Cara Tepat Kembangkan Bisnis

Arin
|
October 4, 2024

Cara Tepat Kembangkan Bisnis - Semua pemilik bisnis pasti bermimpi untuk bisa mengembangkan bisnis miliknya dengan pesat. Memang, perkembangan bisnis menjadi salah satu cara yang tepat untuk memastikan bahwa usaha yang kamu miliki dapat terus berjalan dengan stabil.

Terutama bagi kamu yang membangun bisnis dengan tujuan untuk menambah penghasilan, mengembangkan bisnis juga bisa menjadi salah satu cara untuk memastikan agar penjualan dalam bisnis meningkat dan penghasilan yang kamu dapatkan bisa terus bertambah.

Ingin tahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis milikmu? Simak artikel yang satu ini dan ketahui jawabannya!

Cara Tepat Kembangkan Bisnis

Tidak bisa dimungkiri bahwa membangun bisnis bukanlah suatu hal yang mudah. Dalam prosesnya, pasti kamu akan mengalami sederetan rintangan yang dapat menghambat berjalannya bisnis. Meskipun begitu, jika semua rintangan bisa kamu hadapi dengan baik, maka bisnis yang kamu miliki pasti akan terus berkembang.

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa mengembangkan bisnis bukanlah suatu hal yang bisa dilakukan dalam sekejap. Semua membutuhkan proses yang tidak bisa dibilang cepat sehingga pemilik bisnis pun harus mengetahui tahapan-tahapan yang benar agar proses pengembangan bisnis pun bisa berjalan lancar.

Berbeda dengan proses membuat bisnis di awal, proses mengembangkan bisnis bisa dibilang memiliki tantangan yang lebih berat karena memakan lebih banyak waktu dan tenaga. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membantu kamu dalam mengembangkan bisnis yang bisa kamu lakukan secara bertahap.

Lakukan evaluasi menyeluruh

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebelum mengembangkan bisnis yang kamu miliki adalah melakukan evaluasi menyeluruh. Evaluasi yang dimaksud mencakup pencatatan penjualan, sistem operasional bisnis, saran dari pelanggan, hingga jumlah pengeluaran dalam bisnis.

Lakukanlah langkah yang satu ini secara berkala, misalnya setiap beberapa minggu atau beberapa bulan sekali. Dengan begitu, kamu pun bisa mengetahui jika terjadi kesalahan dalam bisnis agar segera diperbaiki sehingga bisnis milikmu bisa terus berjalan dengan optimal.

Pelajari kompetitor di pasar

Cara Tepat Kembangkan Bisnis

Dalam berbisnis, kamu pastinya akan menemui kompetitor atau saingan di pasar. Nah, kamu bisa memanfaatkan kehadiran mereka untuk mempelajari dan mengetahui strategi yang mereka terapkan dalam bisnis mereka untuk menarik perhatian pelanggan agar bisa kamu implementasikan juga dalam bisnis milikmu.

Misalnya, kompetitor yang kamu miliki menarik perhatian pembeli dengan cara mempromosikan produk melalui flyer, iklan di koran, dan semacamnya. Untuk bisa mengungguli strategi pemasaran mereka, kamu bisa melakukan promosi secara digital seperti menggunakan media sosial sehingga bisa menjangkau dan menarik lebih banyak pelanggan untuk berbelanja di toko milikmu.

Buat inovasi baru

Produk yang sama dan tidak berubah bisa membuat pelanggan merasa jenuh saat melakukan pembelian sehingga mereka umumnya menyukai produk yang baru di pasaran. Oleh karena itu, buatlah inovasi produk secara berkala agar pelanggan bisa terus kembali dan melakukan pembelian di toko milikmu.

Meluncurkan inovasi produk yang menarik secara berkala juga bisa membuat bisnis kamu menjadi unik dan berbeda dengan bisnis lainnya. Bisnis yang kamu miliki pun akan semakin dikenal oleh banyak orang sehingga proses pengembangan bisnis akan menjadi lebih lancar.

Tingkatkan tampilan toko

Cara Tepat Kembangkan Bisnis

Tampilan toko memiliki peranan yang cukup penting dalam proses pengembangan bisnis. Pelanggan tentunya lebih menyukai melakukan pembelian di toko yang berkonsep dan menarik dibandingkan dengan toko dengan tampilan yang membosankan.

Maka dari itu, kamu harus memperbaiki tampilan toko yang kamu miliki. Jika kamu memiliki toko offline, maka pilihlah tampilan yang sesuai seperti penggunaan warna cerah dan colorful untuk toko peralatan anak-anak. Untuk toko online, kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi marketplace agar tampilan toko menjadi lebih rapi dan tampak profesional.

Benahi pengelolaan keuangan dalam bisnis

Pengelolaan keuangan dalam bisnis menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan pada saat proses pengembangan bisnis. Hal ini dikarenakan, arus kas masuk-keluar yang tidak seimbang justru bisa menyebabkan kerugian alih-alih keuntungan.

Maka dari itu, pemilik bisnis harus memiliki akses setiap saat ke pencatatan keuangan dalam bisnis. Semua transaksi masuk dan keluar harus bisa dipantau dengan mudah kapan saja dan dimana saja agar pengelolaan dana bisa dilakukan dengan lebih optimal.

Saat ini, pengelolaan keuangan dalam bisnis menjadi lebih mudah dengan menggunakan aplikasi OY! Bisnis. Tunggu apalagi? Ayo, gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Kembangkan Bisnis Milikmu dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023