Keuntungan Deposito Dibandingkan Tabungan Biasa

Luthfa
|
October 4, 2024

Keuntungan Deposito Dibandingkan Tabungan Biasa - Bagi generasi muda yang masih terjebak dalam gaya hidup konsumtif sebaiknya mulai pikirkan masa depan dari sekarang. Perlu diingat bahwa sehat secara jasmani dan rohani saja nggak akan cukup kalau keuangan kita bermasalah. Mumpung masih muda dan masih punya banyak waktu, mulailah ubah kebiasan burukmu itu dengan menjadikan investasi sebagai gaya hidup.

Ya, investasi bisa dijadikan cara untuk memperbaiki keuanganmu saat ini. Investasi juga akan membuatmu terbiasa menabung. Nah, kalau masih bingung instrumen investasi mana yang coock dipilih, instrumen investasi yang aman seperti deposito bisa menjadi pilihannya. Deposito termasuk salah satu investasi yang punya risiko rendah sehingga aman dilakukan oleh pemula.

Selain minim risiko, deposito juga memberikan imbal hasil yang lumayan. Bagi yang belum tahu, deposito adalah simpanan sejenis investasi sederhana. Deposito nggak ubahnya dengan tabungan biasa, hanya saja sukuk bunga yang ditawarkan relatif lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Deposito juga punya jangka waktu menabung yang disepakati. Nantinya, uang yang didepositokan nggak boleh ditarik sebelum masa deposito habis. Untuk mendaftar deposito, kamu tinggal datang ke sejumlah bank yang punya produk deposito. Soal keuntungannya, setiap bank punya produk deposito dengan sukuk bunga yang berbeda-beda. Jadi, kamu bisa mencari bank dengan sukuk bunga tertinggi.

Supaya lebih meyakinkan kamu untuk mulai investasi deposito, berikut keuntungan deposito daripada tabungan biasa.

Memiliki jangka waktu

keuntungan deposito dibandingkan tabungan biasa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa deposito punya jangka waktu penyimpanan. Jangka waktu ini sebelumnya sudah disesuaikan dengan kesepakatan antara nasabah dan pihak bank. Biasanya, bank menawarkan pilihan jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, 12, 24 bulan, hingga 5 tahun.

Dalam jangka waktu yang telah disepakati ini, kamu nggak diperbolehkan menarik uang yang telah disetorkan. Kalau menurutmu deposito kurang fleksibel karena uang tabungan nggak bisa ditarik kapan pun dibutuhkan, namun cara ini justru membuatmu untuk menabung dan nggak menghambur-hamburkan uang. Masa depan pun akan terjamin sebab kamu sudah punya simpanan uang yang cukup.

Lamanya deposito juga bisa diperpanjang sesuai keinginanmu. Bahkan, semakin lama kamu menabung di deposito, semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan. Namun, jika terpaksa mengambil uang sebelum waktunya, pihak bank akan memberikanmu denda.

Sukuk bunga yang ditawarkan deposito lebih besar dari tabungan

keuntungan deposito dibandingkan tabungan biasa

Sukuk bunga yang ditawarkan untuk deposito bernilai lebih besar daripada tabungan biasa. Jika sukuk bunga tabungan biasa umumnya nggak mencapai 2 persen, maka bunga deposito bisa mencapai 3 hingga 5 persen. Apabila jumlah uang yang kamu setorkan ke dalam deposito cukup besar, maka bunga uang yang akan kamu terima di akhir jangka waktu pernjanjian juga lumayan.

Deposito bebas administrasi bulanan

Jika menabung di tabungan biasa, kamu akan dikenakan biaya administrasi bulanan yang angkanya cukup lumayan. Terkadang mencapai Rp20 ribu. Potongan ini tentu cukup merugikan apabila saldo di rekening kamu nggak begitu banyak. Nah, berbeda dengan tabungan biasa, deposito nggak akan dikenakan biaya administrasi bulanan.

Jadi, uang yang tersimpan di dalam tabungan deposito nggak akan dipotong tiap bulannya. Meski begitu, kamu diharuskan membayar pajak dari besarnya bunga yang didapatkan. Sisa bunga yang telah dipotong pajak tersebut seluruhnya adalah milik kamu. Menguntungkan, bukan?

Minim risiko

Investasi deposito sudah terkenal minim risiko. Artinya, walau nilai tukar rupiah melemah terhadap dollar AS atau ada kenaikan inflasi di tiap tahunnya, uangmu yang ada di dalam deposito nggak akan terganggu.

Uang yang didepositokan terjamin aman

Uang yang kamu depositokan telah dijamin kemananannya oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Syaratnya, uang tersebut nggak boleh melebihi Rp2 miliar. Jadi, selama uang deposito kamu nggak mencapai Rp2 miliar, uangmu bakal aman. Meskipun bank yang bersangkutan berada dalam kondisi keuangan yang buruk sekali pun, uangmu akan kembali seutuhnya.

Syarat deposito yang mudah

keuntungan deposito dibandingkan tabungan biasa

Untuk membuka tabungan deposito, kamu nggak perlu menyiapkan berbagai macam dokumen. Sebab, pihak bank hanya akan meminta salinan kartu identitas yang masih berlaku dan rekening bank. Jika kedua syarat ini telah kamu penuhi, kamu tinggal menyiapkan uangnya saja untuk kemudian disetorkan ke dalam deposito. Saat hendak mengambil deposito setelah jangka waktu habis, syarat yang diberlakukan masih sama.

Itu dia keuntungan deposito dibandingkan tabungan biasa. Jadi, kapan kamu mulai investasi deposito?

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023