Wajib Tahu, Ini 5 Gejala Omicron pada Bayi dan Anak

Atia Tobing
|
October 4, 2024

Wajib Tahu! Ini 5 Gejala Omicron yang Perlu Diwaspadai - Seperti yang kita ketahui, pandemi COVID-19 belum berakhir semenjak 2 tahun silam. Bahkan, varian baru dari virus ini telah muncul dan tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Varian tersebut adalah Omicron.

Varian COVID-19 Omicron tentu berbeda dengan varian-varian sebelumnya. Salah satu pembedanya bisa dilihat dari gejala virus corona yang menimpa orang yang terinfeksi Omicron.

Tak hanya orang dewasa, bayi atau anak pun juga dapat terinfeksi virus COVID-19 dan mengalami berbagai gejala. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda atau gejala virus corona Omicron pada bayi dan anak, khususnya para orang tua.

Kira-kira apa saja gejala Omicron yang umumnya terjadi pada bayi dan anak? Cari tahu selengkapnya pada artikel OY! berikut ini!

Apa itu Omicron?

Sebelumnya, mari kita bahas sekilas tentang varian baru COVID-19 yang bernama Omicron. Apa itu Omicron dan seperti apa virus tersebut?

Dilansir dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization), B.1.1.529 atau Omicron adalah varian terbaru dari coronavirus (COVID-19) yang disebut berasal dari Afrika Selatan. Pada 26 November 2021, WHO menetapkan varian tersebut sebagai varian yang menjadi perhatian atau Variant of Concern (VoC) yang diberi nama Omicron. 

Sebagai informasi, VoC merupakan kategori tertinggi dari varian virus COVID-19 yang berkaitan dengan penularan, gejala penyakit, risiko menginfeksi ulang, dan pengaruh kinerja vaksin. Sebelumnya, varian virus corona yang dikenal cepat menyebar terdiri dari varian Alpha, Beta, Gamma, dan Delta yang juga masuk ke dalam kategori ini. 

Intinya, varian coronavirus yang termasuk dalam kategori VoC adalah virus corona yang mampu menyebabkan peningkatan penularan, peningkatan kematian, dan memiliki kemampuan dalam memengaruhi efektivitas vaksin. Salah satunya adalah varian Omicron.

COVID-19 varian Omicron belakangan ini telah menyebar secara luas di Indonesia. Seperti halnya varian COVID-19 lainnya, Omicron tidak hanya menyerang orang dewasa, lansia, dan komorbid, tetapi juga bisa menyerang bayi, balita, dan anak.

Lantas, apakah ada gejala COVID-19 varian Omicron khusus pada bayi dan anak? Ketahui lebih lanjut pada ulasan di bawah ini!

5 Gejala Omicron pada Bayi dan Anak yang Perlu Diwaspadai

Berbeda dengan gejala varian COVID-19 lainnya, gejala Omicron lebih menyerupai penyakit flu yang umum menimpa masyarakat. Untuk itu, segera lakukan swab test atau PCR apabila bayi atau anak sedang mengalami gejala flu.

Agar lebih jelas, berikut 5 gejala Omicron pada bayi dan anak yang perlu diwaspadai!

Batuk

Gejala coronavirus varian Omicron yang pertama adalah batuk. Jenis batuk yang biasanya dialami oleh anak yang telah terinfeksi virus Omicron adalah batuk biasa yang cukup ringan atau batuk berdahak. Jadi, jangan pernah menyepelekan penyakit batuk yang dialami oleh bayi atau anak dan segera lakukan pengecekan deng tes swab atau PCR!

Pilek

Pilek juga merupakan salah satu gejala Omicron yang perlu diwaspadai. Apabila bayi atau anak sering membuang ingus atau hidungnya tersumbat, segera lakukan tes untuk memastikan apakah bayi atau anak tersebut telah terinfeksi oleh virus Omicron atau tidak.

Demam

Selanjutnya, demam yang tinggi (di atas 38 derajat Celcius) pada bayi atau anak adalah salah satu gejala Omicron yang paling umum dialami. Memang, penyakit demam merupakan penyakit yang biasa dialami oleh bayi atau anak. Namun, semua orang tua wajib memeriksa anaknya ketika sakit demam di era pandemi COVID-19 seperti sekarang!

Nyeri Tenggorokan

Gejala Omicron berikutnya adalah nyeri tenggorokan. Saat anak mengeluh tenggorokannya terasa sakit saat berbicara atau menelan makanan, inilah saatnya memeriksa anak dengan melakukan swab test atau tes PCR secepatnya! Pastikan bayi atau anak kamu tidak terinfeksi virus corona.

Gejala Lain yang Serupa Flu Biasa

Seperti yang telah diterangkan di atas, gejala Omicron sangat mirip dengan gejala flu biasa. Oleh karena itu, jika anak atau bayi kamu sedang mengalami ciri-ciri atau gejala flu, hati-hati dan sebaiknya langsung lakukan tes deteksi COVID-19, baik swab test maupun PCR.

Sekian 5 gejala varian virus corona yang bernama Omicron pada bayi dan anak yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan tentang gejala dan penyakit yang diderita oleh orang yang terinfeksi COVID-19, ya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023