BBM Naik, Ini Kiat Pebisnis untuk Akali Biaya Ongkir

Arin
|
October 4, 2024

BBM Naik, Ini Kiat Pebisnis untuk Akali Biaya Ongkir - Pemerintah secara resmi telah mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di bulan September 2022 ini. Keputusan tersebut tentunya akan membawa dampak yang cukup signifikan ke banyak sektor di Indonesia, dari sektor transportasi hingga sektor bisnis.

Pasalnya, naiknya harga BBM akan membuat harga barang kebutuhan maupun bahan pangan turut melonjak yang bisa memicu terjadinya inflasi ekonomi. Maka dari itu, para pebisnis juga harus bersiap-siap mengeluarkan biaya ekstra untuk produksi serta menaikkan harga produk yang mereka jual agar tidak mengalami kerugian.

Selain mengenai harga barang dan bahan, para pebisnis juga harus mengantisipasi kemungkinan naiknya biaya ekspedisi yang disebabkan oleh harga BBM yang naik. Apalagi bagi para pebisnis online yang memang mengandalkan jasa ekspedisi untuk mengirimkan produk yang di jual ke pelanggan.

Oleh karena itu, pemilik bisnis harus cerdik dalam menyusun taktik penjualan agar bisnis mereka semakin laris dan biaya operasionalnya tidak berat di biaya pengiriman saja. Yuk, simak artikel yang satu ini untuk ketahui jawabannya!

BBM Naik, Ini Kiat Pebisnis untuk Akali Biaya Ongkir

Sebagai pebisnis, kamu harus selalu siap dalam menghadapi berbagai macam rintangan pada saat menjalankan bisnis milikmu. Sekarang ini, lonjakan harga ongkos kirim (ongkir) yang disebabkan oleh naiknya harga BBM mungkin menjadi salah satu rintangan yang perlu diatasi oleh semua pemilik bisnis di Indonesia.

Terutama pada saat membeli barang via online, harga ongkir seringkali mempengaruhi keputusan akhir pelanggan apakah mereka akan membeli produk dari bisnis milikmu atau tidak. Itulah sebabnya, toko dengan biaya pengiriman yang lebih murah biasanya memiliki lebih banyak pelanggan. 

Meskipun begitu, tentunya kamu sebagai pemilik bisnis juga harus mempertimbangkan beberapa hal saat memberikan biaya ongkir yang murah, apalagi mengingat kondisi di mana harga barang sedang melambung tinggi. Carilah opsi yang bisa memungkinkan kamu untuk bisa memberikan biaya ongkir yang murah ke pelanggan namun tetap memberikan keuntungan ke bisnis milikmu.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebagai pemilik bisnis untuk bisa mengakali biaya ongkir agar tidak terlalu mahal di tengah naiknya harga BBM saat ini.

Manfaatkan platform jualan di internet

BBM Naik, Ini Kiat Pebisnis untuk Akali Biaya Ongkir

Saat ini, sudah ada banyak platform di internet yang bisa kamu pakai untuk berjualan. Platform yang dimaksud merupakan marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan semacamnya, yang memungkinkan para pemilik bisnis online untuk menjual produk mereka ke target pasar yang lebih luas dan bisa menjangkau bahkan pelanggan di luar kota atau luar negeri sekalipun.

Selain itu, salah satu kelebihan yang bisa didapat dari penggunaan marketplace adalah fitur gratis ongkir sehingga pemilik bisnis maupun pelanggan tidak perlu membayar biaya pengiriman produk. Hal yang satu ini tentunya menjadi poin plus bagi pemilik bisnis maupun pelanggan karena mereka bisa melakukan kegiatan jual-beli tanpa harus membayar ongkir mahal yang disebabkan oleh naiknya harga BBM.

Cantumkan batas minimum pembelian

Gratis ongkir memang menjadi salah satu penentu ketika seseorang berbelanja secara online, terutama ketika harga ongkir semakin mahal karena harga BBM naik. Nah, untuk memastikan agar produk di toko online kamu terjual dengan laris, kamu bisa cantumkan batas minimum pembelian barang yang harus dibayarkan pelanggan untuk mendapatkan keuntungan gratis ongkir.

Selain membuat kamu bisa meminimalisir kerugian karena gratisnya biaya ongkir, langkah yang satu ini juga akan membuat pelanggan semakin banyak berbelanja di toko online milik kamu. Misalnya, kamu bisa memberikan keuntungan gratis ongkir Rp. 9.000 ke pelanggan yang melakukan pembelian sebesar Rp. 100.000 di toko online milikmu.

Tawarkan promo atau diskon

BBM Naik, Ini Kiat Pebisnis untuk Akali Biaya Ongkir

Selain mencantumkan batas minimum pembelian, promo maupun diskon juga bisa menjadi cara yang tepat untuk memancing lebih banyak pelanggan untuk berbelanja di toko online milik kamu. Tawarkanlah promo serta diskon dalam kurun waktu tertentu agar pelanggan berbondong-bondong untuk memborong barang sebelum kehabisan.

Taktik penjualan yang satu ini juga merupakan taktik yang cocok dilakukan jika kamu memiliki barang yang tidak laku atau kurang populer di toko milikmu. Pelanggan pasti akan membeli banyak barang karena harganya yang murah sekaligus bisa mendapatkan gratis ongkir untuk menghemat pengiriman barang. Kamu dan pelanggan pun bisa sama-sama mendapatkan keuntungan bebas biaya ongkir walaupun harga BBM naik.

Pertimbangkan bermitra dengan ekspedisi pengiriman

Selain kiat-kiat yang telah disebutkan di atas, pemilik bisnis juga bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan pihak ekspedisi pengiriman agar bisa mendapatkan biaya pengiriman barang yang lebih murah. Biasanya, pemilik bisnis yang telah bermitra dengan pihak ekspedisi akan memberikan pelanggan mereka voucher atau kode promo yang bisa digunakan untuk mendapatkan diskon biaya pengiriman.

Bagaimana? Setelah membaca artikel mengenai kiat-kiat pebisnis untuk mengakali biaya ongkir di tengah naiknya harga BBM, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis online kamu dari sekarang? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Transaksi Bisnis Jadi Lebih Lancar Pakai OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023