Cara Daftar & Bayar BPJS Kesehatan

Mutia
|
October 4, 2024

Salah satu hal yang sangat penting dan nggak bisa diabaikan adalah kesehatan. Demi menjaga kesehatan, kamu harus menjalani gaya hidup yang sehat. Namun, terkadang saat kelelahan dan kondisi nggak fit, kamu bisa saja jatuh sakit dan harus membeli obat bahkan dirawat di rumah sakit. Pengobatan yang harus dilakukan pun terkadang nggak murah dan bisa semakin menambah beban.

Untuk membantu meringani biaya rumah sakit atau obat saat sedang sakit, Indonesia terus berupaya untuk memperbaiki sistem dan fasilitas kesehatannya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan asuransi kesehatan. Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia agar Indonesia memiliki standar kesehatan yang lebih baik. 

Sejak Januari tahun 2014, pemerintah Indonesia mendirikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan). Layanan ini diciptakan dengan harapan bisa membantu dan memberikan jaminan sosial terkait kesehatan dan ketenagakerjaan. 

Walau layanan ini sudah lama hadir di Indonesia, ternyata masih banyak yang belum tahu cara mendaftarnya. Untuk daftar BPJS Kesehatan, kamu bisa daftar secara offline dan online. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Langsung

daftar bpjs kesehatan
  1. Siapakan persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar; fotokopi KK, KTP, foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 1 lembar, dan iuran bulan pertama sesuai dengan kelas yang kamu inginkan. Besarannya sebagai berikut: 
  • Sebesar Rp 25.500 per orang per bulan untuk ruang perawatan Kelas III.
  • Sebesar Rp 51.000 per orang per bulan untuk ruang perawatan Kelas II.
  • Sebesar Rp 80.000 per orang per bulan untuk ruang perawatan Kelas I.
  1. Datangi kantor BPJS Kesehatan terdekat.
  2. Isi formulir pendaftaran dengan benar dan teliti, jangan sampai ada data diri kamu yang salah.
  3. Setelah itu kamu akan diberikan virtual account yang akan kamu gunakan sebagai metode pembayaran.
  4. Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk.
  5. Kembali ke kantor BPJS Kesehatan dengan memberikan bukti transfer, lalu tunggu hingga kartu BPJS Kesehatanmu selesai dicetak.

Daftar Diri Secara Online

daftar bpjs kesehatan
  1. Untuk konfirmasi pendaftaran kamu harus mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti KTP, KK, kartu NPWP, serta alamat email dan nomor handphone aktif.
  2. Setelah itu buka halaman website BPJS  Kesehatan dari smartphone atau laptop.
  3. Isi data yang telah disediakan dengan benar, mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan, dan lainnya.
  4. Pilih biaya iuran yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  5. Simpan datamu, serta tunggu email notifikasi nomor registrasi di email. Setelah mendapatkan notifikasinya, print lembar virtual account tersebut.
  6. Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk, seperti BNI, BRI, dan Bank Mandiri.
  7. Setelah menyerahkan uang dan nomor virtual pada teller bank, kamu akan mendapat bukti pembayaran.
  8. Sekarang BPJS Kesehatan kamu sudah aktif, silakan cek emailmu karena akan ada balasan dari BPJS Kesehatan, berupa E-ID Card BPJS yang bisa di print sendiri.
  9. Kamu juga bisa print kartu BPJS di kantor cabang BPJS terdekat. Untuk melakukan ini, kamu langsung saja ke bagian print kartu BPJS Kesehatan. Cukup memberikan semua data sebelumnya, formulir isiannya, virtual account, serta bukti pembayaran.

Bayar Tagihan BPJS Kesehatan dengan Mudah

Setelah berhasil mendaftarkan diri, kamu sudah bisa menggunakan asuransi kesehatanmu saat membutuhkannya. Namun, jangan lupa untuk membayar tagihannya pada tanggal yang sudah ditentukan untuk menghindari denda. Untuk membayar tagihan setiap bulannya, kamu bisa menggunakan aplikasi OY! Indonesia agar prosesnya cepat dan mudah. Klik di sini untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Nah, itu dia cara mendaftar dan membayar BPJS kesehatan dengan mudah dan praktis. Untuk download aplikasi OY! agar bisa membayar berbagai tagihanmu dengan cepat, klik di sini.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023