Apa itu CRM? Kenali Fungsi dan Kegunaannya untuk Perusahaan di Sini!

Arin
|
October 4, 2024

Apa itu CRM? Kenali Fungsi dan Kegunaannya untuk Perusahaan di Sini! - Akhir-akhir ini, istilah CRM atau Customer Relationship Management sering kali disebut saat membicarakan upaya dalam pengelolaan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan bisnis. CRM memiliki peran yang penting dalam keberlangsungan bisnis karena dilakukan untuk membangun komunikasi serta pemasaran yang baik dengan pelanggan bisnis.

Sesuai namanya, CRM mengacu kepada metode yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau pemilik bisnis untuk melakukan interaksi dengan pelanggan guna meningkatkan hubungan bisnis dengan pelanggan yang terkait.

CRM sendiri bisa dilakukan secara langsung maupun secara digital dengan menggunakan software atau aplikasi online lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai CRM dan fungsi serta kegunaannya untuk perusahaan, yuk baca artikel di bawah ini dengan saksama!

Apa itu Customer Relationship Management?

Pemilik bisnis pastinya sudah familiar dengan istilah CRM atau Customer Relationship Management, bukan? Istilah CRM saat ini mengacu pada suatu sistem yang membantu pengelolaan hubungan antara pihak perusahaan dengan customer (pelanggan) dalam level bisnis, yang dilakukan untuk membangun, meningkatkan, dan mempertahankan relasi yang baik antara kedua belah pihak.

CRM bisa dikatakan sangat customer oriented karena tanpa adanya pelanggan, maka bisnis tidak akan bisa berjalan dengan baik. 

Oleh karena itu, CRM hadir untuk membantu meningkatkan profitabilitas suatu bisnis dengan cara mencari tahu kebutuhan dan perilaku pelanggan, guna memberikan pelayanan yang optimal sehingga bisa mempertahankan hubungan bisnis yang sudah ada.

Apa itu CRM? Kenali Fungsi dan Kegunaannya untuk Perusahaan di Sini!

Dalam pelaksanaanya, CRM bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai macam tools yang tersedia di platform-platform digital. Tools CRM ini nantinya akan memberikan laporan analisis yang detail mengenai hubungan pelanggan dengan bisnis milik kamu,.

Selain itu, data yang didapatkan juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun strategi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) dalam bisnis kamu. Sistem CRM ini bisa dilakukan dengan banyak pelanggan yang berbeda, sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan pelayanan dalam bisnis sekaligus membangun loyalitas pelanggan.

Fungsi CRM dalam Bisnis

Sistem CRM berfungsi untuk memudahkan perusahaan serta pemilik bisnis dalam mengawasi aktivitas penjualan dan mendapatkan informasi mengenai kebutuhan pelanggan, sesuai dengan masukan langsung dari pelanggan bisnis.

Customer relationship management memungkinkan perusahaan serta pemilik bisnis untuk mengelola data pelanggan, sehingga mereka bisa meningkatkan pelayanan dan mengembangkan produk yang ditawarkan maupun bisnis secara keseluruhan.

Selain itu, sistem CRM juga memiliki beberapa fungsi lain, yaitu:

  • Membangun perusahaan dan bisnis berbasis customer centric
  • Membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan target pelanggan. 
  • Meningkatkan proses pelayanan pelanggan secara maksimal. 
  • Mengadopsi tolak ukur kesuksesan perusahaan atau bisnis berdasarkan sudut pandang pelanggan.
  • Mencatat setiap aspek dalam penjualan. 
  • Menangani dan menjawab berbagai keluhan, komplain, kritik, maupun saran dari pelanggan. 

Kegunaan CRM dalam Bisnis

Apa itu CRM? Kenali Fungsi dan Kegunaannya untuk Perusahaan di Sini!

Saat ini, sudah ada banyak perusahaan serta pemilik bisnis yang menggunakan software serta tools CRM dalam pelaksanaan bisnis mereka. Tidak bisa dimungkiri bahwa penggunaan sistem CRM dalam bisnis memiliki berbagai macam kegunaan yang menguntungkan, antara lain:

Meningkatkan loyalitas pelanggan

Sistem CRM akan mencatat seluruh informasi tentang pelanggan dan penjualan sehingga pemilik bisnis bisa mengakses informasi tersebut dengan mudah. Selain itu, software maupun tools yang digunakan juga akan menyediakan data mengenai kebutuhan yang dicari oleh masyarakat, berdasarkan informasi yang tersedia.

Oleh karena itu, penerapan CRM juga memungkinkan perusahaan maupun pemilik bisnis untuk bisa meningkatkan pelayanan yang sesuai dengan masukan dari pelanggan. Hal ini lantas akan menimbulkan rasa nyaman dalam berbelanja pada diri pelanggan sehingga bisa memunculkan rasa loyalitas pelanggan.

Sistem operasional yang lebih efisien

Sistem CRM memungkinkan pemilik bisnis untuk bisa mengolah data pelanggan dengan bantuan teknologi digital berupa software, sehingga pemilik bisnis ataupun perusahaan akan menerima informasi tanpa harus mencari dan menganalisis informasi secara manual.

Hal ini lantas membuat sistem operasional bisnis dapat berjalan dengan lebih efisien karena pemilik bisnis atau perusahaan bisa fokus mengembangkan pelayanan berdasarkan hasil informasi yang didapatkan. Selain itu, informasi yang didapat juga bisa menjadi acuan sebelum mengambil keputusan pada saat mengembangkan bisnis.

Mendapatkan keuntungan yang optimal

CRM memungkinkan pemilik bisnis serta perusahaan untuk bisa mengetahui kebutuhan pelanggan secara menyeluruh sehingga mereka bisa meningkatkan loyalitas pelanggan, mengoptimalkan kinerja, serta mengembangkan bisnis ke arah yang tepat. 

Mereka juga bisa meningkatkan penjualan melalui kegiatan pemasaran dan target pelanggan yang tepat. Semua hal ini tentunya akan sangat berpengaruh dalam memberikan keuntungan bagi para pemilik bisnis dan perusahaan.

Nah, setelah membaca artikel di atas dan mengetahui apa itu CRM dan segala jenis fungsi serta kegunaanya, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis dari sekarang? Jika iya, ayo segera gabung dengan OY! Bisnis dan nikmati semua manfaatnya!

Kembangkan Bisnis Kamu dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023