Jenis-jenis Game Online yang Bisa Kamu Mainkan

Mutia
|
October 4, 2024

Game online merupakan permainan yang bisa dimainkan menggunakan ponsel yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Banyak sekali pilihan game online yang tersedia untuk dicoba baik oleh para gamers mau pun yang hanya bermain game online saat ada waktu luang. Nah, kamu sudah tahu belum bahwa setiap game online yang ada punya kategori atau jenisnya masing-masing? 

Beragamnya jenis game online yang ada membuat game online diminati dan dapat dinikmati oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Misal, kalau kamu nggak suka game petualangan, kamu bisa coba game peperangan.

Nah, sebenarnya ada berapa jenis game online sih yang ada? Kalau penasaran, simak artikel berikut ini ya! Siapa tahu ada jenis game kesukaanmu.

Real Time Strategi (RTS)

Jenis game yang satu ini biasanya adalah game peperangan yang mengharuskan pemainnya untuk mengatur strategi terbaik agar bisa memenangkan permainan. Dalam game jenis RTS, pemain harus mampu mengelola sebuah atau tim yang sudah dipilih. Umumnya yang harus dikelola mulai dari SDM, SDA, pereknomiannya, pemerintahannya, dan masih banyak lagi. 

Dalam memainkan jenis game seperti ini, kamu dituntut untuk bisa mengambil keputusan yang bijak dalam memimpin Negara agar bisa lebih maju dari yang sebelumnya. Kemajuan Negara atau tim mu berdasarkan keputusan yang kamu ambil. Beberapa contoh jenis game online RTS adalah Age of Empire, Rise of Nations, dan Warcraft. 

First Person Shooter (FPS)

jenis game online

Sesuai dengan nama jenis game, permainan ini berhubungan dengan tembak-menembak dengan sudut pandang orang pertama. Kamu bisa memilih karakter sesuai keinginanmu dengan kemampuan menembak yang sesuai juga dengan keinginanmu. 

Umumnya, permainan jenis ini harus dimainkan dengan pemain lain yang satu tim denganmu untuk mengalahkan tim lawan. Contoh game jenis ini adalah Point Blank, Duke Nuke 3D, Quake Blood, dan Perfect Dark.

Role Playing Game (RPG)

Sudah pernah dengar istilah role playing game? Jenis game online ini merupakan game yang memiliki karakter-karakter khayalan yang nggak ada di kehidupan nyata. Seperti jenis game online lain, kamu juga bisa pilih karakter yang ingin kamu gunakan saat bermain. Dalam memainkannya, kamu harus mengikuti alur cerita dan memerankan karakter pilihanmu dengan baik. 

Dalam jenis game RPG pun ada 2 jenis yang dikenal, yaitu LARP (Live Action Role Playing) dan MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Game Playing). Contoh game RPG adalah The Lord of The Rings Online, Final Fantasy, dan Ragnarok. 

Life Simulation Game

jenis game online

Untuk jenis life simulation game, kamu bisa bermain dengan karakter buatanmu dan melakukan berbagai kegiatan yang biasa dilakukan manusia di dunia nyata. Lawan mainmu dalam jenis game ini pastinya juga berasal dari computer yang akan menjadi teman atau tetangga di dunia virtual. Untuk menyelesaikan jenis game seperti ini, kamu cukup melakukan kegiatan sesuai perintah yang diberikan. Contoh life simulation game adalah SimLife dan Second Life.

Vehicle Simulation

jenis game online

Sesuai dengan namanya, kamu diharuskan untuk bisa mengoperasikan kendaraan, baik kendaraan darat, air, dan udara seperti di dunia nyata. Untuk memainkannya dengan baik, kamu harus memahami kendaraan yang kamu gunakan agar bisa mengoperasikannya dengan baik. Contoh vehicle simulation game adalah Flight Gear, Tram, dan Orbiter.

Game Aksi (Action)

Jenis game yang satu ini membutuhkan ketangkasan pemain agar bisa memenangkan pertandingan. Untuk setiap misi yang diberikan, kamu harus bisa melewati berbagai rintangan yang ada, termasuk mengalahkan musuh. 

Game Petualangan (Adventure)

jenis game online

Untuk jenis permainan ini, biasanya kamu harus memecahkan sebuah kasus atau misteri, memburu harta karun, dan menyelamatkan karakter lain. Kalau kamu gemar bermain game tapi juga ingin mencoba rasanya jadi petualang, ini jenis game yang tepat untukmu. 

Game Aksi Petualangan

Jenis game ini merupakan gabungan dari game aksi dan game petualangan. Ini artinya kamu diharuskan untuk memainkan karaktermu untuk memecahkan masalah sembari menyelesaikan rintangan-rintangan yang ada. Contoh dari game aksi petulangan adalah Tomb Raider dan Indiana Jones.

Nah, itu dia berbagai jenis game online yang paling digemari oleh banyak orang saat ini. Apakah ada jenis game online kesukaanmu?

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023