Kenal Lebih Lanjut tentang Jaringan ATM Bersama

Atia Nadira
|
October 4, 2024

Selama bertahun-tahun, Indonesia telah memiliki jaringan ATM terbesar yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, yaitu jaringan ATM Bersama. Fungsi utama ATM Bersama adalah menggabungkan perbankan nasional untuk menyediakan berbagai kemudahan bagi masyarakat dalam bertransaksi keuangan.

Salah satu kemudahannya adalah memungkinkan setiap orang untuk melakukan transaksi apa pun dari berbagai macam bank di dalam satu jaringan ATM yang sama. Jadi, kita nggak perlu repot cari mesin ATM yang sesuai dengan rekening bank kita.

Jaringan ATM Bersama pastinya punya sistem yang berbeda dengan ATM biasa. Bagaimana sistem pengoperasian jaringan ATM Bersama? Yuk, kenal lebih lanjut tentang jaringan ATM Bersama dengan menyimak artikel OY! berikut ini!

Apa Itu Jaringan ATM Bersama?

ATM Bersama

Untuk kenal jaringan ATM Bersama, harus tahu dulu nih pengertian dari jaringan ATM tersebut. Berikut ulasannya!

ATM Bersama adalah jaringan ATM pertama di Indonesia yang awalnya hanya menghubungkan beberapa bank saja di Indonesia. Saat ini, jaringan ATM Bersama memiliki lebih dari 94 anggota yang terdiri dari bank dan lembaga selain bank. 

Jaringan ini didirikan oleh Artajasa pada tahun 1990 dengan mengadopsi model dari MegaLink, yaitu sebuah jaringan ATM di Filipina. Fasilitas yang disediakan oleh jaringan ATM Bersama meliputi cek saldo, penarikan tunai, dan pemindahan dana secara online ke rekening lain dari sesama anggota jaringan ATM Bersama. 

Bagaimana Perkembangan Jaringan ATM Bersama?

Perkembangan Jaringan ATM Bersama

ATM Bersama sudah beroperasi selama lebih dari 30 tahun sebagai pelopor transaksi antar bank yang berbeda di Indonesia. Kini, jaringan ATM Bersama sudah menghubungkan lebih dari 80.000 mesin ATM dari berbagai bank ternama di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2004, pendiri jaringan ATM Bersama, Artajasa, membuat lintas perbatasan dengan menggandeng rekanan jaringan ATM MEPS di Malaysia untuk melayani pekerja-pekerja dari Indonesia, pelajar Indonesia yang tinggal di sana, dan para wisatawan. Selain Malaysia, Singapura dan Thailand juga sudah terhubung dengan jaringan ATM Bersama melalui NETS dan ITMX.

Kini, proses transaksi lewat ATM Bersama akan lebih mudah karena jaringan ATM Bersama adalah jaringan switching terbesar di Indonesia. Jaringan switching ini memungkinkan berbagai lembaga perbankan di dalamnya menjadi saling terhubung.

Apa Saja yang Bisa Kamu Lakukan Melalui ATM Bersama?

Apa Saja yang Bisa Kamu Lakukan Melalui ATM Bersama?

Jika kamu menemukan mesin ATM yang terdapat logo ATM Bersama, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan melalui mesin ATM tersebut walaupun kartu ATM yang kamu pegang berbeda dengan bank pemilik mesin ATM tersebut. Berdasarkan situs web resmi ATM Bersama, berikut layanan perbankan yang bisa kamu lakukan di mesin ATM berlogo ATM Bersama.

1. Tarik Tunai

Kamu bisa ambil uang di mesin ATM berlogo ATM Bersama yang dibatasi dengan beberapa ketentuan seperti batas penarikan harian dan sebagainya. Batas penarikan uang per harinya telah ditentukan oleh bank penerbit kartu ATM dengan melihat jenis kartu ATM yang dimiliki oleh nasabah (Silver/Gold/Platinum).

2. Cek Informasi Saldo

Selain tarik tunai, kamu juga bisa memeriksa jumlah saldo yang ada di rekening kamu untuk mengecek informasi lengkap mengenai saldo kamu. Hal ini bisa kamu lakukan di mesin ATM apa pun yang tertempel logo ATM Bersama.

3. Transfer Antar Bank

Untuk mengirim uang ke rekening bank lain di seluruh Indonesia, kamu memerlukan kode bank sebagai alamat bank yang kamu tuju. Cara melihat kode bank yang kamu tuju adalah dengan menekan menu daftar kode bank di mesin ATM atau melalui laman resmi ATM Bersama.

4. Transfer ke Rekening Bank Pihak Ketiga

Kamu juga bisa mengirim uang ke rekening bank lain yang bukan pemilik mesin ATM tersebut. Contohnya, kamu merupakan nasabah bank A ingin transfer ke rekening bank B dengan menggunakan mesin ATM bank C yang juga masih dalam satu jaringan ATM Bersama. Tentunya kamu juga memerlukan kode bank yang kamu tuju dengan cara seperti yang telah dijelaskan di atas.

Daftar Bank yang Tergabung dalam Jaringan ATM Bersama

Daftar Bank

Jumlah instansi yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama masih terus bertambah. Saat ini, ada lebih dari 94 bank yang termasuk dalam jaringan ATM Bersama.

Tak hanya bank saja, institusi lain seperti LinkAja dan Indosat juga ikut bergabung demi menambahkan benefit layanan mereka dalam hal top up saldo.

Nah, bank yang sudah termasuk dalam jaringan ATM Bersama di antaranya adalah Bank Bukopin, Bank Commonwealth, Bank CIMB Niaga, Bank Danamon, Bank BNI, Bank DBS, Bank Mandiri, berbagai bank daerah seperti Bank DKI, Bank Jateng, Bank Jambi, Bank Jatim, dan masih banyak lagi. Hampir semua bank ternama di Indonesia telah tergabung dalam jaringan ATM Bersama.

Kemungkinan besar bank yang menjadi pilihan kamu telah terdaftar dalam jaringan ATM Bersama. Jadi, jangan khawatir ya! Pasti kalian bisa bertransaksi lewat ATM Bersama.

Sekian informasi umum tentang jaringan ATM Bersama. Semoga bisa menambah wawasan mengenai jaringan perbankan nasional di Indonesia ya! Untuk kenal lebih lanjut lagi mengenai jaringan ATM Bersama, klik tautan ini.

Nggak bisa dimungkiri bahwa bertransaksi lewat mesin ATM lebih praktis daripada pergi ke bank secara langsung. Tapi, di era digital yang dibanjiri dengan alternatif baru yang lebih praktis, transaksi secara online lewat gadget kamu tentunya jauh lebih praktis daripada lewat ATM, kan?

OY! Indonesia bisa menjadi opsi terbaik kamu nih saat ingin bertransaksi antar bank dengan praktis dan mudah. Nggak cuman praktis dan mudah, masih banyak lagi keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan melalui OY! Indonesia loh.

Mau tahu cara menggunakan layanan menguntungkan dari OY! Indonesia ini? Gampang kok! Hanya dengan mengunduh aplikasi OY! Indonesia kamu langsung bisa bertransaksi antar bank secara gratis, mudah, dan praktis.

Yuk, download aplikasi OY! Indonesia sekarang! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023