Aplikasi Pendukung Bisnis Online Biar Jualan Makin Laris

Arin
|
October 4, 2024

Aplikasi Pendukung Bisnis Online Biar Jualan Makin Laris - Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, minat orang-orang untuk berbelanja secara online juga semakin tinggi. Hal ini membuat bisnis online menjadi salah satu prospek bisnis yang menjanjikan, apalagi untuk anak-anak muda yang tertarik untuk memulai bisnis pertama kali.

Akan tetapi siapa yang bisa memberikan jaminan bahwa bisnis online akan lebih sukses daripada bisnis offline? Walaupun ada beberapa aspek yang membuat bisnis online tampak lebih praktis, tetapi pada dasarnya berbisnis secara online maupun offline memiliki tingkat kesulitan yang tidak jauh berbeda.

Bisnis online memang memiliki banyak kelebihan, seperti menjangkau pasar dalam cakupan lebih luas, modal yang tidak terlalu besar, serta banyaknya media untuk promosi. Akan tetapi, jika kelebihan-kelebihan ini tidak dimanfaatkan dengan benar, maka bukanlah mustahil jika bisnis online kamu malah gagal alih-alih berkembang. 

Ada banyak aplikasi jualan online yang bisa kamu gunakan untuk mendukung perkembangan bisnis kamu. Dari aplikasi untuk jualan online gratis sampai yang berbayar, kamu bisa cek list nya di bawah.

Aplikasi Pendukung Bisnis Online Biar Jualan Makin Laris

Sama seperti bisnis pada umumnya, kamu pasti akan menemukan berbagai macam hambatan saat memulai bisnis online. Mulai dari banyaknya kompetitor, kesulitan dalam menarik perhatian pelanggan, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa aplikasi jualan online yang bisa kamu gunakan untuk membuat bisnis online mu jadi lebih laris.

Aplikasi Graphic Design

Foto produk di yang ditampilkan di halaman toko memiliki peranan yang penting untuk menarik pelanggan. Hal ini dikarenakan merupakan hal pertama yang akan dilirik oleh calon pelanggan saat sedang berbelanja.

Desain serta tampilan yang menarik tentunya akan meninggalkan kesan di mata konsumen dan membuat mereka tertarik dengan produk yang kita jual. Maka dari itu, foto yang jelas dan cantik akan menambah nilai jual produk yang kamu jual di mata para calon pelanggan.

Membuat hasil foto produk yang memikat hati para calon pelanggan pun tidak sulit. Kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi untuk jualan online yang tersedia di Google Play Store ataupun AppStore untuk membuat produk tampak lebih eye-catching di halaman marketplace.

Aplikasi Pendukung Bisnis Online

Aplikasi seperti VSCO, Canva, Picsart, dan semacamnya bisa kamu gunakan untuk mengedit foto-foto produk yang ada. Dari memperbaiki lighting sampai menempelkan stiker-stiker lucu di foto, aplikasi tersebut akan sangat membantu kamu untuk meningkatkan ketertarikan calon pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual hanya dengan melihat foto yang ditampilkan.

Mobile Banking

Aplikasi jualan online lain yang akan membantu bisnis kamu agar semakin laris adalah mobile banking. Tentunya semua orang setuju bahwa eksistensi aplikasi mobile banking seperti BCA Mobile, BNI Mobile Banking, BRIMO BRI, dan sebagainya sangat memudahkan para pebisnis untuk melakukan transaksi dengan pelanggan dimanapun dengan mudah.

Selain itu, mobile banking juga sangat menguntungkan bagi para pebisnis karena bisa diakses kapan saja sehingga memudahkan mereka untuk memeriksa pembayaran yang masuk. Layanan ini sangat berguna untuk menghindari penipuan dengan kedok bukti transfer palsu, karena penjual bisa langsung mengecek jumlah saldo di rekening mereka.

Aplikasi Finansial

Aplikasi finansial merupakan sebuah inovasi teknologi yang memiliki kegunaan untuk membantu para pebisnis dalam mengatur keuangan di bisnis yang mereka jalani. Bisnis online kerap kali hanya ditangani oleh satu orang saja, apalagi untuk bisnis berskala kecil dan bisnis online yang masih baru.

Oleh karena itu, para pebisnis tentunya akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Aplikasi finansial seperti Money Lover dan Quickbooks akan memantau, mengatur, serta merencanakan keuangan sehingga kamu bisa fokus untuk mengembangkan aspek lain dalam bisnis online mu.

Selain itu, penggunaan aplikasi untuk jualan online ini juga akan meminimalisir terjadinya human error dalam menghitung keuangan. Kamu pun bisa mendapatkan info mengenai keuangan bisnis dengan lebih cepat dan akurat.

Aplikasi Notes

Sebagai seorang pebisnis, tentunya catatan merupakan hal yang penting. Akan tetapi, catatan fisik seperti buku, post-it, atau bahkan selembar kertas memiliki risiko yang sangat besar. Bisa-bisa catatan seperti itu hilang atau rusak ketika sedang dibutuhkan.

Aplikasi Pendukung Bisnis Online

Aplikasi notes seperti Evernote dan Google memungkinkan kamu untuk menyimpan semua data dan informasi di satu tempat dengan keamanan yang terjamin. Aplikasi tersebut juga bisa kamu sambungkan dengan perangkat lain sehingga tidak perlu takut kehilangan catatan yang sudah tersimpan di aplikasi.

Aplikasi Social Media Marketing

Media sosial merupakan salah satu alternatif paling populer untuk mempopulerkan suatu bisnis. Selain karena penggunanya yang banyak, promosi juga bisa dilakukan dengan gratis dengan cara mengupload konten-konten yang bisa meningkatkan relasi dengan para calon pelanggan.

Aplikasi social media marketing seperti Hootsuite dan Buffer juga memiliki banyak fitur untuk memudahkan para pebisnis dalam menjalankan bisnis online mereka. Aplikasi jualan online ini bisa kamu pakai untuk menjadwalkan post, memendekkan link URL, hingga menjadwalkan multiple post ke akun media sosial yang berbeda di waktu bersamaan.

Aplikasi Chat

Aplikasi untuk jualan online yang satu ini akan memudahkan pebisnis untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan. Aplikasi chat seperti Line, WhatsApp, hingga Messenger masing-masing memiliki fitur tersendiri yang unik dan bahkan menawarkan fitur khusus untuk bisnis agar tampilan akun yang ada tampak lebih professional.

Aplikasi Pendukung Bisnis Online

Aplikasi Marketplace

Selain bergantung pada media sosial, pebisnis bisa meningkatkan performa bisnis mereka dengan cara memanfaatkan aplikasi marketplace yang tersedia. Kelebihan dari aplikasi jualan online ini adalah memungkinkan kamu untuk bisa membuka beberapa toko sekaligus di berbagai marketplace. Pilihan aplikasi yang ada dan terkenal di Indonesia antara lain adalah BukaLapak, Tokopedia, hingga Lazada.

Itulah beberapa aplikasi pendukung bisnis online yang bisa kamu gunakan. Jika dimanfaatkan dengan benar maka jualan kamu pun akan semakin laris. Untuk menambah tingkat kepuasan pelanggan, kamu bisa menggunakan OY! Payment Link agar transaksi menjadi lebih mudah dan praktis.

Permudah Transaksi Bisnis agar Penjualan Makin Sukses Hanya dengan OY! Bisnis 

Setelah mendapatkan informasi mengenai aplikasi untuk jualan online, sekarang saatnya kamu mempertimbangkan penggunaan OY! Payment Link untuk kelancaran transaksi bisnis kamu. OY! Payment Link merupakan salah satu fitur dari OY! Bisnis yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka.

OY! Payment Link memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi penjualan secara digital dengan mudah dan efisien. OY! Payment Link mendukung berbagai metode pembayaran, dari kartu kredit, kartu debit, transfer bank, e-Wallet, hingga QR Code (QRIS). 

Lewat produk ini, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran yang dikehendaki pelanggan dalam satu link pembayaran. Dengan begitu, pelanggan pun akan merasa leluasa untuk membayar sesuai dengan metode yang mereka inginkan. 

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Bisnis agar bisnis kamu makin sukses? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023