Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

Atia Nadira
|
October 4, 2024

Beberapa tahun silam, pemerintah Indonesia telah meluncurkan sistem kesehatan yang bernama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang cukup diminati oleh masyarakat. Penyebab utama minatnya masyarakat dengan BPJS Kesehatan adalah nominal iuran atau tagihan yang jauh lebih terjangkau dibandingkan asuransi kesehatan lainnya.

Terlebih lagi, tingkatan kelas yang dibagi menjadi tiga kategori berlaku dalam sistem BPJS Kesehatan. Hal tersebut memungkinkan setiap orang untuk membayar tagihan sesuai dengan kemampuan finansialnya. 

Untuk mengetahui nominal tagihan BPJS Kesehatan, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan selain mengunjungi kantor BPJS. Kini, kamu bisa lebih menghemat waktu dan tenaga saat ingin cek tagihan BPJS Kesehatan, yaitu dengan mengecek tagihan secara online.

Ingin tahu bagaimana cara cek tagihan BPJS Kesehatan secara online? Telusuri caranya di artikel OY! Indonesia berikut ini!

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

cara cek tagihan bpjs kesehatan

Perkembangan teknologi dan kehadiran internet memungkinkan masyarakat untuk melakukan segala macam hal secara daring, termasuk pengecekan tagihan BPJS Kesehatan secara online. Kamu nggak perlu lagi mengunjungi gerai secara fisik setiap kali ingin mengetahui berapa nominal tagihan kamu serta mengetahui informasi lainnya yang berkaitan dengan asuransi kesehatan kamu.  

Apakah kamu belum dan tertarik untuk mendaftarkan diri di BPJS Kesehatan? Ketahui cara pendaftarannya di tautan ini.

Lantas, bagaimana cara cek tagihan BPJS Kesehatan secara online? Simak beberapa cara yang bisa kamu gunakan di bawah ini.

1. Aplikasi Mobile JKN

cara cek tagihan bpjs kesehatan

Aplikasi Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan secara resmi untuk mendapatkan informasi seputar asuransi kesehatan kamu. Kamu bisa memeriksa jumlah tagihan BPJS Kesehatan kamu melalui aplikasi ini, namun kamu nggak bisa langsung bayar tagihan kamu di aplikasi ini.

Untuk melakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan, kamu harus mengunduh aplikasi Mobile JKN di smartphone kamu terlebih dahulu sebelum mengikuti tata cara cek tagihan. Berikut tata cara cek tagihan BPJS Kesehatan via aplikasi Mobile JKN.

  1. Setelah mengunduh aplikasi Mobile JKN, kamu perlu registrasi untuk membuat akun terlebih dahulu.
  2. Masuk ke akun Mobile JKN kamu.
  3. Pilih menu 'Tagihan' di halaman pertama.
  4. Untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan, klik menu 'Premi'.
  5. Informasi tentang tagihan BPJS Kesehatan kamu akan muncul di layar smartphone.

2. Situs Web Resmi BPJS Kesehatan

cara cek tagihan bpjs kesehatan

Alternatif lain untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan secara online adalah dengan mengakses situs web resmi BPJS Kesehatan. Berikut beberapa langkah untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan secara online via situs web resmi BPJS Kesehatan.

  1. Akses situs BPJS Kesehatan di alamat https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  2. Setelah itu, klik menu 'Cek Iuran BPJS Kesehatan' yang berada di sebelah kanan dari halaman depan.
  3. Isi beberapa informasi yang diperlukan untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan. Beberapa informasi yang diperlukan di antaranya adalah nama, tanggal lahir, nomor kartu BPJS Kesehatan (13 digit), dan angka validasi yang biasanya tertera pada gambar di situs web tersebut.
  4. Selanjutnya, klik tombol 'Cek' dan informasi nominal tagihan BPJS Kesehatan kamu akan segera muncul di layar smartphone.

3. Aplikasi OY! Indonesia

cara cek tagihan bpjs kesehatan

Nah, cara yang satu ini nggak kalah praktis dan mudah dibandingkan kedua cara yang telah diterangkan di atas. Penggunaan aplikasi OY! Indonesia tentunya akan membuat kamu lebih efisien dalam mengecek tagihan BPJS Kesehatan.

Aplikasi OY! Indonesia bisa kamu unduh secara gratis di gadget kamu melalui App Store atau Google Play Store. Setelah berhasil mengunduh aplikasi tersebut, kamu bisa mengikuti petunjuk pengecekan tagihan BPJS Kesehatan kamu yang sudah tertera secara jelas di aplikasi.

Selain menyediakan layanan cek tagihan BPJS Kesehatan secara online, kamu juga bisa menikmati kemudahan dalam pengecekan tagihan lainnya seperti tagihan listrik, air, PDAM, dan lain-lain. Semua tagihan bisa kamu cek dalam satu aplikasi yang sama tanpa harus ribet!

Di samping itu, masih banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan melalui penggunaan aplikasi OY! Indonesia. Alhasil, aplikasi ini merupakan solusi terbaik saat ingin cek tagihan BPJS Kesehatan.

Mengapa Aplikasi OY! Indonesia Merupakan Solusi Terbaik Saat Ingin Cek Tagihan BPJS Kesehatan?

Aplikasi OY! Indonesia bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin merasakan kepraktisan, kenyamanan, kemudahan, dan efisiensi ketika hendak mengecek tagihan BPJS Kesehatan. Mengapa demikian?

Berbeda dengan cara cek tagihan lainnya, kamu bisa langsung melunasi tagihan BPJS kamu berserta tagihan lainnya setelah mengecek nominal tagihan kamu. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran tagihan untuk setiap bulannya.

Hanya dengan mengikuti petunjuk pembayaran, pembayaran tagihan bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa harus pergi ke gerai. Jangan lupa untuk menyiapkan nomor BPJS kamu karena kamu diharuskan untuk mengisi nomor tersebut saat ingin cek tagihan BPJS atau bayar tagihan BPJS.

Ingin tahu cara membayar tagihan BPJS Kesehatan via aplikasi OY! Indonesia? Pelajari tahapannya di sini.

Tunggu apa lagi, yuk mudahkan hidupmu saat membayar berbagai tagihan dengan menggunakan aplikasi OY! Indonesia. Segera unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store secara gratis. Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023