Panduan Lengkap Merintis Bisnis Online Shop

Luthfa
|
October 4, 2024

Sekarang ini banyak orang yang berminat untuk memulai bisnis online shop. Bukan tanpa alasan, kecanggihan teknologi yang semakin maju membuat masyarakat terbiasa untuk menjalankan sebagian besar aktivitasnya dengan dukungan internet. Kegiatan belanja pun jadi dilakukan secara online.

Bagi pemilik usaha, berjualan dengan sistem online dianggap jauh lebih efektif dibandingkan jualan secara konvensional. Dengan menjual barang secara online, pengeluaran jadi lebih hemat karena tidak perlu menyewa toko.

Anda hanya perlu memanfaatkan media sosial serta internet tools lainnya untuk memasarkan produk Anda. Jika ingin menyasar lebih banyak pelanggan, Anda juga bisa menggunakan fitur ads yang tersedia di jejaring media sosial.

Panduan Lengkap Merintis Bisnis Online Shop

Jika Anda berencana merintis bisnis online shop, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah panduan lengkap memulai bisnis online shop.

1. Pahami mekanisme bisnis online shop

Sebelum terjun ke bisnis online, ada baiknya untuk memahami mekanisme bisnis online shop terlebih dahulu. Anda bisa mulai mengulik jenis platform yang bisa diandalkan dalam berjualan online.

Saat ini ada begitu banyak platform yang bisa digunakan secara gratis untuk memasarkan produk sehingga membuat siapa pun dapat menjadi pebisnis online. Namun, Anda harus siap dengan persaingan bisnis online shop yang begitu ketat.

Setelah itu, buatlah rancangan mengenai bentuk online shop Anda. Apakah Anda akan mendirikan website khusus layaknya e-commerce atau menggunakan platform marketplace dan media sosial yang bisa diakses secara gratis.

Masing-masing platform tentunya memiliki keuntungannya masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda.

2. Kenali kebutuhan pasar

Baik berjualan offline maupun online, Anda harus mengenali kebutuhan pasar. Dengan begitu, Anda jadi tahu apa yang diinginkan oleh konsumen saat ini. Lakukan riset mendalam untuk mencari tahu kebutuhan pasar.

Anda bisa bertanya langsung kepada konsumen atau aktif mengikuti perkembangan berita. Menjadi pelanggan dari toko lain pun bisa dijadikan alternatif caranya. Dengan berbelanja di toko lain, Anda dapat mempelajari pelayanan serta produk dari toko tersebut. Jika menurut Anda masih ada yang perlu ditingkatkan, di situlah peluang Anda untuk menciptakan produk yang lebih baik.

Tak bisa dimungkiri bahwa menciptakan sebuah produk original yang belum pernah ada sebelumnya cukup sulit. Namun, Anda bisa menghadirkan sebuah produk yang sama tapi dengan kualitas atau modifikasi yang lebih baik dari yang sudah ada di pasaran saat ini.

3. Tentukan jenis produk yang akan dijual

Setelah menganalisa, kini saatnya Anda untuk memikirkan produk apa yang akan dijual. Sebaiknya lihat celah pasar agar memudahkan Anda untuk menentukan jenis produknya. Sesuaikan produk dengan kebutuhan pasar sehingga dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat.

Dalam menentukan produk, Anda juga harus menentukan target pasar yang dituju. Misalnya, jika ingin merintis bisnis makanan, tentukan apakah makakanan tersebut diperuntukkan bagi anak-anak, remaja, dewasa, atau semua kalangan dapat menyantap makanan tersebut.

Yang pasti, produk yang dijual harus memiliki kualitas yang sebanding dengan harga yang ditawarkan. Terlebih jika Anda ingin memasuki segmen pasar kalangan menengah ke atas, maka produk yang dijual pun harus memiliki kualitas yang menengah ke atas pula.

4. Buat nama brand atau toko online shop yang mudah diingat

Jika ingin produk Anda diingat oleh masyarakat, sebaiknya pilih nama brand atau online shop yang catchy. Pilihlah nama yang unik tapi tidak sulit diucapkan. Tak perlu menggunakan kata-kata yang tidak umum karena hanya akan membuat masyarakat bingung saat mendengarnya.

5. Atur strategi pemasaran

Akan sangat percuma bila produk yang Anda jual bagus tapi tidak dipromosikan dengan baik. Oleh karenanya, penting untuk belajar ilmu-ilmu pemasaran dan mulai menentukan strategi pemasaran yang seperti apa yang ingin Anda terapkan.

Supaya memudahkan Anda, sebaiknya sesuaikan strategi pemasarannya dengan jenis platform yang akan Anda gunakan. Selain itu, gunakan caption/copy yang menjelaskan mengenai produk Anda serta ajakan untuk membeli produk Anda.

Sematkan pula hashtag yang berisi keyword produk jualan Anda. Misalnya, jika Anda berjualan makanan cepat saji, Anda bisa menuliskan hashtag #fastfood. Dengan hashtag semakin memudahkan konsumen untuk menemukan toko online Anda.

Tingkatkan Penjualan dengan Mendaftarkan Bisnis Anda di OY! Bisnis

Jika Anda sudah siap untuk membuka online shop, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari cara dalam menyediakan metode pembayaran untuk pelanggan. Ya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa berjualan secara online artinya Anda harus siap dengan sistem pembayaran yang juga harus dilakukan secara online.

Untuk memfasilitasi pelanggan dalam melakukan pembayaran, Anda bisa menggunakan jasa pembayaran online atau payment gateway seperti OY! Bisnis. Dengan OY! Bisnis, Anda dapat menyediakan sistem pembayaran otomatis yang memudahkan konsumen.

Sebagai pemilik toko online, Anda juga bisa dengan mudah menerima pembayaran dari konsumen. Sebab dengan payment gateaway, Anda bisa mendapatkan konfirmasi pembyaran otomatis sehingga Anda tidak perlu mengecek transaksi satu per satu.

Tentunya hal ini dapat menguntungkan bisnis Anda. Maka dari itu, segeralah daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis dan nikmati keuntungan dalam bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023