Cara Belanja di TikTok Shop

Arin
|
October 4, 2024

Cara Belanja di TikTok Shop - Saat ini, media sosial telah menjadi suatu sarana serba guna yang dimanfaatkan masyarakat. Media sosial digunakan untuk banyak hal, dari sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, berkomunikasi, memperluas jaringan pertemanan, hingga untuk mencari penghasilan.

Ada banyak jenis media sosial yang dipakai oleh masyarakat di Indonesia, maupun di seluruh dunia. Dari Facebook, Twitter, hingga Instagram, semuanya pernah mengalami lonjakan popularitas pada masanya. Akan tetapi, ada satu aplikasi yang sedang berada di tingkat kepopulerannya selama beberapa tahun belakangan, yaitu TikTok.

Cara Belanja di TikTok Shop

Selain sebagai aplikasi media sosial dimana para penggunanya bisa membuat dan membagikan video yang mereka ciptakan, TikTok juga mengeluarkan fitur baru yang bernama TikTok Shop. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut mengenai fitur baru tersebut dan cara belanja di TikTok Shop dengan membaca artikel yang satu ini.

Cara Belanja di TikTok Shop

Tidak bisa dimungkiri bahwa TikTok merupakan salah satu aplikasi media sosial yang sangat populer akhir-akhir ini. Selain sebagai wadah yang bisa digunakan para video creator untuk berkarya, TikTok lalu meluncurkan fitur TikTok Shop yang bisa dimanfaatkan para pengguna untuk bisa melakukan kegiatan belanja online dengan praktis.

Lantas, apa sih TikTok Shop itu? Sesuai namanya, TikTok Shop adalah sebuah fitur belanja yang bisa dimanfaatkan para pengguna untuk melakukan kegiatan jual-beli secara langsung di aplikasi TikTok. 

Berbeda dengan fitur belanja online di aplikasi media sosial lainnya, fitur TikTok Shop ini memungkinkan pelanggan untuk bisa melakukan semua kegiatan belanja, dari browsing produk sampai chatting dengan penjual, dengan menggunakan aplikasi TikTok saja.

Fitur belanja yang satu ini tentunya akan memudahkan para pengguna karena tidak harus menggunakan aplikasi lain sebagai perantara saat hendak membeli barang dari brand yang di promosikan di TikTok.

Cara Belanja di TikTok Shop

Cara belanja di TikTok Shop sendiri terbilang cukup mudah karena tidak jauh berbeda dengan sistem e-commerce pada umumnya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti sebagai cara belanja di TikTok Shop:

  • Buka aplikasi TikTok di smartphone kamu.
  • Klik akun toko online yang menjual produk yang kamu inginkan, lalu klik ikon ‘Shop’ (gambar tas) yang tertera di halaman utama ‘Profile’. 
  • Begitu barang-barang yang dijual di toko tersebut muncul di layar, kamu bisa lanjut browsing dengan cara scroll ke bawah. 
  • Jika sudah menemukan produk yang akan kamu beli, pilih opsi ‘Buy Now’ yang ada di pojok kanan bawah.
  • Di halaman ‘Order Summary’, isilah alamat lengkap beserta barang yang akan dibeli serta metode pembayaran. 
  • Pilih salah satu opsi pembayaran yang ingin digunakan seperti melalui Gopay, OVO, transfer, hingga pembayaran di minimarket.
  • Setelah semua tahapan selesai, tunggu instruksi selanjutnya yang menyatakan bahwa pembayaran yang dilakukan telah berhasil.

Cara Memanfaatkan TikTok Shop Selain untuk Belanja

Selain untuk belanja, kamu juga bisa menggunakan TikTok Shop untuk mendapatkan penghasilan tambahan loh. Selain dengan cara menjadi creator ataupun menjual produk buatan sendiri di TikTok Shop, kamu juga bisa mengikuti TikTok Affiliate Program.

Nah, program yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan penghasilan dengan cara mempromosikan produk milik brand atau UMKM lain dengan cara menempelkan link penjualan ke video yang akan kita bagikan. 

Cara Belanja di TikTok Shop

Nantinya, kamu akan mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu, sesuai dengan hasil penjualan produk yang sebelumnya telah kamu promosikan dan besarannya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh penjual atau partner.

Berikut adalah cara untuk mendaftarkan diri ke program TikTok Affiliate:

  • Buka aplikasi TikTok, lalu login.
  • Masuk ke tab ‘Profile’, klik ‘Menu’.
  • Pilih ‘Creator Tools’, lalu klik ‘TikTok Shop’.
  • Pastikan kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku (Creator dengan pengikut lebih dari 7000 orang, memiliki jumlah penayangan lebih dari 50 video, dan mengunggah satu video dalam kurun waktu 28 hari).
  • Klik tombol ‘Apply’ dan ikuti instruksi selanjutnya.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Setelah membaca artikel tentang cara belanja di TikTok Shop yang satu ini, apakah kamu juga tertarik untuk menjadi seller dan menjual produk kamu di TikTok Shop? Untuk kamu yang mau memulai bisnis, ayo gabung dengan OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya.

Lancarkan Transaksi Bisnis agar Penjualan Makin Sukses Hanya dengan OY! Bisnis

 

OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka.  

OY! Bisnis juga memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi penjualan secara digital dengan mudah dan efisien. Lewat produk yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah  transfer bank, e-wallet, hingga QRIS. 

Dengan banyaknya pilihan opsi metode bayar, pelanggan jadi bisa menyesuaikan dengan metode yang mereka inginkan. Selain itu,  OY! Bisnis juga memudahkan proses rekonsiliasi keuangan bisnis kamu karena kamu bisa mengecek seluruh riwayat transaksi di dalam satu dashboard.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Bisnis dalam memulai bisnismu? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023