Tips Menggunakan Jasa Endorsement dari Influencer untuk Bisnis UMKM Kamu

Luthfa
|
October 4, 2024

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, menggunakan jasa endorsement dari influencer adalah strategi marketing bisnis UMKM yang patut dicoba. Pasalnya, sang influencer memiliki potensi yang sangat besar untuk membuat produk kamu lebih dikenal publik. 

Influencer mempunyai banyak followers dan mereka adalah golongan orang-orang populer di dunia maya, khususnya Instagram. Maka dari itu, mereka sangat potensial untuk membantu mempromosikan bisnis UMKM kamu. 

Membahas lebih jauh mengenai hal tersebut, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan jasa endorsement dari influencer.

Tips Menggunakan Jasa Endorsement dari Influencer untuk Bisnis UMKM Kamu

Memakai jasa endorsement dari influencer untuk bisnis UMKM bukanlah hal baru lagi. Kini hampir seluruh bisnis UMKM yang menjajakan produknya di media sosial pasti pernah menggunakan jasa endorsement dari orang terkenal, baik artis, selebgram, atau influencer.  

Cara ini dinilai efektif dalam promosi usaha, terlebih bagi usaha yang baru dirintis dan membutuhkan banyak exposure di media sosial. Namun, menggunakan jasa endorsement dari influencer juga ada triknya agar iklan produk kamu tepat sasaran.

Ini dia beberapa tips yang bisa kamu perhatikan sebelum menggunakan jasa endorsement dari influencer.

Sesuaikan influencer dengan target pasar

Hal paling pertama yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan jasa influencer untuk bisnis UMKM kamu adalah dengan mencari influencer yang sesuai dengan target pasar kamu. Misalnya saja kamu berjualan baju bayi atau baju anak, maka influencer yang dipilih haruslah yang sudah memiliki anak.

Begitu dengan produk makanan, kamu harus mencari influencer yang memang terkenal dengan hobi kulinerannya. Penyesuaian ini penting agar uang yang sudah kamu keluarkan untuk membayar endorsement tidak terbuang sia-sia. 

Cek track record influencer

Semakin terkenal seorang influencer, maka semakin banyak pula haters yang dimiliki. Jika tak ingin strategi marketing bisnis UMKM kamu ini berantakan gara-gara influencer yang kamu gunakan memiliki banyak haters, lebih baik pilih influencer yang memang memiliki image yang baik.

Untuk mencari tahu apakah influencer yang kamu pilih kontroversial atau tidak, sebaiknya cek followersnya dan komentar-komentar yang terdapat di setiap postingan influencer tersebut. Setelah itu, cek track record-nya sebelum memutuskan kerjasama dengan influencer pilihan kamu.

Usahakan pilih influencer yang tidak punya kasus hukum, tidak menyinggung SARA, dan tidak berkata kasar.

Perhatikan kualitas konten yang dibuat

Pastikan konten yang akan dibuat oleh influencer pilihan kamu memiliki kualitas yang baik dan menarik dari segi pemasaran. Pilih influencer yang mampu mempromosikan produk dengan cara yang unik dan keren.

Biasanya ada beberapa influencer yang memberikan sentuhan kreativitasnya sendiri saat membuat konten. Hal ini harus dibicarakan di awal perjanjian agar tidak ada kesalahan saat sedang mempromosikan produk bisnis UMKM kamu.

Perhatikan tingkat engagement rates

Poin ini juga tak kalah penting karena engagement merupakan salah satu tolak ukur dalam memilih influencer terbaik. Dengan engagement rates yang tinggi, influencer tersebut sudah dipastikan mampu berinteraksi sangat baik dengan para pengikutnya.

Oleh karenanya, pilih influencer dengan tingkat engagement yang tinggi agar iklan produk kamu berpeluang diterima oleh follower si influencer.  Saat ini terdapat beberapa tools internet yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk mengecek engagement rates influencer.

Survei harga

Untuk yang satu ini, nampaknya bisnis UMKM kamu harus menggelontorkan uang yang cukup banyak. Pasalnya, tarif influencer ditentukan dari banyaknya follower yang mereka miliki. Semakin banyak follower, semakin mahal pula tarifnya.

Tarif yang dikenakan masing-masing influencer beragam, biasanya mulai dari Rp100 ribu hingga jutaan rupiah. Bahkan, ada influencer yang memasang tarif hingga puluhan dan ratusan juta. Jadi, pastikan untuk menyesuaikan tarifnya dengan budget promosi bisnis UMKM kamu, ya!

Tingkatkan Performa Bisnis UMKM Kamu dengan OY! Bisnis

Setelah mengetahui tips menggunakan jasa endorsement dari influencer untuk bisnis UMKM kamu, kini saatnya kamu untuk mempertimbangkan penggunaan OY! Bisnis. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, kepengin meraih lebih banyak pelanggan dari bisnis UMKM kamu? Tunggu apalagi, mari daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023