Mengenal Lebih Jauh tentang Kurs Yuk!

Atia Nadira
|
October 4, 2024

Apakah kamu ingin kirim uang ke luar negeri? Kira-kira apa saja sih yang perlu diketahui sebelum mengirim uang ke luar negeri?

Tentunya kamu harus menukar uang Rupiah dengan mata uang negara yang ingin kamu tuju. Namun selain itu, ada satu hal penting nih yang harus kamu pahami, yaitu kurs.

Penasaran apa itu kurs? Yuk mengenal lebih jauh tentang kurs!

Mengenal Lebih Jauh tentang Kurs

Apa itu kurs?

Seperti yang sudah diketahui, ada satu istilah penting yang sudah nggak asing lagi di kalangan masyarakat, yaitu kurs. Kurs atau nilai tukar mata uang adalah sebuah perjanjian terhadap pembayaran yang dilakukan sekarang atau di kemudian hari antara satu mata uang dengan mata uang lainnya. Dengan kata lain, kurs dapat diartikan sebagai harga satu unit mata uang asing yang dinyatakan dalam mata uang domestik. 

Beberapa ahli telah mendefinisikan kurs dengan pengertian yang bervariasi berdasarkan penafsirannya masing-masing. Menurut Fabozzi dan Franco, kurs adalah beberapa jumlah satu mata uang yang dapat ditukar per unit mata uang lain atau harga satu mata uang dalam mata uang lain. Menurut Paul R. Krugman dan Maurice, kurs adalah harga mata uang suatu negara yang diukur atau dinyatakan dalam mata uang negara lain.

Jadi, kesimpulannya kurs merupakan harga mata uang suatu negara yang dihitung dalam mata uang negara lain.

Kurs dapat mengalami dua jenis perubahan, yaitu apresiasi dan depresiasi. Apresiasi berarti nilai mata uang negara tersebut mengalami peningkatan dibanding mata uang lainnya sehingga mengakibatkan ekspor menjadi lebih mahal dan impor menjadi lebih murah.

Sebaliknya, depresiasi berarti nilai mata uang negara tersebut mengalami penurunan dibanding mata uang lainnya sehingga mengakibatkan ekspor menjadi lebih murah dan impor menjadi lebih mahal.

Kurs akan selalu mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu karena adanya dua jenis perubahan ini.

Apa Fungsi dari Kurs?

Penukaran uang Rupiah dengan uang asing harus memperhatikan kurs.

Kurs berfungsi sebagai alat tukar-menukar barang dan jasa yang dilakukan antar negara. Oleh karena itu, manfaat kurs bagi bisnis bersifat penting dalam perdagangan internasional. Contohnya adalah proses ekspor dan impor.

Misalnya, jika Indonesia ingin mengimpor barang dari Jepang, maka Jepang nggak akan menerima uang dengan mata uang Indonesia (Rupiah) dan hanya menerima mata uang mereka, yaitu Yen (¥). Indonesia harus menukarkan uang Rupiah dengan uang Yen terlebih dahulu sebelum melakukan pengimporan. Di sinilah kurs berperan sebagai alat tukar dan pembayaran internasional.

Pengusaha internasional jadi mampu mengukur dan memahami risiko serta keuntungan yang bisa didapat dari bisnis mereka jika mereka tahu dan paham tentang kurs. Perdagangan internasional akan selalu berbasis kurs dan mengikuti perubahan kurs yang terjadi setiap saat.

Kenapa Kurs Penting?

Memahami kurs sangat penting dalam proses pengiriman uang ke luar negeri.

Kurs sangat penting untuk diketahui saat kamu ingin mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan penukaran uang Rupiah dengan uang asing. Jika kamu ingin belanja atau jual barang ke luar negeri, kamu harus mengetahui nilai kurs mata uang asing dari negara yang ingin kamu tuju.

Misalnya, kamu ingin beli tas langsung dari Paris, Prancis. Mata uang Prancis adalah Euro (€). Jadi, kamu harus menukarkan uang Rupiah dengan uang Euro untuk menyesuaikan mata uang di Prancis agar bisa beli tas tersebut.

Nah, sudah jelas kan apa arti dari kurs dan alasan kenapa kurs penting untuk dipahami? Kalau kamu berencana kirim uang ke luar negeri dan sedang mencari cara yang praktis, pakai OY! saja!

Bukan cuma praktis tapi juga minim biaya administrasi nih, jadi bisa menghemat pengeluaran kamu, kan? Selain itu, masih banyak keuntungan lainnya loh yang bisa kamu dapat jika pakai OY!

Di era digital seperti sekarang di mana semua serba praktis, kamu nggak boleh lengah dan mengabaikan hal-hal penting seperti kurs, khususnya jika kamu seorang pebisnis. Jadi, kita harus cerdas dalam mengambil keputusan dengan ilmu yang kita punya. Semoga bermanfaat ya!

Ingin kirim uang ke luar negeri dengan cara yang lebih praktis? Pakai OY! saja! Download aplikasi OY sekarang!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023