Kebiasaan Kecil yang Bikin Dompet Bocor

Mutia
|
October 4, 2024

Saat sedang nongkrong dengan teman-temanmu, kamu akan melakukan berbagai hal seru untuk menghabiskan waktu. Kebiasaan hang out bareng teman-teman merupakan suatu gaya hidup yang bisa membuatmu boros, loh!

Kebiasaan kecil seperti itu akan membuatmu boros tanpa kamu sadari, padahal kamu sudah berusaha hemat. Hal ini terjadi karena pengeluaran yang kamu keluarkan belum dihitung dengan matang setiap bulannya sehingga menjadi pengeluaran tak terduga.

Tapi sebenarnya kebiasaan kecil apa lagi yang membuat gaya hidup tetap boros dan sulit untuk disadari?

Nggak Membawa Botol Minum Saat Berpergian

biaya transfer antar bank

Ketika berpergian, sering kali akhirnya kita akan membeli air mineral dalam kemasan untuk menghilangkan dahaga. Walaupun air mineral nggak mahal, kebiasaan tersebut tetap dapat membuat dompetmu nangis! Katakanlah kamu berpergian untuk bekerja atau kuliah setiap harinya. Dalam satu hari, kamu dapat membeli sampai 2 botol air yang artinya kamu bisa membeli sampai dengan Rp200.000 jika harga satu botolnya Rp5.000!

Dengan membawa air minum sendiri, kamu dapat mengurangi pengeluaran-pengeluaran tak terduga. Jadi, kamu bisa hemat deh!

Kebiasaan Membeli Jajanan

biaya transfer antar bank

Terkadang karena jarak yang harus ditempuh pada pagi hari ke tempat tujuan membuat kamu nggak ada waktu untuk sarapan. Alhasil, kamu akan cepat merasa lapar. Kalau sudah begini, kamu pasti jadi tergoda untuk beli camilan.

Kalau cuma sesekali beli camilan nggak masalah, tapi kalau terus-terusan bisa menjadi gaya hidup yang akhirnya membuatmu boros loh! Mungkin harga makanan ringan yang kamu beli nggak terlalu mahal dan itu membuatmu berpikir kamu sudah cukup hemat.

Namun, coba kamu pikir-pikir lagi. Jika kamu berhenti membeli camilan dengan kisaran harga Rp20.000 per harinya, kamu sudah bisa menabung berapa banyak ya?

Beli Kopi Kekinian

biaya transfer antar bank

Biasanya untuk menemani waktumu agar tetap terjaga dalam melakukan berbagai macam kegiatan, minum kopi adalah salah satu solusinya. Namun, sama halnya dengan camilan, membeli kopi kekinian dapat membuatmu berpikir bahwa itu merupakan salah satu kebutuhan pokokmu setiap hari.

Pilihan kopi kekinian yang beragam membuatmu dengan mudahnya memesan kopi pilihanmu yang pastinya lama-kelamaan dapat membuat dompetmu menipis. Jika kamu memang harus minum kopi setiap harinya, solusinya adalah dengan membuat kopi sendiri dari rumah. Selain itu, kamu juga bisa manfaatkan momen pandemi ini untuk memulai berdiet!

Pembelian Barang yang Impulsif

biaya transfer antar bank

Saat kondisi new normal seperti sekarang, hal yang sebaiknya kita lakukan adalah menabung untuk keperluan kesehatan dan biaya tak teduga lainnya. Dibandingkan dengan membeli hal-hal yang nggak terlalu kamu butuhkan, kamu bisa menyimpan uang tersebut untuk kamu tabung. Selain membeli hal-hal seperti itu, pembelian barang yang sudah ada di rumah pun juga termasuk dalam kebiasaan yang membuat kamu boros.

Salah satu pembelian yang dapat disebut impulsif saat ini adalah pembelian lipstick dan masker kain. Saat pandemi seperti ini, kita akan terus memakai masker yang membuat para kaum hawa nggak harus menggunakan lipstick setiap harinya.

Maka dari itu, pembelian lipstick baru nyatanya bisa membuat kamu boros juga, loh! Selain itu, pembelian masker yang berlebih pun termasuk impulsive buying yang sebaiknya dihindari. Supaya kamu nggak membeli barang dengan impulsif,  kamu bisa membuat masker sendiri dari bahan yang sudah nggak digunakan lagi. Di samping lebih hemat, kegiatan ini juga bisa mengisi waktu luangmu selama pandemi.

Biaya Transfer Antar Bank

biaya transfer antar bank

Jenis pengeluaran yang bisa membuat kamu boros biasanya adalah yang nominalnya relatif kecil dan dapat dibeli untuk kamu nikmati. Namun, ternyata ada juga pengeluaran yang nggak bisa dihindari atau dinikmati tapi tetap bikin kamu boros.

Setiap kali kamu transfer antar bank, saldomu akan dipotong untuk biaya administrasi sekitar Rp6.500. Mungkin hal tersebut nggak akan terlalu berpengaruh jika kamu hanya melakukan transaksi selama satu atau dua kali. Namun, dengan meningkatnya minat masyarakat Indonesia terhadap belanja online, kegiatan transfer antar bank hampir nggak bisa dihindari.

‍Solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi yang gratis biaya transfer antar bank seperti OY! Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pastinya transaksimu akan jadi lebih hemat!

Yuk download aplikasi OY! sekarang dan bikin semua transaksimu lebih hemat dan mudah!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023