Tips Bisnis Hewan Kurban Jelang Idul Adha 2022

Arin
|
October 4, 2024

Tips Bisnis Hewan Kurban Jelang Idul Adha 2022 - Tanpa disadari, Hari Raya Idul Adha 2022 akan segera tiba. Salah satu pemandangan umum yang sering dijumpai menjelang hari perayaan umat muslim yang satu ini adalah para penjual hewan kurban di segala macam tempat.

Bisnis hewan kurban mungkin merupakan salah satu bisnis yang paling menguntungkan menjelang Hari Raya Idul Adha. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan serta minat masyarakat akan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha. 

Kurban merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh umat muslim, bagi mereka yang mampu, sehingga bisnis hewan kurban selalu meraup banyak keuntungan di bulan-bulan menjelang Hari Raya Idul Adha 2022. 

Tips Bisnis Hewan Kurban Jelang Idul Adha 2022

Meskipun memiliki banyak pesaing di pasar, kamu tidak perlu takut tidak memiliki pelanggan. Nyatanya, bisnis hewan kurban tetap menjadi salah satu bisnis yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh para umat muslim, terutama menjelang bulan Dzulhijjah di mana umat muslim akan melakukan kegiatan berkurban pada saat Hari Raya Idul Adha 2022.

Tips Bisnis Hewan Kurban Jelang Idul Adha 2022

Bisnis hewan kurban merupakan bisnis yang sangat menguntungkan, apalagi mengingat bahwa permintaan akan hewan kurban selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Oleh karena itu, banyak pebisnis baru maupun para peternak yang memanfaatkan momentum ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Nah, jika kamu tertarik untuk menjalankan bisnis hewan kurban menjelang Idul Adha, yuk simak tips-tips berikut agar bisnis kamu sukses dan berjalan lancar!

Cari info tentang hewan kurban

Sebelum memulai bisnis hewan kurban, tentunya kamu harus mencari tahu dengan jelas informasi mengenai hewan yang akan dijual. Pastikan bahwa kamu mengetahui dengan betul jenis hewan kurban macam apa yang akan kamu jual dan kondisi hewan tersebut memenuhi persyaratan hewan kurban untuk Idul Adha 2022 secara agama.

Jika kamu bukan seorang peternak, maka kamu juga harus mencari peternak yang terpercaya untuk menyuplai bisnis kamu dengan hewan kurban yang sehat dan layak untuk dijual. Sebelum memutuskan untuk menjual hewan kurban tersebut, pastikan juga bahwa kondisi hewan tersebut sehat secara fisik dan bebas dari penyakit.

Selain itu, pastikan juga bahwa umur hewan tersebut sudah memenuhi persyaratan berkurban, yaitu minimal umur 1,5 tahun. Dengan memastikan hal-hal tersebut, maka kamu bisa menghindari adanya hewan tidak layak kurban pada bisnis hewan kurban milik kamu sehingga bisa meminimalisir kerugian.

Pilih jenis hewan kurban

Setelah memahami informasi dan ketentuan bisnis hewan kurban, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih jenis hewan kurban untuk dijual. Umumnya, masyarakat muslim di Indonesia berkurban tiga jenis hewan ternak pada saat Hari Raya Idul Adha 2022, yaitu domba, kambing, dan sapi.

Tips Bisnis Hewan Kurban Jelang Idul Adha 2022

Tiap hewan tentunya memiliki kisaran harga yang berbeda, dari Rp1 jutaan per ekor untuk domba hingga Rp20 jutaan untuk satu ekor sapi. Oleh karena itu, kamu harus memilih jenis hewan kurban yang sesuai dengan kesanggupan serta modal yang kamu miliki.

Kamu bisa mengamati terlebih dahulu pesaing kamu di pasar dan amati jenis hewan apa yang paling banyak diminati. Cara ini bisa membantu kamu untuk memilih jenis hewan kurban yang tepat sehingga penjualan di bisnis hewan kurban kamu bisa mendatangkan keuntungan.

Promosi secara online

Saat ini, perkembangan teknologi terus membantu banyak pebisnis dalam mempromosikan bisnis mereka. Para pebisnis hewan kurban yang tadinya hanya memanfaatkan spanduk, poster, atau promosi dari mulut ke mulut sekarang sudah bisa menggunakan sosial media untuk mempromosikan bisnis mereka menjelang Hari Raya Idul Adha 2022.

Promosi secara online juga biasanya memerlukan biaya yang jauh lebih sedikit daripada promosi secara langsung. Selain itu, promosi secara online juga memungkinkan kamu untuk menjangkau pasar yang lebih luas sehingga bisa mendatangkan semakin banyak pelanggan ke bisnis hewan kurban milikmu.

Menjual secara online maupun offline

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan saat menjalankan bisnis hewan kurban adalah menjual hewan kurban tersebut. Kamu bisa pertimbangkan penjualan secara online maupun offline, karena keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Penjualan hewan kurban secara offline pada saat Idul Adha 2022 memungkinkan pelanggan untuk memeriksa kondisi hewan kurban secara langsung. Cara ini banyak disukai karena pelanggan bisa bercakap-cakap dengan penjual mengenai hewan yang dijual sebelum mereka memutuskan untuk membeli hewan kurban tersebut.

Tips Bisnis Hewan Kurban Jelang Idul Adha 2022

Sementara itu, bisnis hewan kurban secara online juga banyak diminati karena dianggap lebih praktis. Penjual juga bisa memanfaatkan e-commerce sebagai platform penjualan online dan memanfaatkan segala macam fitur serta promo yang ada untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Nah, setelah membaca tips-tips agar bisnis hewan kurban pada saat Hari Raya Idul Adha 2022 milik kamu berjalan lancar, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Optimalkan Transaksi Penjualan Bisnis Kamu dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi penjualan secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

OY! Bisnis melalui produk OY! Payment Link memungkinkan kamu untuk bisa menyediakan berbagai macam metode pembayaran online serta menerima pembayaran dari berbagai sumber pembayaran seperti transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

Dengan OY! Payment Link, pemilik bisnis bisa membuat sebuah link pembayaran berisi berbagai macam metode pembayaran yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis mereka. Pebisnis pun bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia untuk mengatur masa berlaku link tersebut.

Pelanggan yang menerima link akan diarahkan ke halaman pembayaran untuk membayar sesuai nominal harga barang yang mereka beli. Pemilik bisnis lalu akan menerima notifikasi secara otomatis yang bisa dicek melalui dashboard OY! Bisnis sehingga baik pemilik bisnis maupun pelanggan bisa mendapatkan kenyamanan dalam bertransaksi.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Payment Link agar transaksi bisnis kamu makin meningkat? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023