Sederhana tapi Efektif, Begini Cara Jualan Online di Medsos

Luthfa
|
October 4, 2024

Jualan online di medsos (media sosial) kini bukan jadi hal yang baru lagi. Rata-rata pemilik usaha sudah memanfaatkan media sosial untuk kegiatan promosi, baik hanya untuk keperluan branding atau penjualan.

Media sosial dipilih karena dinilai efektif dalam memasarkan sebuah produk serta menjaring banyak pelanggan. Selain itu, faktanya sudah banyak pebisnis yang meraih kesuksesan hanya dengan berjualan di media sosial.

Bahkan, tak sedikit yang menjadi miliarder karena aktif melakukan promosi di platform tersebut. Hal inilah yang membuat banyak orang kemudian tergiur untuk melakukan hal yang sama.

Namun, untuk jualan online di medsos diperlukan strategi yang jitu agar jualan kamu laris manis di pasaran. Nah, melalui artikel ini, kami akan memberikan tips atau cara jualan online di medsos untuk kamu yang baru ingin memulainya.

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini ya!

Cara Jualan Online di Medsos

Gimana sih cara jualan online di medsos biar laris manis? Tenang, kamu hanya perlu melakukan beberapa cara sederhana di bawah ini agar bisnis kamu dikenal banyak orang.

Berikut tips agar kamu sukses jualan online di media sosial.

Pilih platform yang tepat

Cara jualan online di medsos yang pertama adalah dengan memilih platform yang tepat. Ada begitu banyak platform media sosial yang bisa kamu gunakan, tapi pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Salah memilih platform media sosial juga dapat merugikan kamu. Alih-alih ingin mendatangkan banyak pelanggan, justru jadi sepi pelanggan akibat platform medsos yang dipilih tidak cukup menguntungkan untuk jualan online kamu.

Buat konten yang menarik

Setelah mengetahui platform media sosial apa saja yang ingin digunakan, cara jualan online di medsos berikutnya adalah dengan membuat konten semenarik mungkin. Dengan konten yang menarik, peluang agar konten tersebut disukai dan dibagikan ke jejaring media sosial lain akan lebih tinggi.

Buatlah konten yang sederhana tapi cukup berisi dan informatif. Pastikan visual yang dibuat juga mengikuti tren desain saat ini agar calon pelanggan yang melihatnya tertarik untuk membagikan konten tersebut.

Gunakan hashtag

Jangan lupa gunakan hashtag sebagai cara jualan online di medsos. Hashtag memiliki peran yang sangat penting karena dengan menggunakan hashtag yang tepat, konten yang buat dapat menyasar target pasar yang kamu bidik.

Itu artinya, semakin banyak orang yang akan melihat postingan kamu dan berkunjung ke akun online shop kamu. Buatlah hashtag yang mewakili bisnis kamu. Misalnya jika kamu berjualan baju muslim, buatlah hashtag #BajuMuslim #JualBajuMuslim #BajuMuslimTermurah dan lain sebagainya.

Gunakan foto profil yang nampak profesional

Foto profil jadi salah satu unsur terpenting dalam cara jualan online di medsos. Sebab, semua orang akan melihat foto profil kamu terlebih dahulu sebelum berkunjung ke akun online shop kamu. Jika foto profil yang digunakan tidak tampak profesional, calon pelanggan akan enggan untuk menghampiri akun kamu.

Oleh karenanya, siapkan foto profil terbaik. Foto profil bisa berupa logo produk kamu atau gunakan foto yang memang mewakili jualan online kamu

Respon pelanggan dengan cepat

Jika ingin membangun citra yang baik, sebaiknya respon pelanggan dengan cepat. Baik di kolom komentar atau direct message, keduanya tetap harus direspon secepat mungkin. Hal ini penting agar dapat membangun relasi yang baik dengan para pelanggan.

Meski konsumen hanya bertanya saja, kamu tetap harus memberikan respon. Faktanya, sebagian besar calon pembeli akan mengurungkan niatnya untuk membeli di online shop tersebut apabila penjualnya tidak segera membalas pertanyaannya.

Oleh karenanya, cara jualan online di medsos dengan tips ini tidak boleh sampai kamu lewatkan, ya!

Tingkatkan Performa Bisnis dengan OY! Bisnis

Setelah mengetahui cara jualan online di medsos, kini saatnya kamu untuk mempertimbangkan penggunaan OY! Bisnis. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, kepengin meraih lebih banyak pelanggan dari bisnis UMKM kamu? Tunggu apalagi, mari daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023