa Bisnis Sulit Berkembang, Harus Dihindari! - Memiliki bisnis yang sukses dan dapat berkembang pesat tentunya menjadi impian bagi para pemilik bisnis, bukan? Akan tetapi, mengembangkan suatu bisnis bukanlah suatu hal yang mudah dan bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Memang, bisnis yang telah berkembang pasti akan mendatangkan keuntungan penjualan dalam jumlah yang lebih banyak. Meskipun begitu, pemilik bisnis tidak boleh semata-mata hanya fokus pada hal yang satu ini saja.

Para pemilik bisnis harus terus gigih dalam mengelola bisnis mereka secara keseluruhan agar bisnis bisa mencapai target yang diinginkan. Selain itu, ada beberapa hal yang harus dihindari saat menjalankan sebuah bisnis agar bisa berkembang tanpa rintangan.

Ingin tahu apa saja hal yang harus kamu hindari sebagai pemilik bisnis karena bisa mempersulit perkembangan bisnis milik kamu? Yuk, simak artikel lengkapnya di bawah ini!

Alasan Mengapa Bisnis Sulit Berkembang, Harus Dihindari!

Sebagai seorang pemilik bisnis, kamu harus memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis dengan cermat. Jika tidak, maka bukanlah tidak mungkin kalau pengelolaan bisnis menjadi berantakan sehingga kamu pun kesulitan dalam mendapatkan keuntungan dan bisnis menjadi sulit untuk berkembang.

Nah, ada berbagai macam alasan mengapa suatu bisnis kesulitan untuk berkembang dengan pesat. Berikut ini adalah beberapa alasan umum yang paling sering ditemui di pasaran.

Perencanaan bisnis masih kurang matang

alasan bisnis umkm sulit berkembang

Langkah yang satu ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menentukan serta mengumpulkan informasi-informasi yang dibutuhkan agar bisnis bisa berjalan lancar. Dari penentuan modal, target pasar, hingga strategi bisnis yang akan dilakukan, semuanya merupakan langkah awal yang penting karena berperan dalam menentukan kesuksesan suatu bisnis. 

Sayangnya, sampai sekarang masih ada saja pemilik bisnis yang masih menyepelekan langkah awal yang satu ini dan memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis tanpa persiapan yang matang. Hasilnya, bisnis yang mereka jalankan pun tidak bertahan lama dan berakhir gulung tikar karena kerugian yang didapatkan.

Jarang melakukan evaluasi

Evaluasi memiliki peranan untuk menyokong pemilik bisnis agar bisa meningkatkan layanan serta pengelolaan dalam bisnis sehingga harus dilakukan secara berkala. Cara yang satu ini membantu kamu dalam menemukan cara yang tepat untuk bisa menjalankan bisnis dengan efisien tanpa perlu membuang-buang waktu atau tenaga lebih.

Evaluasi bisa dilakukan dengan banyak cara dari melakukan market research hingga meminta feedback dari pelanggan maupun karyawan bisnis. Dengan begitu, kamu pun bisa mengetahui apa strategi promosi yang paling tepat serta produk apa yang harus ditawarkan untuk menarik minat target konsumen di pasar sehingga angka penjualan pun semakin meningkat.

Produk yang konstan

alasan bisnis umkm sulit berkembang

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus rajin mengikuti tren terbaru dan membuat inovasi produk agar bisa mengikuti permintaan pelanggan yang kerap berubah-ubah di pasaran. Hal ini dikarenakan produk berkualitas saja tidak bisa menjadi jaminan kalau produk milikmu bisa terjual dengan laris dipasaran. 

Buatlah inovasi produk secara berkala agar kamu bisa terus mempertahankan perhatian dari pelanggan lama sekaligus bisa menarik pelanggan baru ke bisnis yang kamu jalankan. Selain itu, inovasi juga bisa menjadi ciri khas dari bisnis yang kamu jalankan sehingga pelanggan bisa membedakan bisnis milikmu dengan kompetitor.

Pengelolaan keuangan buruk

Tidak bisa dimungkiri bahwa uang atau dana memiliki peranan besar dalam berjalannya suatu bisnis. Oleh karena itu, pengelolaan keuangan menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan apakah suatu bisnis bisa berkembang dengan pesat atau malah mengalami kegagalan.

Dalam mengelola keuangan, pemilik bisnis pastinya harus disiplin saat mencatat arus kas dalam bisnis. Gunakanlah dana yang didapat untuk mengembangkan bisnis dengan cara menyalurkan sejumlah biaya ke bagian operasional yang membutuhkan. Misalnya untuk menambah stok barang atau mendanai kegiatan promosi bisnis.

Saat ini, pengelolaan keuangan dalam bisnis bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan OY! Bisnis. OY! Bisnis memungkinkan pemilik bisnis untuk memantau arus kas masuk dan keluar dalam satu dashboard yang transparan sehingga membantu pembukuan keuangan bisnis.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk menggunakan OY! Bisnis untuk transaksi yang lebih praktis dan pengelolaan keuangan yang lebih simpel? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga!

Kembangkan Bisnis Milikmu dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023