Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Arin
|
October 4, 2024

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dari Nol? - Saat ini, banyak pengusaha muda yang lebih tertarik untuk memulai bisnis online dibandingkan dengan bisnis biasa. Bisnis online dirasa jauh lebih efektif dan praktis dibandingkan dengan bisnis konvensional dari segi modal maupun sistem operasionalnya.

Dikarenakan sistem penjualannya yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, bisnis online memungkinkan pengusaha untuk mengatur sendiri jam kerja mereka agar tidak bentrok dengan jadwal sehari-hari sehingga bisa dilakukan sebagai pekerjaan sampingan untuk mendapat penghasilan tambahan.

Selain itu, bisnis online juga dinilai cocok bagi para pemula yang tidak memiliki latar belakang berbisnis karena saat ini sudah ada banyak sarana pendukung yang bisa membantu para pemula dalam mengembangkan bisnis mereka ke pelanggan di pasar yang lebih luas.

Ingin tahu bagaimana cara untuk memulai bisnis online dari nol? Simak artikel di bawah ini dengan seksama ya!

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Walaupun bisnis online bisa dibilang memiliki banyak keuntungan, tetapi seperti bisnis lain pada umumnya, menjalankan bisnis online pun membutuhkan perencanaan yang matang agar bisa berjalan dengan lancar dan laris.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena cara memulai bisnis online tidak sesulit itu asal kamu mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di bawah dengan baik. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan saat memulai bisnis online agar bisnis kamu sukses.

Lakukan Riset Pasar

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara pertama yang bisa kamu lakukan sebelum memulai bisnis online adalah melakukan riset pasar. Dengan melakukan tahapan yang satu ini, kamu bisa menemukan produk atau jasa apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.

Kamu bisa melakukan riset pasar dengan cara mengadakan survei, wawancara, atau bahkan melakukan observasi secara online melalui internet. Langkah yang satu ini nantinya juga akan membantu kamu dalam menentukan tagline serta dijadikan fondasi bisnis online yang kuat.

Pilih Produk

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih jenis produk ataupun jasa yang akan kamu jual di bisnis milikmu. Sebelum menentukan apa hal yang akan kamu jual, ada pentingnya juga untuk mempertimbangkan beberapa hal seperti peluang dan risiko yang ada.

Contohnya, jika kamu hendak menjual makanan jadi seperti kue kering atau keripik, kamu harus memastikan bahwa jasa pengiriman yang akan dipakai bisa mengantarkan pesanan tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Jangan sampai makanan justru basi atau sudah tidak bisa dikonsumsi karena pengiriman memakan waktu yang terlalu lama.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan seberapa besar peluang bisnis kamu akan menjadi sukses jika dibandingkan dengan kompetitor-kompetitor lain yang menjual produk serupa.

Analisa Kompetitor

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Tentunya, sebelum memulai sebuah bisnis kamu harus mengetahui kompetitor yang akan kamu hadapi. Hal ini harus dilakukan untuk mempelajari kekuatan dan kelemahan dari bisnis milik kompetitor tersebut. Kamu bisa menggunakan informasi yang kamu dapatkan ini untuk mengembangkan pelayanan dalam bisnis kamu.

Selain itu, cara yang satu ini juga akan membantu dalam menentukan strategi penjualan yang tepat sehingga bisa menonjolkan produk di bisnis kamu jika dibandingkan dengan produk milik kompetitor.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat melakukan analisis terhadap kompetitor sebelum memulai bisnis online. Langkah ini bisa kamu lakukan dengan cara melakukan analisa, baik secara langsung maupun dengan cara melakukan browsing via internet.

Tentukan Target Pasar

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Setelah melakukan analisa pada kompetitor, cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan sebelum memulai bisnis online adalah menentukan target pasar atau pelanggan. Tentukanlah target yang spesifik dengan cara mempertimbangkan aspek gender, tingkat ekonomi, usia, wilayah tempat tinggal, ketertarikan, dan sebagainya.

Dengan cara memilih target dengan lebih spesifik, maka kamu bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, langkah yang satu ini juga akan membantu kamu dalam menentukan strategi penjualan yang tepat dan sesuai.

Pilih Platform Penjualan dan Lakukan Promosi

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara terakhir yang bisa diterapkan untuk membantu persiapan kamu sebelum memulai bisnis online dari nol adalah memilih platform penjualan yang tepat dan lakukan promosi ke target pasar yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Jangan sampai kamu menjual produk di platform yang tidak sesuai dengan target pelanggan. Selain itu, pilihlah platform yang mudah digunakan dan praktis sehingga tidak menyulitkan pembeli saat melakukan transaksi. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial secara maksimal sebagai kanal promosi sehingga bisa menekan biaya pengeluaran pada bisnis kamu.

Nah, setelah membaca artikel tentang cara yang bisa kamu terapkan sebelum memulai bisnis online dari nol, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis online kamu? Ayo segera gunakan OY! Bisnis agar transaksi di bisnis kamu menjadi lebih mudah dan praktis.

Mudahkan Transaksi Bisnis dengan OY! Bisnis 

 

OY! Bisnis memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi penjualan secara digital dengan mudah dan efisien. Ada berbagai macam produk yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka, salah satunya adalah fitur OY! Payment Link.

Lewat produk OY! Payment Link yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. OY! Payment Link memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis agar bisa melakukan transaksi penjualan secara digital dengan mudah dan efisien. 

Selain itu, OY! Payment Link juga mendukung berbagai metode pembayaran dari kartu kredit, kartu debit, transfer bank, e wallet, hingga QR Code (QRIS) sehingga bisa menjangkau pasar lebih luas.

Dengan banyaknya opsi pembayaran yang dihadirkan, kamu jadi bisa memudahkan pelanggan untuk membayar sesuai dengan keinginan mereka. Dengan begitu, pelanggan kamu akan merasa leluasa untuk membayar sesuai dengan metode yang mereka inginkan.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Payment Link agar transaksi bisnis kamu makin meningkat? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023