Kelebihan Pakai Invoice Online Dibandingkan Manual untuk Bisnis UMKM

Luthfa
|
October 4, 2024

Kelebihan Pakai Invoice Online Dibandingkan Manual untuk Bisnis UMKM - Dalam menjalankan bisnis, termasuk bisnis UMKM, faktur atau invoice adalah item penting yang tak boleh dilewatkan. Invoice harus diberikan kepada para pelanggan sebagai bukti pembelian barang. Namun, di era digital seperti saat ini, invoice biasanya dibuat dan dibagikan dalam bentuk online.

Tidak lagi dibuat secara manual, invoice dibuat secara otomatis di sistem sehingga memudahkan tim finance untuk mengelola administrasinya. Invoice online bisa dibilang menjadi investasi penting bagi bisnis UMKM kamu karena semua data transaksi akan tersimpan secara otomatis dalam invoice tersebut.

Selain itu, ada juga keuntungan lain yang dapat kamu peroleh dengan menggunakan invoice online dalam bisnis. Apa saja?

Kelebihan Pakai Invoice Online Dibandingkan Manual untuk Bisnis UMKM

Berikut manfaat pakai invoice online untuk bisnis UMKM.

Riwayat transaksi yang lengkap

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dengan adanya invoice online dalam bisnis UMKM, seluruh data dan informasi mengenai transaksi akan tersimpan secara otomatis di dalam invoice tersebut. Dengan begitu kamu mempunyai riwayat transaksi yang sangat lengkap sehingga memudahkan kamu saat dilakukan audit.

Kamu dapat melakukan tracking invoice kapan saja dan di mana saja tanpa membutuhkan waktu yang lama. Data tentang kapan invoice dikirim atau apakah invoice sudah dibayarkan tepat waktu dapat dicek dengan mudah.

Bisnis menjadi lebih profesional

Adanya invoice online akan membuat bisnis UMKM kamu tampak lebih profesional. Kamu tidak perlu lagi menanyakan kepada pelanggan apakah invoice sudah dibayar atau belum. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot mengecek mutasi rekening karena dengan menggunakan invoice online biasanya status dan notifikasi pembayaran akan langsung diberikan.

Invoice online akan mendukung reputasi bisnis kamu. Hanya dengan melihat invoice online, kamu sudah bisa memastikan apakah invoice telah dikirim, telah dibayar, atau belum dilakukan penagihan.

Tidak membuang-buang kertas

Penggunaan invoice online tidak membutuhkan kertas karena faktur akan dibikin secara otomatis oleh sistem dan kamu bisa membagikan invoice tersebut ke pelanggan. Dengan efektivitas ini, kamu tidak harus membuang-buang kertas hanya untuk mencetak invoice.

Mendapat insight baru

Data dan informasi yang terekam di invoice online dapat digunakan untuk kebutuhan survey bisnis UMKM kamu. Umumnya, suatu bisnis pasti akan melakukan evaluasi guna mencari strategis pemasaran yang lebih relevan.

Nah, dengan adanya data mengenai keuangan perusahaan, kamu dapat mengetahui langsung berapa banyak jumlah uang yang telah kamu dapatkan sebelumnya, atau berapa banyak pelanggan yang melakukan pembayaran dengan metode kredit dan berapa banyak jumlah uang yang dihabiskan pelanggan dalam periode waktu tertentu.

Semua data tersebut dapat dianalisis untuk menentukan strategi bisnis yang baik. Dengan begitu, perkembangan bisnis kamu akan berjalan sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Cepat diterima oleh klien/pelanggan

Penggunaan invoice online dalam bisnis UMKM akan memudahkan pelanggan kamu dalam menerima invoice. Tidak perlu lagi repot mengirimkannya lewat kurir karena kamu bisa mengirimkannya langsung lewat e-mail maupun aplikasi perpesanan.

Tentunya ini menjadi cara yang lebih efisien bagi pelanggan saat membutuhkan invoice pembelanjaan.

Buat Invoice Online untuk Bisnis UMKM Kamu di OY! Indonesia

OY! Indonesia melalui OY! Bisnis memiliki produk OY! Invoice yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat invoice online bisnis kamu sendiri. Lewat satu dashboard, kamu dapat membuat invoice sesuai dengan kebutuhan bisnis UMKM kamu tanpa perlu memakan waktu.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur invoice online, mulai dari mengatur limit penerimaan pembayaran, biaya admin untuk pelanggan, opsi bank yang akan diaktifkan untuk metode pembayaran bank transfer, dan menetapkan masa aktif tautan pembayarannya.

OY! Invoice juga memungkinkan kamu untuk mengirim invoice beserta tautan pembayaran yang telah dibuat dan dikirimkan langsung ke email pelanggan. Dalam tautan pembayaran yang dibuat, kamu bisa menyediakan pilihan metode pembayaran yang ingin digunakan, mulai dari transfer bank, virtual account, e-wallet, hingga QRIS.

Untuk setiap pembayaran yang masuk, kamu dapat mengeceknya di dashboard OY! Bisnis. OY! Invoice akan membuat alur pembayaran yang mulus dan lancar.

Bagaimana, tertarik menggunakan OY! Invoice untuk bisnis UMKM kamu? Tunggu apalagi, segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur yang dimiliki OY! Bisnis.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023