Sukses Manfaatkan Twitter Marketing untuk Jualan Online

Shafira
|
October 4, 2024

Sukses Manfaatkan Twitter Marketing untuk Jualan Online - Twitter telah tumbuh menjadi salah satu media sosial terpopuler selama beberapa tahun belakangan ini. Tidak mengherankan bahwa Twitter paling dikenal sebagai platform terbaik untuk melihat topik yang sedang tren, berita, dan percakapan yang sedang terjadi.

Karena tweet dapat dibuat dengan cepat, platform tersebut juga menjadi tempat banyak orang berpaling untuk menemukan informasi terbaru tentang sebuah peristiwa atau suatu acara yang sedang berlangsung. Bahkan, “live tweeting" sekarang menjadi praktik standar bagi media dan orang-orang yang sedang menghadiri suatu acara.

Untuk memaksimalkan kemampuan platform Twitter, kamu perlu memahami apa itu Twitter marketing untuk membangun strategi menyeluruh yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis jualan online milikmu. Kami telah menyiapkan kiat sukses manfaatkan Twitter marketing untuk bisnis jualan online.

Mari simak apa saja kiat tersebut di dalam artikel ini.



Twitter Marketing Jualan Online OY Bsnis OY Indonesia



Memulai Twitter Marketing untuk Jualan Online


Twitter adalah platform yang sangat kuat untuk meningkatkan jangkauan audiens suatu bisnis di dunia maya. Rata-rata pengguna Twitter mengikuti lima akun bisnis, dan 80% dari semua pengguna Twitter setidaknya telah menyebutkan sebuah merek dalam sebuah Tweet.

Untuk berhasil sebagai akun bisnis di Twitter, sangat penting bagi bisnis jualan online milikmu untuk bisa menonjol. Keberhasilan bisnismu untuk menonjol sangat ditentukan dengan strategi Twitter marketing yang digunakan. Ada yang menggunakan strategi marketing berbayar, ada juga yang menggunakan cara organik. Sebelum itu, kenali jenis-jenis Twitter marketing yang akan kamu jumpai ketika menggunakan platform ini.



Twitter Marketing Jualan Online OY Bsnis OY Indonesia


Jenis-jenis Twitter Marketing 


Strategi Twitter Marketing lewat Twitter Advertising


Jika bisnis jualan online milikmu memiliki anggaran lebih untuk biaya iklan, kamu dapat meningkatkan pertumbuhan pengikut lebih cepat dengan beriklan di Twitter melalui Twitter Advertising. Twitter telah membuka platformnya untuk pengiklan sebagai bagian dari layanan Twitter marketing. Setiap akun bisnis dapat mengharapkan hasil yang lebih cepat saat memasarkan bisnis mereka dengan iklan berbayar di Twitter.

Beriklan di Twitter melibatkan berbagai jenis konten iklan tanpa angka minimum untuk pengeluaran iklan. Harga beriklan di Twitter sangat fleksibel, sehingga kamu dapat memutuskan berapa banyak biaya iklan Twitter untuk setiap kampanye iklan yang dikeluarkan. Twitter Advertising dapat berupa teks sederhana atau video berdurasi 60 detik. Iklan Twitter dapat berbentuk Tweet Promosi, Akun Promosi, Tren Promosi, Momen Promosi, dan Iklan Otomatis. 

Mari kita lihat masing-masing dari mereka:


Tweet Promosi (Promoted Tweets)

Konten iklan Twitter ini terlihat seperti tweet biasa, tetapi terdapat kata "Dipromosikan" dengan jelas ditampilkan di sudut kiri bawah iklan. Tweet Promosi ditampilkan kepada pengguna yang tidak mengikuti akun Twitter bisnis pengiklan. Tweet ini dapat disukai, dibagikan, dan dikomentari oleh siapa saja yang melihatnya. Tweet Promosi dapat berupa teks biasa atau dapat menyertakan gambar, tautan, atau video.


Akun Promosi (Promoted Account)

Jika kamu ingin memfokuskan iklan Twitter untuk mendapatkan banyak pengikut, kamu dapat menjalankan jenis kampanye iklan Twitter ini. Beriklan di Twitter menggunakan Akun Promosi menunjukkan akun Twitter bisnis merek milikmu kepada pengguna yang ditargetkan. Iklan muncul di timeline pengguna di bawah bagian "Siapa yang Harus Diikuti" dan menyertakan tombol Ikuti.

Tren Promosi (Promoted Trends)

Topik Trending Twitter adalah kehadiran konstan yang terletak di sisi kanan umpan berita Twitter. Topik Tren didasarkan pada tagar paling populer di platform, tetapi Anda dapat mempromosikan merek Anda di bagian ini. Tren yang Dipromosikan juga muncul sebagai "Tren Untuk Anda" di linimasa pengguna dan tab Jelajahi.

Momen Promosi (Promoted Moments)

Twitter Moments mirip dengan Facebook Stories karena Momen dapat berupa kumpulan konten yang menceritakan kisah yang relevan dengan merek atau industri mereka. Momen Promosi hanya dapat dibuat di desktop dan dapat berupa konten reguler yang dipromosikan ke audiens yang lebih luas yang dapat kamu targetkan. Saat menggunakan Momen Promosi, pastikan untuk memaksimalkan penargetan audiens bisnis jualan online milikmu untuk mendapatkan hasil terbaik.


Iklan Otomatis (Automated Advertisements)

Iklan Otomatis adalah cara cepat bagi pemula untuk mengaktifkan dan menjalankan iklan dalam hitungan detik. Menggunakan Mode Promosi Twitter, platform secara otomatis menggunakan kontenmu untuk promosi dan kampanye iklan. Twitter akan memilih konten dan audiens target dan menjalankan iklan terus menerus sampai kamu memutuskan untuk mematikannya. Iklan Otomatis memiliki tarif bulanan tetap yang sangat berbeda dari skema harga iklan Twitter yang fleksibel.


Strategi Twitter Marketing Secara Organik

Sepintas, sepertinya satu-satunya cara menggunakan Twitter adalah dengan mulai mempublikasikan Tweet. Meskipun kamu telah bersiap dengan banyak konten, ada beberapa strategi yang digunakan banyak bisnis yang sukses untuk menonjol di platform ini. Terdapat beberapa strategi yang kerap digunakan untuk mempromosikan bisnis di Twitter, seperti:

Analisis Akun Twitter Bisnis Jualan Online Milikmu

Jika bisnis jualan online-mu sudah memiliki profil Twitter, hal pertama yang harus dilakukan adalah menjalankan audit Twitter. Catat apa yang berfungsi dan apa yang tidak berfungsi di profil Twitter bisnismu dengan melakukan tinjauan mendalam melalui fitur analytics yang telah disediakan oleh Twitter. Fitur analytics dari Twitter membantumu untuk mencari tahu Tweet mana yang memiliki hasil terbaik dan memberikan gambaran tentang jenis konten yang paling menarik untuk dilihat oleh audiens bisnismu. Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk membuat strategi yang memaksimalkan jangkauan dan keterlibatan yang kamu dapatkan dari Tweet akun bisnismu dan memberikan audiens apa yang mereka cari dari kontenmu.


Temukan Gaya Tweet dari Bisnismu

Audiens di Twitter mencari akun yang memiliki originalitas pada gaya Tweet mereka. Banyak merek bisnis yang kerap mengikuti tren terbaru untuk menarik massa di Twitter, ketimbang mengikuti tren, kamu bisa menciptakan gaya dan kepribadian tersendiri untuk bisnismu. Memang memiliki engagement yang menarik sangat penting, tetapi jangan mengikuti tren hanya demi tetap relevan. Pengguna Twitter sangat cerdik dan teliti ketika sebuah merek bisnis menjadi tidak autentik dalam upaya untuk menarik perhatian.


Gunakan Tagar (#) dan Tren Twitter

Tweet dengan hashtag atau tagar (#)  mendapatkan interaksi hampir dua kali lipat daripada Tweet tanpa hashtag. Hal ini merupakan perbandingan yang menarik, tetapi bukan berarti bahwa kamu harus memuat Tweet bisnismu dengan setiap tagar yang kamu lihat. Tagar adalah cara yang bagus untuk mengekspos merek bisnis jualan online milikmu kepada audiens baru yang mungkin tertarik dengan apa yang bisnis kamu hadirkan. Beberapa merek bisnis membuat tagar untuk kampanye tertentu dan menggunakan tagar tersebut untuk melabeli Tweet individu atau mendorong audiens mereka untuk membagikan Tweet dengan tagar tersebut.


Temukan Waktu yang Tepat untuk Mempublikasikan Tweet

Twitter bergerak sangat cepat sehingga sesuatu yang kamu tweet 30 menit yang lalu mungkin tidak terlihat oleh pengikutmu. Sebuah Tweet hanya mencapai sekitar 75% dari potensi keterlibatannya dalam waktu kurang dari tiga jam setelah dimuat. Hal ini menjadikan publikasi konten secara konsisten dan pada waktu yang tepat, sebagai kunci untuk menemukan kesuksesan di Twitter.


Berinteraksi dengan Audiens

Twitter menciptakan saluran komunikasi dua arah dengan audiens bisnismu. Sangat penting bagi bisnismu untuk membuat konten yang mendorong audiens untuk terlibat dengan Tweet yang telah kamu muat. Jika seseorang menyebut merek bisnis jualan online milikmu atau menanggapi Tweet, pastikan seseorang yang bertanggung jawab untuk menanggapi pesan mereka secara tepat waktu. Banyak bisnis yang menggunakan Twitter sebagai cara untuk mengajukan pertanyaan ke pengikut mereka. Selain itu, selalu berhati-hati dalam bermedia sosial. Pastikan kamu memiliki pedoman untuk bermedia sosial untuk akun bisnismu.

Baik kamu berencana menggunakan Twitter marketing dengan atau tanpa iklan berbayar, Twitter adalah platform yang kuat untuk menghasilkan prospek dan mengembangkan merek bisnis jualan online milikmu. Bisnis apa pun dengan ukuran atau industri apa pun berpotensi menemukan audiens mereka dengan Twitter marketing. Dengan berbagai fitur unik di Twitter, kamu bebas bereksperimen dengan berbagai strategi pemasaran Twitter yang sesuai untuk merek bisnis jualan online milikmu. 


Berikan Berbagai Sistem Pembayaran untuk Bisnis Jualan Online dengan OY! Bisnis

 

 

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bagi bisnis jualan online milikmu. Sebagai salah satu platform money moving terlengkap, OY! Bisnis memiliki fitur OY! Payment Link yang akan membantu kamu mengatur kanal pembayaran bagi bisnis jualan online-mu. 

Metode pembayaran yang dihadirkan oleh fitur ini sangat beragam. Mulai dari bank transfer, kartu debit, kartu kredit, serta QRIS. Kamu juga dapat melakukan kustomisasi lengkap untuk suatu link pembayaran.

Mari daftarkan bisnis jualan online milikmu di OY! Bisnis dan rasakan kenyamanan dalam bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023