Bakal Gantikan Gambir, Yuk Intip Fasilitas di Stasiun Manggarai!

Arin
|
October 4, 2024

Bakal Gantikan Gambir, Yuk Intip Fasilitas di Stasiun Manggarai! - Stasiun Manggarai dikabarkan akan menggantikan Stasiun Gambir sebagai stasiun sentral di Jakarta yang melayani berbagai macam perjalanan kereta api, dari antar kota hingga KRL.

Menurut Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati, rencana ini sejalan dengan proyek Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang yang tengah dilakukan pemerintah.

Stasiun Manggarai sendiri dianggap terletak di lingkungan yang kurang strategis jika dibandingkan dengan Stasiun Gambir. Apalagi mengingat kalau rencana ini akan membuat terjadinya lonjakan pengunjung yang drastis di Stasiun Manggarai. 

Hal ini dikarenakan jalan masuknya yang sempit serta tempat parkir yang terbatas sehingga dikhawatirkan akan mengganggu kegiatan penumpang maupun warga sekitar jika Stasiun Manggarai ini memang akan dijadikan stasiun sentral.

Merespon hal tersebut, pemerintah pun melakukan pembangunan atau proses revitalisasi di kawasan stasiun guna meningkatkan pelayanan serta fasilitas di Stasiun Manggarai. Dari penambahan jalur sampai perluasan lahan parkir, pemerintah berencana untuk melakukan pembangunan agar masyarakat bisa bertransportasi umum dengan lebih nyaman.

Akan tetapi, sampai saat ini proses revitalisasi Stasiun Manggarai masih berlangsung sehingga masih belum bisa dipastikan kapan rencana untuk menjadi Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral akan diberlakukan.

Sekarang sudah ada beberapa bagian di stasiun yang sudah selesai dibangun dan di upgrade. Yuk intip fasilitas-fasilitas apa saja yang ada di Stasiun Manggarai!

Memiliki fasilitas bergaya Jepang

Bangunan Stasiun Manggarai yang rampung sempat jadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat karena memiliki gaya bangunan ala Jepang. Lorong stasiun yang bersih, luas dan penuh cahaya lampu semakin memberikan kesan modern, seperti berada di stasiun luar negeri.

Selain itu, bangunan baru Stasiun Manggarai juga menyediakan eskalator, lift, maupun tangga sehingga memudahkan akses naik turun di bangunan dua lantai tersebut.

Ada tiga belas jalur di Stasiun Manggarai

Tahun lalu, tahap pertama dari proses revitalisasi ini berhasil diselesaikan, yaitu dengan menambahkan empat jalur kereta api baru sehingga membuat jalur di Stasiun Manggarai berjumlah tiga belas jalur.

Jalur kereta api tersebut juga terletak di berbagai macam tempat, dari jalur lantai atas yang ditujukan untuk KRL, di lantai dasar, hingga jalur bawah tanah di Jalur 8, yang terintegrasi langsung ke kereta api dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta.

Menyediakan akses langsung ke berbagai transportasi umum lainnya

Selain itu, Stasiun Manggarai juga menyediakan berbagai macam akses langsung ke berbagai transportasi umum lainnya, seperti Halte Bus Transjakarta Manggarai dan segala jenis angkutan umum yang berjejer di depan stasiun.

Stasiun Manggarai juga dilengkapi dengan penunjuk jalan yang lengkap serta staff yang akan membantu dengan senang hati sehingga memudahkan penumpang saat bepergian.

Nah, itulah fasilitas-fasilitas yang ada di Stasiun Manggarai? Bagaimana menurut kamu? Apakah fasilitas tersebut sudah bisa membuat Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral yang nyaman bagi para penumpang?

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023