Tanda Orang Sulit Menabung, Apakah Kamu Termasuk Salah Satunya?

Luthfa
|
October 4, 2024

Tanda-tanda Orang Sulit Menabung - Nggak semua orang bisa menyisihkan uangnya setiap bulan untuk ditabung karena ternyata masih ada saja yang sulit menabung. Faktor penyebabnya tentu sangat beragam, tapi biasanya gaya hidup konsumtif jadi salah satu alasan utamanya. Gaji yang seharusnya bisa disisihkan malah habis digunakan untuk membeli kebutuhan yang nggak penting.

Padahal menabung nggak harus dalam nominal yang besar, lho. Setiap orang hanya perlu menyisihkan minimal 10 persen dari penghasilan untuk disimpan di dalam pos tabungan. Bayangkan, kalau penghasilanmu tiap bulan Rp5 juta, kamu hanya perlu menabung Rp500 ribu saja per bulannya.

Soal menabung memang dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing orang. Kalau pengin mewujudkan semua impianmu di masa depan, kerja keras saja nggak cukup karena kamu juga harus konsisten untuk menabung. Nah, kalau kamu mau jadi orang kaya tapi masih menunjukkan tanda-tanda di bawah ini, maka nggak ada harapan untuk sukses ke depannya.

Berikut adalah tanda kamu nggak bakat menabung dan susah jadi kaya.

Nggak tahu berapa banyak uang yang dihabiskan

Tanda orang sulit menabung

Kamu pasti tahu jumlah pendapatan yang masuk setiap bulannya, tapi apakah kamu juga tahu berapa banyak uang yang dihabiskan setiap bulannya? Kalau kamu nggak bisa mengingatnya, itu artinya kamu termasuk ke dalam kelompok yang sulit menabung. Mereka yang nggak tahu ke mana saja uangnya pergi biasanya nggak bisa menemukan cara untuk mengurangi pengeluaran.

Supaya pengelolaan keuanganmu menjadi lebih teratur, cobalah untuk mencatat semua pengeluaranmu selama sebulan secara detail. Kamu bisa mencoba menulisnya di buku catatan atau menggunakan aplikasi pelacak pengeluaran yang bisa kamu dapatkan secara gratis di Appstore atau Playstore.

Hidup dari gaji ke gaji

Kalau kamu nggak bisa membayar tagihan dan menggantungkan hidupmu dari gaji ke gaji, pasti sangat mustahil untuk bisa menabung. Untuk itu, coba ubah kebiasaanmu saat ini dengan berhemat. Kamu bisa memulainya dengan mengirit saat belanja kebutuhan bulanan.

Ingin beli barang tapi selalu jadi rencana

Tanda orang sulit menabung

Buat yang sulit menabung pasti selalu ada keinginan untuk membeli barang. Namun sayangnya, keinginan tersebut seringkali hanya menjadi rencana semata tanpa pernah diwujudkan menjadi kenyataan. Apalagi bila barang yang diinginkan harganya cukup mahal.

Sebenarnya bukan nggak mungkin kamu mendapatkan barang tersebut, tapi karena uangnya sudah terpakai untuk kebutuhan lain, kamu jadi merasa uang yang dimiliki saat ini nggak pernah cukup untuk membeli barang-barang tersebut. Jadi, mau nggak mau kamu harus menunda untuk membelinya.

Barang harga mahal nggak terbeli, tapi malah impulsif

Pada umumnya, orang yang sulit menabung itu pasti sangat mudah mengeluarkan uang untuk membeli berbagai kebutuhan yang nggak direncanakan alias impulsif. Sifat boros seperti ini tentu jadi alasan mengapa hingga saat ini kamu nggak punya tabungan tapi selalu berhasil membeli barang-barang remeh yang sekadar keinginan.

Di lain sisi, kamu justru mengabaikan kebutuhan yang lebih penting karena memang nggak memiliki dana yang cukup. Kalau nggak mau kejadian ini terulang kembali, sebaiknya mulai pisahkan penghasilanmu untuk disimpan ke dalam pos-pos tertentu. Jadi, dengan begini kamu nggak akan pernah kekurangan uang, baik itu untuk belanja kebutuhan pokok atau untuk belanja kebutuhan primer.

Nggak punya dana darurat

manfaat asuransi

Hidup yang nggak selalu berjalan sesuai rencana membuat kita harus memiliki dana darurat. Entah tiba-tiba kamu jatuh sakit dan harus mengeluarkan biaya besar, atau tiba-tiba kena PHK dan nggak dapat pesangon tapi masih harus meyambung hidup. Jika dihadapkan dengan kondisi seperti ini, dana darurat bisa menjadi penyelamat.

Mumpung masih ada waktu, mulailah kumpulkan dana darurat dari sekarang. Kamu bisa menyisihkan minimal 5 sampai 13 persen dari penghasilanmu untuk disimpan di dalam pos dana darurat.

Yang terpenting, usahakan punya dana darurat sebesar 6x gaji dari penghasilanmu saat ini. Jadi, ketika tiba-tiba kamu dihadapkan dengan kondisi mendesak, kamu masih bisa membiayai hidupmu dengan dana darurat tersebut.

Menabung sebenarnya bukan menjadi hal yang sulit jika benar-benar bertekad untuk melakukannya. Agar sukses dengan cepat, kamu perlu menghindari beberapa poin yang telah disebutkan di atas.

Jadi, tunggu apalagi, yuk, mulai sisihkan uang dari sekarang agar kelak impianmu menjadi orang kaya bisa tercapai!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023