Manfaat Penggunaan API Disbursement untuk Pembayaran Asuransi

Shafira
|
October 4, 2024

Dunia insurtech (insurance technology) kini mulai ramai digadang oleh banyak perusahaan asuransi. Dengan menggunakan marketplace aggregator dan aplikasi digital, berbagai layanan asuransi dapat ditawarkan dalam satu tempat sekaligus. Aggregator asuransi kini menjadi sarana utama bagi para calon pelanggan asuransi untuk menemukan berbagai penawaran asuransi.

OY! Bisnis hadir dengan fitur API Disbursement untuk membantu para perusahaan aggregator asuransi melancarkan proses pembayaran mereka terhadap perusahaan penyedia asuransi.

Apa Itu Aggregator Asuransi?

Manfaat API DIsbursement untuk Pembayaran Asuransi

Aggregator asuransi merupakan situs web yang merupakan sarana untuk mengetahui penawaran asuransi. Aggregator memiliki beragam informasi penawaran polis asuransi dan jenis penawaran yang bisa didapatkan dari berlangganan polis tersebut.

Tetapi, aggregator asuransi bukanlah yang mengeluarkan polis asuransi, melainkan hanya menyediakan layanan bagi para pelanggan potensial dapat mengumpulkan berbagai macam informasi mengenai penawaran asuransi sehingga para calon pelanggan ini dapat memilih polis asuransi dengan lebih mudah. Aggregator asuransi juga akan memberikan perkiraan harga suatu polis asuransi.

Mengapa Perusahaan Asuransi Menggunakan Aggregator Asuransi?

Pembelian asuransi secara online meningkat seiring berkembangannya teknologi. Pemasaran online dapat memberikan banyak keuntungan bagi para perusahaan asuransi. Perusahaan aggregator asuransi dapat menawarkan banyak keuntungan, antara lain premi murah, proses pengajuan asuransi yang mudah, dan perbandingan antar produk asuransi dengan akurat.

Pialang asuransi dan perusahaan mulai menggunakan aggregator asuransi sebagai bentuk pemasaran digital dengan kapasitas jangkauan pelanggan yang luas dan banyak. Aggregator asuransi dapat membantu para pialang dan perusahaan memasarkan produk asuransi mereka.

Apa Manfaat API Disbursement untuk Pembayaran Asuransi?

Manfaat API DIsbursement untuk Pembayaran Asuransi

Perusahaan aggregator asuransi dapat memanfaatkan fitur API Disbursement untuk melancarkan pembayaran mereka terhadap pihak perusahaan penyedia asuransi. Setiap terjadi pembelian asuransi melalui situs aggregator asuransi, perusahan aggregator asuransi dapat menggunakan fitur API Disbursement untuk melakukan pembayaran terhadap perusahaan penyedia asuransi secara otomatis sehingga tidak perlu dilakukan pembayaran secara manual.

Berikut beberapa manfaat API Disbursement yang bisa didapatkan oleh perusahaan:

Pengiriman Dana yang Terjadwal

Dengan menggunakan fitur Smart Release, perusahaan dapat mengatur pembayaran terjadwal secara otomatis. Fitur Smart Release akan memastikan pembayaran yang terjadwal dapat diterima di tanggal yang sudah ditentukan oleh perusahaan pengirim.

Fitur Smart Release ini memiliki dua jenis pilihan yakni:

1. Scheduled Disbursement

Scheduled Disbursement merupakan sebuah fitur untuk pengiriman dana secara terjadwal untuk dikirim dan dicairkan pada tanggal yang Anda telah tentukan.

2. Triggered Disbursement

Triggered Disbursement adalah fitur untuk melakukan pengiriman dana secara terjadwal dengan mekanisme dana yang dikirim hanya dapat dicairkan di/setelah tanggal yang Anda tentukan. Jika penerima menekan tombol CAIRKAN melalui e-mail, maka e-mail notifikasi untuk pencairan dana akan terkirim pada saat perintah Triggered Disbursement dilakukan. Jika saldo OY! Anda tidak mencukupi ketika tombol CAIRKAN diakses, maka penerima akan menerima notifikasi bahwa penarikan gagal.

Biaya Transfer yang Murah

OY! Indonesia memiliki rate biaya transfer yang murah. Bila pada umumnya biaya transfer antar bank dipatok Rp6.500, OY! hanya akan membebankan Rp4.000 pada per transaksinya. Biaya pun transparan tanpa ada penambahan lainnya.

Pengecekan Nomor Rekening Secara Otomatis

Nomor rekening tujuan akan diperiksa secara otomatis oleh sistem inquiry OY! untuk memastikan bahwa nomor rekening tujuan yang telah dimasukkan sudah benar dan valid.

Transaksi Diproses Real Time dengan Jangkauan Transaksi yang Luas

Setiap transaksi akan diproses secara real time selama 24/7 sehingga mempercepat waktu pengiriman uang. Jangkauan transaksi hingga mencapai 100 bank dan berbagai e-wallet di Indonesia.

Akses Laporan Transaksi

Setiap transaksi yang telah dilakukan akan tercatat otomatis di dalam satu dashboard. Hasil rekam transaksi dapat diunduh kembali dalam format CSV atau PDF.

Bagaimana Alur Kerja API Disbursement untuk Pembayaran Asuransi?

Perusahaan dapat mendaftarkan diri mereka terlebih dahulu di laman OY! Bisnis. Mereka juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu jika perusahaan membutuhkan transaksi di atas Rp1 miliar per bulannya. Jika sudah terdaftar dan terintegrasi dengan sistem API milik OY!, maka alur kerja API Disbursement akan berjalan seperti ini:

  1. Perusahaan melakukan top up (pengisian dana) terlebih dahulu ke rekening Virtual Account Perusahaan di OY!
  2. Apabila Perusahaan tidak ingin melakukan top up, Perusahaan dapat menggunakan fitur Overdraft  Fitur ini disediakan oleh OY! untuk memberikan saldo tambahan dengan limit tertentu sehingga Perusahaan dapat melakukan disbursement tanpa harus top up di awal.
  3. Perusahaan memasukkan informasi data penerima uang melalui sistem API.
  4. API Disbursement akan menjalankan transaksi secara otomatis.
  5. Perusahaan dapat memonitor status transaksi melalui dashboard.
  6. Setelah transaksi selesai, perusahaan akan mendapatkan notifikasi dari OY!

OY! Bisnis terus meningkatkan pelayanan demi kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi. Fitur API Disbursement ini akan memudahkan jalannya suatu transaksi serta menghindari faktor human error yang dapat menghambat proses transaksi.

Mari daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis dan rasakan kenyamanan dalam bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023