Atasi Komplain Refund Pelanggan dengan OY! Indonesia

Luthfa
|
October 4, 2024

Pelanggan minta refund jadi salah satu masalah bisnis yang kerap dihadapi oleh para pemilik usaha. Alasan refund sendiri sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari ukuran barang yang tidak cocok, tampilan barang yang tidak sesuai dengan foto, barang rusak, dan lain sebagainya.

Sistem refund atau pengembalian dana memang perlu dihadirkan guna membangun pelayanan terbaik serta menciptakan kepercayaan pelanggan. Namun terkadang proses refund cukup ribet sehingga membuat pelaku usaha kelimpungan dalam memprosesnya.

Umumnya, proses refund tidak bisa selesa dalam waktu kilat karena pemilik usaha harus menanyakan dulu perihal nomor rekening pelanggan serta informasi terkait lainnya, baru setelah itu pengembalian dana bisa dilakukan.

Ribetnya proses refund tentu membuang-buang waktu, padahal kamu sebagai pemilik usaha pasti memiliki kepentingan lain yang juga harus diselesaikan. Nah, untuk mengatasi refund yang memakan waktu, kamu bisa mengandalkan OY! Indonesia.

Dengan OY! Indonesia, kamu bisa mempersingkat waktu pengembalian dana pelanggan sehingga kamu bisa fokus ke perkembangan bisnis.

Alasan Kenapa Proses Refund Harus Dilakukan dengan Cepat

Proses refund harus dilakukan dengan cepat. Sayangnya banyak pemilik usaha yang masih menggunakan cara manual untuk melakukan pengembalian dana pelanggan. Padahal lamanya proses refund dapat memengaruhi customer experience.

Pelanggan mungkin akan merasa cemas terhadap dana yang belum kunjung dikembalikan. Alhasil tingkat kepercayaan pelanggan akan menurun dan menyebabkan customer experience bisnis kamu rendah. Hal ini tentu sangat berdampak pada perkembangan bisnis kamu.

Untuk itulah mengapa proses pengembalian dana harus dilakukan secara cepat dan tepat sasaran agar kamu dapat membangun kepercayaan pelanggan. Dengan OY! Indonesia, kamu dapat melakukan proses refund secara lebih cepat dan praktis sehingga menjamin kepuasan pelanggan. 

Atasi Komplain Refund Pelanggan dengan OY! Indonesia

OY! Indonesia melalui OY! Bisnis memiliki produk OY! Claim Fund yang dapat membantu para pebisnis untuk memproses pengembalian dana pelanggan dalam waktu cepat. Menariknya lagi, proses refund ini tetap dapat dilakukan meski tidak mengetahui informasi bank pelanggan kamu.

Yap, proses refund lewat OY! Claim Fund memang sangat mudah dan praktis sehingga diharapkan para pelaku usaha dapat lebih fokus terhadap perkembangan bisnis mereka. Untuk lebih jelasnya lagi, mari cari tahu keuntungan OY! Claim Fund berikut ini:

Menghindari kesalahan akibat human error

Berbeda dengan proses manual yang tinggi risik, seluruh proses refund dilakukan dengan bantuan sistem sehingga mencegah terjadinya kesalahan akibat human error.

Menyederhanakan proses refund

Pengembalian dana yang terkadang memakan waktu akan dibuat lebih praktis dengan OY! Claim Fund. Prosesnya dipersingkat sehingga hanya butuh waktu beberapa menit sampai uang pelanggan berhasil dikembalikan ke rekening mereka.

Kirim uang ke pelanggan dengan mudah

Mudahnya proses pengembalian dana lewat OY! Claim Fund semakin meningkatkan efisiensi proses refund dan reimbursement bisnis kamu. Bahkan, kamu bisa mengirim uang ke pelanggan tanpa mengetahui informasi bank merek, termasuk nomor rekening.

Lebih aman

Tak perlu khawatir soal keamanannya sebab OY! Indonesia menjamin seluruh keamanan transaksi yang dilakukan di dashboard OY! Bisnis, termasuk saat proses refund dengan OY! Claim Fund. Selain itu, semua pengembalian dana juga harus disetujui terlebih dahulu oleh partner sehingga proses refund tidak akan terlaksana bisa tidak ada lampu hijau dari kamu sebagai pemilik bisnis.

Pantau proses transaksi pada satu dashboard

Kamu bisa memantau seluruh transaksi refund yang berlangsung di dashboard OY! Bisnis. Selain itu, kamu juga bisa mengecek riwayat transaksi serta mengunduhnya untuk keperluan rekonsiliasi data.   

Tingkatkan Performa Bisnis dengan Bergabung di OY! Bisnis

Menggunakan OY! Indonesia adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan jika ingin melancarkan proses refund uang pelanggan. Lewat produk OY! Claim Fund, kamu dapat mempersingkat waktu serta proses pengembalian dana.

OY! Claim Fund juga akan memudahkan kamu dalam melakukan rekonsiliasi data. Hal ini karena seluruh transaksi penggajian akan terekam otomatis di dashboard OY! Bisnis. Jika kamu memiliki kendala terkait refund, tentu OY! Claim Fund adalah solusi dalam permasalahan ini.

Selain itu, OY! Bisnis juga memfasilitasi pelaku usaha dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Mulai dari transfer bank, virtual account, e-wallet, QRIS, hingga gerai ritel. Secara tidak langsung, cara ini sangat efektif dalam meraih pasar yang lebih luas.

Bagi kamu yang ingin menggali informasi mengenai bisnis UMKM di Indonesia atau ingin mengetahui bagaimana cara OY! Indonesia membantu pengelolaan keuangan UMKM, cari tahu informasinya di sini. 

Bagaimana, tertarik menggunakan OY! Indonesia untuk bantu tingkatkan performa bisnis kamu? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023