Apa Manfaat Virtual Account untuk Bisnis?

Mutia
|
October 4, 2024

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan bisnis berbasis teknologi seperti e-commerce atau bisnis online beberapa tahun terakhir ini sangatlah cepat. Kita semua mungkin sudah sering melakukan transaksi jual beli online melalui berbagai macam situs e-commerce, atau bahkan salah satu diantara kita justru malah sudah memiliki bisnis online tersebut.

Bersamaan dengan perkembangan bisnis online tersebut, sistem pembayaran untuk transaksi jual beli pastinya juga semakin berkembang. Salah satu sistem pembayaran yang sedang ramai digunakan oleh berbagai macam perusahaan adalah virtual account (VA). VA merupakan nomor identifikasi pelanggan dari suatu perusahaan yang umumnya dibuat oleh bank atas permintaan perusahaan untuk memudahkan proses transaksi.

Nah, apa saja kemudahan yang didapat dengan menggunakan VA? Simak ulasannya berikut ini.

Konfirmasi pembayaran secara otomatis

virtual account bisnis

Setiap pembayaran yang dilakukan melalui VA akan teridentifikasi langsung secara otomatis oleh sistem. Jika Anda bertransaksi sebagai pelanggan, Anda tidak perlu lagi melakukan konfirmasi manual kepada penjual dengan menunjukkan bukti transaksi, karena sistem akan mengidentifikasi uang yang masuk dengan menggunakan nomor VA Anda. Jika bertransaksi sebagai penjual, Anda juga tidak perlu lagi mengkonfirmasi transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. 

Pelanggan tidak wajib memiliki akun bank yang sama dengan penjual

Keuntungan lain dari penggunaan VA sebagai alat pembayaran adalah pelanggan tidak perlu memiliki akun bank tertentu atau yang sama dengan penjual. Hal ini tentu sangat memudahkan para pelaku bisnis online karena tidak jarang pelanggan yang enggan mengeluarkan biaya lebih untuk biaya transfer antar bank. Saat ini, dengan metode VA pelanggan dapat melakukan transfer dari bank apa pun, baik melalui ATM, m-banking atau i-banking.

Berbagai jenis virtual account yang dapat digunakan sesuai kebutuhan

virtual account bisnis

Penggunaan VA juga dapat dilakukan dengan memilih jenis virtual account yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Jenis yang dimaksud disini adalah VA Static atau pun VA Dynamic. VA static digunakan ketika menginginkan nomor VA yang tetap untuk satu pelanggan untuk bertransaksi berulang kali. 

Sedangkan VA Dynamic digunakan ketika menginginkan nomor VA yang berubah-ubah setiap transaksi (single use). Selain itu metode penerimaan nominal pun juga dapat dipilih sesuai kebutuhan. Anda dapat memilih nominal yang sudah ditentukan sistem ataupun nominal yang diisi bebas oleh pelanggan.

Riwayat transaksi untuk proses rekonsiliasi keuangan

virtual account bisnis

Pada umumnya, semua bank penyedia layanan VA akan merinci secara detail dan real time di rekening giro Anda atas seluruh pembayaran melalui VA yang berhasil. Nomor, nama virtual account, bank, dan nominal yang dibayarkan akan terlihat dan dapat di-download dalam bentuk laporan. Layanan ini pastinya akan membantu Anda dalam melakukan rekonsiliasi karena akses laporan transaksi terdata secara lengkap dan jelas.

Transfer kapan pun dan di mana pun

Tentunya layanan VA ini dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Selama tersambung dengan koneksi internet, transaksi VA bisa dilakukan baik melalui m-banking ataupun internet banking dari gadget Anda. Hal ini pastinya sangat membantu memudahkan transaksi keuangan Anda. 

Bagi Anda yang ingin mempermudah kegiatan keuangan pada bisnis Anda, OY! Bisnis menawarkan API Virtual Account yang bisa digunakan untuk para pelaku bisnis online untuk menggunakan VA tanpa harus membangun sistem baru. Anda cukup menggunakan layanan API Virtual Account agar dapat menggunakan VA untuk menerima pembayaran dari pelanggan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan dari OY! Bisnis, klik di sini.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023