Ini Dia Untung dan Rugi Kartu Pascabayar

Mutia
|
October 4, 2024

Untuk berkomunikasi dengan telepon genggam, dibutuhkan kartu SIM yang ditaruh di dalamnya untuk menyimpan informasi dan nomor pribadi. Bagi para pengguna ponsel, ada dua jenis kartu perdana yang bisa kamu pilih yaitu prabayar dan pascabayar.

Kedua jenis kartu tersebut dapat digunakan untuk menelepon, SMS, paket internet, dan lain sebagainya. Meskipun keduanya merupakan kartu perdana, namun setiap jenisnya memiliki berbagai perbedaan.

Pengguna kartu pascabayar dapat menikmati layanan terlebih dulu dan membayarnya setelah menerima tagihan. Umumnya tagihan akan diterima pengguna setelah penggunaan setelah 30 hari.

Berikut ini ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan pulsa pascabayar.

Keuntungan

Beragam Pilihan Paket

Para pengguna kartu prabayar mendapatkan banyak pilihan paket yang bisa dipilih. Hal ini juga berlaku pada pengguna kartu pascabayar yang juga bisa memilih beragam pilihan paket, seperti paket telepon, SMS, dan paket data.

Pilihan paket tersebut bisa membantu kamu agar tagihan pulsa nggak terlalu besar. Jika dibandingkan dengan paket pada kartu prabayar, paket pada kartu pascabayar memiliki harga yang lebih murah.

Bisa Memilih Nomor Cantik

kartu pascabayar

Banyak sekali pengguna ponsel yang mencari nomor cantik agar lebih mudah untuk dihafal. Menggunakan kartu pascabayar bisa menjadi pilihan yang tepat.

Untuk mendapatkan nomor cantik, kamu bisa memilih nomor yang masih tersedia di website resmi operator pilihanmu. Selain itu, kartu pascabayar memiliki jumlah digit nomor yang lebih sedikit yaitu antara 10 – 11 nomor.

Menghubungi Call Center Gratis

Jika kamu pengguna kartu pascabayar dan sedang mengalami masalah pada kartu, kamu bisa menghubungi call center secara gratis. Keunggulan ini diberikan oleh operator yang ingin memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengguna kartu pascabayar. Saat menghubungi call center, identitasmu sudah tercatat di database operator dengan aman.

Kartu Mudah Diurus dan Diganti

kartu pascabayar

Karena identitasmu sudah tercatat, kamu nggak perlu khawatir saat ponsel atau nomormu hilang. Sebab, kamu cukup lapor ke kantor polisi dan kantor operator untuk mendapatkan nomormu kembali. Hal ini sangat menguntungkan karena kamu nggak perlu ganti nomor jika terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

Kekurangan

Pemakaian Sulit Terdeteksi

Pengguna pascabayar mendapatkan keuntungan untuk menggunakan pulsa tanpa harus khawatir kehabisan pulsa. Namun, hal ini bisa membuatmu nggak sadar berapa jumlah pemakaianmu setiap bulannya. Kamu akan sulit untuk mengontrol jumlah pemakaianmu dan bisa membuat tagihan bulanan kamu membengkak.

Proses Pendaftaran Lebih Rumit

kartu pascabayar

Walau saat ini kedua jenis kartu memerlukan pengguna untuk mengisi data pribadi, namun pendaftaran kartu pascabayar cenderung lebih rumit. Saat mendaftar, kamu harus menggunakan kartu identitas yang resmi dan mengurus data untuk pembayaran tagihan setiap bulannya.

Berisiko

Jika ponselmu hilang dan kamu nggak segera melapor, nomormu bisa digunakan oleh orang yang nggak bertanggung jawab. Walau bukan kamu yang menggunakannya, tagihan dari nomor tersebut tetap akan menjadi tanggunganmu.

Tetap Bayar Walau Nggak Dipakai

Beberapa operator menerapkan prinsip abodemen yang artinya kamu tetap harus bayar walau kamu nggak pakai pulsanya. Kamu akan dikirimkan tagihan untuk membayar biaya minimum yang sudah ditetapkan.

Nah, itu dia keuntungan dan kerugian memakai kartu pascabayar. Jika kamu memilih untuk menggunakan kartu pascabayar, pastikan kamu memilihnya karena pascabayar sesuai dengan kebutuhanmu.

Kalau kamu sudah menggunakan kartu pascabayar, kamu bisa membayar tagihan dengan mudah dengan aplikasi OY! Indonesia. Dengan OY!, kamu bisa bayar tagihan kartu pascabayar dan beli pulsa untuk kartu prabayar.

Bikin semua transaksi keuanganmu jadi lebih praktis, hemat, dan aman dengan aplikasi OY! Yuk, download OY! sekarang!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023