Berbagai Cara Kirim Uang ke China dari Indonesia

Shafira
|
October 4, 2024

Layanan remitansi internasional semakin banyak diminati karena lebih mudah dan praktis. Pengiriman uang dari Indonesia  ke luar negeri, saat ini tidak hanya ditujukan ke negara-negara kantong-kantong tenaga kerja Indonesia, tetapi juga di negara lain yang menjadi tujuan bisnis dan maupun tujuan belajar.

China adalah salah satu negara tujuan bisnis dan menuntut ilmu bagi sebagian warga Indonesia. Saat ini beragam layanan remitansi internasional bisa digunakan, sehingga memudahkan warga Indonesia mengirimkan uang ke China. Apa saja cara kirim uang ke China dari Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

Berbagai Cara Kirim Uang ke China dari Indonesia

BCA

Seiring dengan meningkatnya aktivitas perdagangan antara Indonesia dengan China, layanan transfer uang antar kedua negara ini makin dibutuhkan. Oleh karena itu, BCA turut menghadirkan dua layanan pengiriman uang ke China yang bernama China Today dan Yuan Remittance. Apa saja yang bisa didapatkan dari dua layanan ini?

China Today

Layanan kirim uang China Today diciptakan untuk memudahkan transfer US Dollar ke China. Dengan menggunakan sistem value today, Dollar yang dikirim akan tiba di bank penerima pada hari yang sama. Syarat utama dari layanan ini adalah aplikasi pengiriman uang harus diterima di kantor cabang BCA sebelum pukul 12.00 WIB. 

Kamu juga memiliki tujuan transfer yang cukup luas karena bank-bank penerima yang terhubung dengan layanan China Today adalah tujuh bank terbesar di China, yaitu Industrial and Commercial Bank of China, Bank of China, China Construction Bank, Agricultural Bank of China, Bank of Communications, China Merchants Bank, Shanghai Pudong Development Bank.

Yuan Remittance

Berbeda dengan China Today, layanan Yuan Remittance memiliki kemampuan untuk melakukan transfer valas Yuan ke seluruh dunia. Transfer Yuan dapat dilakukan ke seluruh bank di dunia dengan cepat, mudah, dan aman. Kurs dan biaya yang dipatok oleh layanan ini kompetitif. Kamu dapat mengunjungi kantor cabang BCA terdekat secara langsung untuk melakukan pengisian formulir pengiriman uang.

Western Union

Western Union adalah layanan transfer uang yang aman dan memiliki jangkauan pengiriman yang luas. Layanan ini cukup populer dengan tersebarnya berbagai cabang di penjuru dunia. Kamu bisa mengirim serta menerima uang dengan cepat. Biaya pengiriman yang relatif murah dan pengiriman uang dapat dilakukan tanpa harus memiliki rekening.

Pengiriman uang melalui layanan Western Union terhitung cepat dan mudah. Untuk mengirim uang ke China, kamu cukup mendatangi agen Western Union terdekat dengan membawa identitas diri yang masih berlaku seperti KTP, SIM, atau Paspor dan mengisi formulir pengiriman uang. 

MoneyGram

MoneyGram merupakan salah satu penyedia jasa pengiriman uang antar negara. Prinsip kerja MoneyGram mirip seperti Western Union. Saat ini, bank BCA turut menjalin kerjasama dengan MoneyGram International dalam layanan remitansi BCA Fire Cash untuk memudahkan masyarakat untuk mengirim uang ke negara lain.

Sebagai salah satu operator global dalam bisnis remitansi, MoneyGram memiliki lebih dari 350.000 lokasi agen di 200 negara. Kirim uang ke China melalui MoneyGram digadang lebih cepat karena hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk melakukan pengiriman. Kiriman uang dari MoneyGram bisa dicairkan di bank-bank yang telah bekerja sama dengan MoneyGram. 

enRemit

enRemit merupakan layanan pengiriman uang online yang dioperasikan oleh C-Square Incorporated, sebuah penyedia jasa remitansi dari Jepang yang sudah terdaftar dan bekerjasama dengan MoneyGram. Dengan mengirimkan uang melalui enRemit, penerima uang dapat mengambil uang di agen MoneyGram mana saja di seluruh dunia.

Layanan enRemit memiliki dua opsi pengiriman uang ke China dengan berbasis sistem deposit mata uang asing, yakni Deposit Rekening: Union Pay - CNY dan Deposit Rekening: ICBC. Kedua opsi pengiriman ini dilakukan secara online melalui situs enRemit. Ada pun syarat dan ketentuan yang berlaku sebagai berikut: 

Deposit Rekening: Union Pay - CNY

Opsi ini memungkinkan kamu untuk mengirim uang langsung ke rekening bank penerima di China. Proses hanya membutuhkan beberapa menit dengan jumlah deposit dalam mata uang China Yuan (RMB). Yang kamu perlukan adalah nomor kartu UnionPay dan nama penerima uang. 

Ketentuan yang berlaku adalah penerima uang haruslah yang memegang kartu UnionPay dan berkebangsaan China. Nama penerima juga harus ditulis dalam Hanyu Pinyin. Limit pengiriman mencapai ekuivalen 5,000 USD per transaksi.

Deposit Rekening: ICBC

Cara kirim uang ini akan membantumu untuk mendepositkan uang secara langsung ke pemilik rekening bank mata uang asing ICBC yang berada di China. Dibandingkan dengan UnionPay, terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi sebelum mengirim. Berikut ketentuan yang berlaku:

  1. Uang hanya bisa dikirim ke penerima yang memiliki rekening bank ICBC yang memegang Money Link Debit Card (kartu debit Mu Dan Ling Tong dengan 19 digit nomor rekening) dan berkebangsaan China.
  2. Rekening penerima juga harus memenuhi syarat untuk melakukan deposit mata uang asing. Layanan ini tidak dapat digunakan bagi penerima uang yang tinggal di Taiwan and Hongkong. 
  3. Penerima uang harus memiliki nomor ponsel China. Hal ini dikarenakan notifikasi pengiriman uang akan dikirim melalui SMS.
  4. Pengirim uang harus melengkapi data diri penerima uang secara lengkap.

Nomor referensi akan diinformasikan oleh enRemit setelah informasi transaksi kamu dikirim ke MoneyGram. Kamu juga nggak bisa membatalkan transaksi tersebut jadi pastikan semua informasi yang kamu berikan sudah benar sebelum melakukan pengiriman.

OY! Indonesia

Sekarang, OY! juga menyediakan layanan remitansi lho! Kamu dapat mengirim uang ke China dengan cara yang mudah dan praktis melalui layanan Transfer Internasional yang ada di aplikasi OY! Selain itu, kamu juga bisa kirim uang ke negara lainnya seperti Inggris, Prancis, Belanda, Korea Selatan, India, Vietnam, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Australia. 

OY! memiliki rate biaya kirim uang ke luar negeri yang murah dari layanan remitansi lainnya. Untuk mengirim uang ke China, kamu hanya akan dikenai Rp89.000. Biaya transparan tanpa ada penambahan biaya lainnya. Kamu cukup unduh aplikasi OY! untuk melakukan pengiriman uang dengan skala internasional.

Cara kirim uang ke China dari Indonesia kini semakin variatif. Setiap cara memiliki karakteristik dan ketentuan yang berlaku sehingga kamu semakin leluasa untuk menentukan cara mana yang terbaik untuk melakukan pengiriman uang. 

Biar nggak perlu ribet lagi untuk melakukan kirim uang ke luar negeri, kamu bisa menggunakan aplikasi OY! Dengan kurs yang kompetitif dan biaya transfer murah, kamu hanya butuh satu aplikasi untuk mengirim uang. Unduh aplikasi OY! sekarang untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Yuk Download OY! sekarang!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023