Fitur WhatsApp yang Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis

Arin
|
October 4, 2024

Fitur WhatsApp yang Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis - Komunikasi merupakan salah satu elemen penting yang akan mempengaruhi keberhasilan bisnis online shop milik kamu. Komunikasi yang baik antara pebisnis dan pelanggan adalah faktor terpenting dalam transaksi jual-beli karena akan mempengaruhi pandangan pelanggan akan produk yang dijual. 

Semua pebisnis harus memiliki kemampuan serta sarana yang mendukung komunikasi dengan pelanggan. Hal ini perlu dilakukan agar penjualan bisnis tetap bisa berjalan lancar, terutama pada saat menjalankan bisnis online shop yang membuat para pebisnis tidak bisa mempromosikan produk mereka secara langsung.

Maka dari itu, kehadiran aplikasi chatting seperti WhatsApp dianggap sebagai penyelamat bagi para pebisnis, terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis online shop, karena bisa mempermudah komunikasi dan melancarkan proses berjalannya bisnis.

Selain itu, WhatsApp juga memiliki berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan para pebisnis dalam menjalankan bisnis online shop mereka. Untuk mengetahui apa saja fitur-fitur tersebut, yuk simak artikel yang satu ini dan ketahui jawabannya!

Fitur WhatsApp yang Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi chatting yang bertebaran dan bisa diunduh dari internet. Akan tetapi, WhatsApp masih menjadi salah satu pilihan utama yang paling sering digunakan oleh para pemilik bisnis online shop dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini dikarenakan, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang terus mengalami kenaikan pengguna tiap tahunnya sehingga para pebisnis bisa menjangkau pelanggan mereka dengan mudah. Tampilan WhatsApp juga dianggap lebih profesional jika dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya, sehingga lebih disukai pemilik bisnis serta pelanggan.

Dari fitur chat, balasan otomatis, story, dan sebagainya, tidak bisa dimungkiri bahwa aplikasi WhatsApp memang memiliki banyak fitur yang menarik dan berguna. Oleh karena itu, WhatsApp sering digunakan sebagai sarana promosi dan pemasaran dalam bisnis. 

Berikut adalah beberapa fitur WhatsApp yang bisa kamu gunakan untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan bisnis online shop milikmu.

Bisa digunakan di multiple devices

Fitur WhatsApp yang Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis

Saat ini, WhatsApp sudah memiliki fitur multi-device yang memungkinkan penggunanya untuk login satu akun dengan menggunakan empat devices sekaligus. Fitur yang satu ini juga akan sangat membantu jika handphone kamu sedang dalam keadaan internet mati atau habis pulsa, karena kamu bisa berganti gadget dengan leluasa.

Fitur multi-device ini tentunya akan memudahkan bisnis online shop kamu jika ada beberapa admin yang bertugas untuk menerima pesanan dan menjawab pesan dari pelanggan. Selain itu, kamu juga masih bisa memantau komunikasi dalam bisnis kamu dengan mudah.

Ada fitur polling dan reaksi

Aplikasi WhatsApp baru-baru ini juga menambahkan fitur berupa polling dan reaksi yang bisa digunakan pemilik bisnis online shop untuk mendapatkan feedback dan meminta review dari pelanggan, sehingga kamu pun bisa meningkatkan kepuasan pelanggan yang berbelanja di bisnismu.

Chat blasting dan balasan otomatis

Fitur WhatsApp yang Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis

WhatsApp juga memiliki fitur chatbot serta chat blast yang memungkinkan kamu untuk mengirimkan satu pesan ke beberapa pengguna lain sekaligus. Fitur chat blast bisa digunakan saat hendak mengirimkan pesan yang berisi pengumuman atau informasi mengenai produk di bisnis online milikmu.

Sementara itu, fitur chat bot atau balasan otomatis bisa kamu gunakan untuk menjawab FAQ dari pelanggan atau untuk mengirimkan pesan terima kasih sehingga kamu pun tidak perlu menjawab pesan yang sama berkali-kali.

Berbagi file dengan ukuran besar

Saat ini, WhatsApp telah melakukan pembaruan yang memungkinkan kamu untuk membagikan file sampai sebesar 2 GB. Pembaruan yang satu ini tentunya akan sangat berguna bagi para pemilik bisnis online shop yang memiliki leaflet atau katalog produk dan ingin membagikannya kepada pelanggan.

Pada dasarnya, leaflet serta katalog produk yang berisi informasi lengkap akan mempengaruhi keputusan pelanggan saat berbelanja. Hal ini dikarenakan, semua informasi tentang produk sampai harga dan metode pembayaran telah dicantumkan, sehingga pelanggan bisa berbelanja dengan lebih santai.

Nah, setelah membaca artikel mengenai fitur-fitur WhatsApp apa saja yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan pelayanan bisnis online shop milikmu, apakah kamu semakin tertarik untuk menjalankan bisnis online? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang dan dapatkan keuntungannya!

Tingkatkan Penjualan Bisnis Online Kamu dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk menyediakan berbagai layanan keuangan yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pemilik bisnis maupun masyarakat untuk mempermudah proses transaksi keuangan mereka.

OY! Bisnis melalui produk OY! Payment Link memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai macam metode pembayaran online serta menerima pembayaran dari berbagai sumber pembayaran seperti transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

Dengan OY! Payment Link, pemilik bisnis bisa membuat sebuah link pembayaran berisi berbagai macam metode pembayaran yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis mereka. Pebisnis pun bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia untuk mengatur masa berlaku link tersebut.

Pelanggan yang menerima link akan diarahkan ke halaman pembayaran untuk membayar sesuai nominal harga barang yang mereka beli. Pemilik bisnis lalu akan menerima notifikasi secara otomatis yang bisa dicek melalui dashboard OY! Bisnis sehingga baik pemilik bisnis maupun pelanggan bisa mendapatkan kenyamanan dalam bertransaksi.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Payment Link agar transaksi bisnis kamu makin meningkat? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023