Tips Memulai Usaha UMKM

Luthfa
|
October 4, 2024

Memulai usaha UMKM memang tidak mudah, tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Dibutuhkan usaha lebih agar bisnis kamu berkembang hingga sukses. Di dalam prosesnya, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan dari awal, mulai dari modal, produk yang dijual, lokasi berjualan, dan lain sebagainya.

Dengan perencanaan yang matang, kamu jadi bisa memulai bisnis lebih terarah, serta siap menghadapi hambatan yang mungkin akan terjadi kelak. Untuk mengetahui hal apa saja yang perlu disiapkan, berikut tips memulai usaha UMKM untuk pemula.

Tips Memulai Usaha UMKM untuk Pemula

Jika ingin memulai usaha, kamu harus siap dengan risiko yang ada karena terkadang hasil tidak sesuai dengan yang diharapkan. Namun dengan kerja keras, semuanya pasti bisa terbayarkan; usaha yang berkembang dan keuntungan yang meningkat.

Oleh karena itu, bagi kamu yang hendak menjalani usaha UMKM, lakukan beberapa tips berikut ini guna membantu upaya kamu dalam memulai usaha dari nol.

Nyali

tips memulai usaha UMKM

Banyak orang yang ingin mulai usaha UMKM tapi takut akan kegagalan. Padahal untuk menjadi seorang pebisnis dibutuhkan nyali yang besar. Keberanian diperlukan pada saat membesarkan bisnis serta menghadapi rintangan yang berliku.

Terkadang pebisnis mudah terlena dengan orderan yang sudah mengalir serta profit yang besar dan sekalinya jatuh, maka langsung terpuruk. Di sinilah nyali tersebut dibutuhkan agar kamu bisa naik kelas.

Pikirkan produk yang ingin dijual

tips memulai usaha UMKM

Kamu mau mulai usaha UMKM tapi masih bingung mau jualan apa? Tentukan saja dari produk yang paling disukai konsumen. Kamu bisa mengetahuinya dari tren yang berkembang saat ini.

Cek media sosial untuk mencari tahu tren terkini sehingga kamu bisa mulai memikirkan pengemasan produknya agar tidak sama persis dengan produk yang sudah ada. Setelah itu, fokuslah pada target konsumen yang ingin diraih, kemudian sesuaikan produk dengan target pasarmu.

Siapkan modal

tips memulai usaha UMKM

Tips memulai usaha UMKM selanjutnya adalah menyiapkan modal. Jika berbicara mengenai modal, banyak orang berpikir kalau sebuah bisnis harus dimulai dengan modal besar, padahal tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar, loh.

UMKM sendiri adalah usaha mikro, kecil, dan menengah sehingga bisa dimulai dengan modal sedikit. Kamu bisa memulainya dari usaha kecil-kecilan di rumah, lalu memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk menggecarkan promosi.

Siasati biaya-biaya yang akan digunakan agar lebih hemat. Selain itu, luangkan waktu untuk mencari vendor yang paling tepat agar mendapatkan bahan baku yang lebih murah tapi dengan kualitas terbaik.  

Fokus pada satu bisnis terlebih dahulu

tips memulai usaha UMKM

Mempunyai banyak usaha UMKM sekaligus memang dapat mendatangkan keuntungan berlipat. Namun, hal ini justru bisa menjadi bumerang untuk kamu yang baru merintis bisnis. Sebab, fokus kamu akan terpecah dan mengakibatkan kerugian.

Lebih baik, mulailah secara perlahan-lahan dan pastikan usaha UMKM yang kamu jalani saat ini benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan lainnya. Jika sudah stabil, barulah buat rencana bisnis selanjutnya.

Terus belajar

tips memulai usaha UMKM

Menjadi seorang pebisnis berarti bersedia untuk menggali ilmu. Teruslah belajar, terutama dari para mentor atau pebisnis lain yang lebih dulu sukses dan pelajari bagaimana cara mereka membangun bisnisnya sampai sesukses sekarang.

Kamu juga bisa mengikuti pelatihan atau seminar. Selain itu, kamu juga harus terbuka dengan krtik maupun masukan dari orang lain. Ini akan sangat berguna untuk mengevaluasi binsis kamu agar terus berkembang.

Penting juga untuk meriset pasar, kompetitor, dan bagaimana karakteristik target pasar yang kamu sasar. Dengan begini, kamu jadi lebih siap dalam membangun usaha UMKM yang diinginkan.

Lancarkan Penjualan Usaha UMKM dengan OY! Bisnis

Setelah mengetahui tips memulai usaha UMKM, kini saatnya kamu memikirkan cara untuk meningkatkan penjualan bisnis UMKM kamu. Nah, jika ingin penjualan UMKM milikmu meningkat, cobalah untuk mengembangkan sistem pembayaran bisnis kamu.

Kamu bisa memulainya dengan bergabung di OY! Bisnis. OY! Bisnis memiliki banyak produk yang akan membantu mengembangkan sistem pembayaran bisnis kamu.

Lewat OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran yang diminati pelanggan. Mulai dari pembayaran secara daring maupun melalui minimarket. Dengan begitu, pelanggan pun akan merasa nyaman bertransaksi di toko kamu sehingga penjualan akan meningkat.

Selain itu, kamu juga dapat menerima pembayaran lebih mudah, cepat, dan efisien. Rekonsilisasi keuangan pun akan lebih praktis karena seluruh catatan transaksi terekam secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Menarik banget, kan? Tunggu apalagi, yuk daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis sekarang juga!


Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023