Mengenal Berbagai Kode Transfer ke Luar Negeri

Shafira
|
October 4, 2024

Untuk melakukan transfer ke luar negeri, kamu diminta oleh bank untuk memberikan detail bank penerima transferan. Nah, biasanya detail penerima harus berisi informasi mengenai kode transfer internasional. Misalnya seperti kode SWIFT, BIC, IBAN, dan lain-lainnya. Untuk apa kode itu? Mengapa ada begitu banyak kode?

OY! telah menyusun panduan pembayaran ini untuk membantu kamu memahami cara kerja transfer internasional, apa saja kodenya, apa artinya, dan kode mana yang kamu perlukan untuk masing-masing negara.

Jaringan Utama Pembayaran Transfer Bank 

Mengenal Berbagai Kode Transfer ke Luar Negeri

SWIFT

SWIFT adalah singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication, sebuah organisasi yang berbasis di Brussel yang telah ada sejak awal 1970-an. Itu dibuat untuk membantu bank berkomunikasi dengan lebih aman dan lebih cepat di antara mereka sendiri terkait dengan pemrosesan pembayaran transfer Bank.

Bagaimana cara kerja SWIFT? Saat ini, SWIFT adalah jaringan komunikasi lebih dari 10.000 lembaga keuangan di lebih dari 200 negara, menjadikannya jaringan pembayaran internasional terbesar di dunia. Kami menekankan pada kata 'komunikasi' karena SWIFT nggak lebih dari pembawa pesan antar bank.

Pada dasarnya, apa yang dilakukan SWIFT adalah menyalurkan pesan yang menyertakan instruksi pembayaran dari bank penerbit, yaitu bank pembayar, sampai ke bank pengirim, yaitu bank penerima.

SEPA

SEPA adalah singkatan dari Single Euro Payments Area. SEPA dibuat pada tahun 2008 untuk menyederhanakan pembayaran lintas batas dalam Euro di Eropa. Dengan kata lain, transfer melalui SEPA mirip dengan konsep transfer uang domestik.

Zona SEPA terdiri dari 36 negara: 27 negara anggota UE, Inggris, Andorra, Islandia, Monako, Swiss, Liechtenstein, Norwegia, San Marino, dan Negara Kota Vatikan. SEPA bekerja dengan cara yang sama seperti SWIFT, tetapi hanya dikhususkan untuk pengiriman dalam mata uang Euro yang terjadi di zona SEPA. 

Kode Pembayaran untuk Masing-Masing Wilayah

BIC (juga dikenal sebagai Kode SWIFT) untuk Transfer Internasional

BIC adalah singkatan dari Bank Identifier Code. Kode ini ditetapkan oleh lembaga SWIFT ketika suatu bank bergabung dengan jaringan SWIFT. Jadi, apa perbedaan antara kode BIC dan kode SWIFT?

Sebetulnya, kode ini disebut secara bergantian sebagai kode BIC, kode SWIFT, ID SWIFT, atau kode ISO 9362.2. Semuanya mengacu pada kode yang sama dan diperlukan saat melakukan transfer internasional. Jadi, jangan bingung dengan kode BIC dan kode SWIFT karena keduanya memiliki arti yang sama dan istilahnya dapat digunakan secara bergantian

Format kode SWIFT adalah rangkaian yang terdiri 8 atau 11 karakter (huruf dan angka) yang mengidentifikasi bank tempat kamu mengirim uang. Kode tersebut mencakup detail kode bank, kode negara tempat bank berada, kode lokasinya, dan nomor cabangnya.

Kode IBAN untuk Transfer SEPA

Nomor Rekening Bank Internasional (IBAN) berisi semua informasi yang diperlukan untuk mengidentifikasi satu rekening bank tertentu dari jutaan yang dimiliki di seluruh dunia. Tanpa nomor IBAN yang benar, transfer bank kamu mungkin nggak sampai ke tujuan yang benar.

Nomor IBAN ditulis dalam format standar di semua negara tempat mereka digunakan. Nomor tersebut berisi huruf dan angka yang mengidentifikasi negara, bank, cabang, dan nomor rekening. Kode ini terdiri sampai 34 karakter dan selalu disusun dengan cara yang sama.

Nomor IBAN terdiri dari dua huruf kode identifikasi negara, dua digit cek, 30 karakter untuk nomor rekening bank dasar (BBAN).

BSB untuk Transfer ke Australia

BSB adalah singkatan dari Bank State Branch.Kamu harus memiliki kode 6 digit selain kode SWIFT saat melakukan transfer ke Australia.

Seperti apa kode BSB itu? Kode BSB terdiri dari dua digit pertama mengacu pada bank atau lembaga keuangan, digit ketiga mengacu pada negara bagian dimana cabang tersebut berada, dan tiga digit terakhir memberikan alamat unik dari cabang tersebut

ABA untuk Transfer ke Amerika Serikat

ABA adalah singkatan dari banyak hal di AS, tetapi dalam hal pembayaran ABA adalah singkatan dari American Bankers Association. kamu mungkin sudah menebak bahwa nomor ABA (juga dikenal sebagai nomor perutean bank atau nomor transit perutean - RTN) mengidentifikasi lokasi pembukaan rekening bank.

Seperti apa tampilan kode ABA?

Kode 9 digit ini terdiri dari 4 digit untuk mewakili Federal Reserve Routing Code (yang pada dasarnya memberi tahu lembaga Federal Reserve untuk memproses pembayaran), 4 digit untuk mewakili pengenal Bank, 1 digit untuk mewakili checksum. Checksum adalah ekspresi matematika rumit yang menggunakan delapan digit pertama. Jika hasil akhirnya nggak sama dengan checksum, transaksi akan ditandai dan dialihkan untuk pemrosesan manual.

CNAPS untuk Transfer RMB ke Tiongkok

Dunia perbankan memang sangat familiar dengan akronim. Selain dari akronim-akronim diatas, ada juga CNAPS. CNAPS singkatan dari China National Advanced Payments System.

Kamu akan membutuhkan kode ini selain kode SWIFT hanya jika melakukan pengiriman dalam RMB (atau CNH) ke Republik Rakyat Tiongkok. Jika kamu melakukan pembayaran dalam mata uang lain (mis. USD), kamu hanya memerlukan kode SWIFT.

Seperti apa tampilan kode CNAPS? CNAPS adalah kode 12 digit yang dapat dimulai dengan kata kode CN untuk menunjukkan bahwa akun tersebut berada di Tiongkok. Kode 12 digit tersebut terdiri dari 3 digit pertama mewakili kode bank, 4 digit berikut mewakili kode kota, 4 digit berikutnya mewakili kode cabang, dan digit terakhir adalah kode verifikasi

Kode Sort untuk Transfer ke Inggris

Sort bukanlah akronim untuk apa pun. Nama kode ini berasal dari beberapa tahun yang lalu ketika kode nasional 5 digit (untuk pemrosesan manual) diganti dengan kode penyortiran 6 digit (untuk pemrosesan otomatis). Jadi, kode Sort secara harfiah adalah kode yang membantu bank menyortir pembayaran ke rekening Inggris yang benar.

Seperti apa tampilan kode Sort? Kode Sort adalah kode 6 digit yang selalu ditulis sebagai tiga pasang angka. Dua digit pertama mengidentifikasi bank, empat digit berikutnya mengidentifikasi cabang.

Biar nggak pusing lagi, kamu bisa coba layanan transfer ke luar negeri dari OY! lho. Di dalam aplikasi OY! kamu bisa transfer ke luar negeri dengan rate termurah se-Indonesia. Saat ini, kamu dapat mengirim uang ke 12 negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Inggris, Belanda, India, Korea Selatan, Prancis, Tiongkok, Australia, dan Filipina. Unduh aplikasinya dan daftarkan dirimu di OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023