Apa Beda Pulsa Prabayar dan Pascabayar?

Shafira
|
October 4, 2024

Untuk melakukan proses komunikasi melalui handphone, kamu membutuhkan pulsa. Pulsa bekerja sebagai alat satuan perhitungan biaya telepon. Tanpa pulsa, kamu nggak bisa menikmati layanan seluler yang ada di handphone.

Selama ini kita mengenal adanya pulsa prabayar dan pascabayar. Keduanya sama-sama dapat digunakan untuk melancarkan proses komunikasi, tetapi mereka memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya.

Karakteristik tersebut terletak dari segi pembayarannya dan pola kerja yang berbeda. Kenapa demikian? Nah, berikut ini ulasan lengkap mengenai beda pulsa prabayar dan pascabayar. Kira-kira mana yang cocok dengan kebutuhanmu? Simak beda

Pulsa Prabayar

Perbedaan Pulsa Prabayar dan Pascabayar

Namanya juga prabayar, artinya pulsa harus dibayarkan sebelum digunakan. Kalau kamu belum membeli pulsa, maka layanan seluler ini nggak bisa digunakan. Artinya, kamu harus beli dulu pulsa sebelum menggunakan layanan seluler.

Untuk mengaktifkan nomor prabayar, kamu cukup registrasi nama, nomor KK dan NIK untuk mengaktifkannya dan sebagai identitas bahwa nomor itu milik kamu. Registrasi dapat kamu lakukan sendiri atau di outlet pembelian kartu SIM. Hal ini berbeda dengan layanan prabayar yang mengharuskan registrasi nomor di kantor cabang provider.

Selain itu, kamu juga dapat mengisi pulsa kapan saja. Begitu pulsa habis, kamu bisa langsung mengisinya lewat outlet agen pulsa, ATM, m-banking, e-commerce, aplikasi fintech, dan juga melalui mini market. Pembelian pulsa prabayar juga dinilai lebih gampang dibandingkan dengan pulsa pascabayar karena kamu nggak bergantung pada tagihan setiap bulannya.

Nomor prabayar juga memiliki masa aktif. Kalau kamu nggak isi pulsa dalam periode masa aktif nomor tersebut, maka nomor akan hangus dan nggak bisa digunakan lagi. Oleh karena itu, jika pulsa prabayarmu sudah habis, sangat disarankan untuk segera mengisinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah nomor menjadi hangus.

Pulsa Pascabayar

Apa Beda Pulsa Prabayar dan Pascabayar

Pulsa pascabayar merupakan jenis pulsa yang sifatnya seperti ‘berlangganan’ karena kamu akan terikat kontrak dengan provider untuk membayar tagihan penggunaan pulsa di setiap bulannya.

Pembayaran tagihan dapat dilakukan melalui ATM, m-banking, e-commerce, aplikasi fintech atau melalui fitur autodebet kartu kredit. Untuk ikut layanan pascabayar, kamu harus melakukan migrasi nomor menjadi nomor pascabayar. Kamu dapat melakukannya dengan mendaftarkan diri di provider.

Keunggulan dari pascabayar adalah kamu bisa mengatur dan mengendalikan pemakaian pulsa. Jadi kamu bisa mengatur limit penggunaan. Sebetulnya, harga paket pulsa pascabayar dinilai lebih murah karena bersifat akumulatif selama satu bulan.  Hal ini dapat membantumu untuk merencanakan keuangan untuk kebutuhan pulsa. Pihak provider biasanya memberikan beberapa layanan yang disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kamu juga nggak perlu bolak balik isi pulsa karena kebutuhan pulsamu tercukupi sehingga kamu nggak perlu khawatir nomormu hangus apabila telat mengisi pulsa. Apalagi bagi kamu yang sibuk dan nggak bisa meninggalkan handphone sejenak, pulsa pascabayar bisa menjadi pilihan.

Walaupun nggak perlu repot isi pulsa, tagihan pascabayar bisa membengkak bila kamu memakainya lebih dari batas limit penggunaan. Bila penggunaan melewati batas limit, biasanya akan ada pemberitahuan berapa sisa kuota yang ada.

Jika sisa kuota habis, kamu akan dikenai biaya tambahan. Biaya tersebut akan dikenai berdasarkan penggunaan layanan seluler yang diakses. Oleh karena itu, kamu harus memastikan limit penggunaan yang sudah ditetapkan cukup untuk kebutuhanmu.

Pulsa prabayar dan pascabayar memang memiliki fungsi yang sama sebagai alat satuan perhitungan telepon. Yang membedakan dari keduanya adalah proses kerja pulsa dan segi pembayarannya. Beda pulsa prabayar dan pascabayar bukanlah suatu penghalang. Kamu dapat menentukan jenis pulsa mana yang paling cocok untuk kebutuhan komunikasimu. Apakah pulsa prabayar atau pulsa pascabayar?

Saat ini, kamu juga bisa beli pulsa prabayar dan bayar tagihan pascabayar lewat aplikasi OY! Selain proses pembelian mudah, pulsa juga cepat diproses nggak pakai lama. Nggak perlu lagi deh keluar rumah untuk melakukan pembelian. Cukup dengan satu aplikasi kamu bisa memenuhi aktivitas finansialmu. Unduh aplikasinya dan daftarkan dirimu di OY! sekarang.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023