Cara Jualan di Marketplace

Arin
|
October 4, 2024

Cara Jualan di Marketplace - Perkembangan teknologi, khususnya di dunia digital, semakin membuat bisnis online semakin banyak diminati oleh banyak orang. Apalagi saat ini sudah ada banyak aplikasi pendukung yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis, seperti aplikasi marketplace.

Tidak bisa dimungkiri bahwa kehadiran marketplace sebagai aplikasi pendukung dalam berjualan online merupakan salah satu alasan mengapa bisnis online semakin mendapatkan banyak peminat. Hal ini dikarenakan sistem jualan di marketplace dianggap praktis, baik untuk pembeli maupun penjual. 

Selain itu, satu aplikasi marketplace bisa memiliki banyak toko online yang menyediakan beragam jenis produk yang dijual, sehingga pembeli pun bisa berbelanja dengan lebih leluasa dan pebisnis bisa menawarkan produk yang berbeda-beda di bisnis online mereka.

Cara Jualan di Marketplace

Walaupun menjalankan bisnis online melalui marketplace bisa dikatakan lebih mudah dan praktis daripada menjalankan bisnis konvensional atau membuat website sendiri, tetapi masih ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kamu bisa jualan di marketplace dengan lancar.

Tentukan jenis produk yang akan dijual

Sebelum memutuskan untuk menjalankan suatu bisnis online, tentunya kamu harus menentukan terlebih dahulu jenis produk apa yang akan kamu jual. Toko-toko online di marketplace sangat fleksibel, sehingga kamu bisa menjual barang buatan sendiri maupun barang jadi.

Cara Jualan di Marketplace

Akan tetapi, dikarenakan banyaknya pesaing saat jualan di marketplace, pastikan bahwa kamu memilih produk yang tepat dan sesuai dengan target pasar yang kamu tuju. Selain itu, pastikan juga bahwa produk yang kamu jual merupakan produk yang berkualitas agar pembeli merasa puas dengan produk yang mereka beli.

Pilih marketplace yang terpercaya

Saat ini sudah ada banyak jenis marketplace yang bertebaran di internet. Kamu bisa memilih salah satu dari sekian banyak macam marketplace, download aplikasi tersebut, lalu daftarkan diri kamu sebagai penjual dengan cara mengikuti tata cara dan aturan yang ada di aplikasi marketplace yang kamu pilih.

Nah, untuk memastikan agar bisnis online kamu semakin mudah ditemukan oleh calon pembeli, kamu bisa membuka toko online di aplikasi marketplace yang sudah dikenal banyak orang seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Zalora, dan semacamnya. Hal ini dikarenakan marketplace tersebut telah memiliki banyak pengguna sehingga pembeli pun akan merasa lebih nyaman saat berbelanja melalui aplikasi tersebut dan kamu pun bisa jualan di marketplace dengan lebih lancar.

Sediakan definisi produk sebaik mungkin

Menjual produk secara online, maka hal pertama yang akan diperhatikan oleh pembeli adalah foto dan definisi produk yang kamu jual. Oleh karena itu, pastikan bahwa produk jualan di marketplace milik kamu memiliki tampilan yang menarik dan informasi yang lengkap.

Tampilan yang menarik yang dimaksud bukan berarti kamu bisa asal saja dalam menampilkan foto. Agar pembeli merasa puas dengan produk yang kamu jual, pastikan bahwa foto produk yang ditampilkan merupakan foto asli dan berada dalam kondisi terbaik sebelum pengiriman.

Saat ini sudah ada banyak jasa maupun aplikasi yang membuat kamu bisa mengambil foto yang profesional untuk bisnis online kamu. Harganya pun terjangkau sehingga kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan hal tersebut untuk mempercantik tampilan foto produk kamu.

Manfaatkan segala macam fitur dan promo

Salah satu keuntuntungan jualan di marketplace antara lain adalah banyaknya fitur serta promo yang ditawarkan masing-masing aplikasi. Nah, sebagai penjual kamu bisa memanfaatkan kedua hal ini untuk menarik perhatian calon pembeli ke bisnis online kamu.

Misalnya, kamu bisa gunakan fitur live saat berjualan dan membagikan voucher yang bisa pembeli gunakan saat berbelanja di toko online milikmu. Selain itu, kamu juga bisa menjual set barang agar harga jualnya menjadi lebih murah. Akan tetapi, pastikan agar kamu tetap mendapatkan keuntungan dan jangan sampai rugi ya!

Berikan fasilitas pembayaran yang memudahkan pembeli

Cara Jualan di Marketplace

Sistem pembayaran yang simpel dan praktis tentunya akan banyak disukai para pembeli dan memudahkan penjual dalam memantau keuangan dalam bisnis online mereka. Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi layanan finansial pada saat jualan di marketplace.

Dengan menggunakan aplikasi finansial, kamu pun bisa meminimalisir human error dalam menghitung keuangan dalam bisnis online milikmu. Hal ini dikarenakan sudah ada banyak aplikasi finansial yang terintegrasi dengan bank digital dan e-wallet, sehingga pencatatan arus keluar-masuknya dana menjadi lebih akurat dan terkontrol.

Nah, setelah membaca artikel di atas dan mengetahui cara agar kamu bisa jualan di marketplace dengan lancar, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Optimalkan Transaksi Pembayaran Bisnis Kamu dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023