Beda Virtual Account dengan Transfer Manual

Arin
|
October 4, 2024

Beda Virtual Account dengan Transfer Manual - Seiring dengan berkembangnya platform e-commerce di Indonesia, jumlah pengguna virtual account juga terus bertambah. Orang-orang tampaknya lebih memilih untuk menggunakan virtual account dalam bertransaksi secara online, apalagi di kala pandemi ini. Tetapi apa sih sebenarnya arti virtual account itu?

Virtual Account adalah rekening tidak nyata (virtual) yang berisikan nomor ID pelanggan. Nomor ID tersebut dibuat oleh bank dan digunakan untuk melakukan transaksi. Pelanggan akan mendapatkan satu ID yang biasa disebut sebagai nomor virtual account tiap melakukan satu kali transaksi.

Nomor VA yang diberikan akan bervariasi dan unik untuk setiap customer. Walaupun jika dilihat sekilas nomor virtual account kamu bisa terlihat sama, tetapi jika diperhatikan baik-baik pasti kamu akan menemui perbedaan di satu atau dua nomor.

Beda Virtual Account dengan Transfer Manual

Perbedaan utama antara transfer biasa dengan virtual account adalah adalah kamu harus melakukan konfirmasi pembayaran jika melakukan transfer secara manual. Kamu harus menunjukkan bukti pembayaran dengan cara mengirimkan foto struk transfer atau screenshot halaman M-Banking kamu.

Hal di atas tidak perlu dilakukan jika menggunakan virtual account karena virtual account dibuat untuk memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli, setiap transaksi yang dilakukan akan tercatat secara otomatis. 

Beda Virtual Account dengan Transfer Manual

 

Kamu hanya perlu membayar sesuai nilai tagihan ke nomor virtual account yang kamu dapatkan. Setelah itu kamu akan mendapatkan invoice yang menyatakan kalau pembayaran sudah berhasil dilakukan.

Perbedaan lainnya adalah pembayaran melalui transfer manual harus dilakukan sesuai dengan nomor rekening bank yang akan dituju. Nah, hal seperti itu tidak akan kamu temui saat menggunakan virtual account karena nomor VA-nya pasti akan selalu berubah setiap transaksi.

Apa saja keuntungan memakai virtual account?

Tidak bisa dimungkiri bahwa virtual account memiliki beberapa keuntungan yang lebih disukai pelanggan dan tidak bisa dilakukan dengan transfer biasa. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat jika menggunakan virtual account dalam menerima pembayaran.

Pembayaran lebih praktis

Pelanggan pastinya lebih menyukai pembayaran yang tidak menyulitkan mereka. Virtual account adalah salah satu opsi pembayaran yang paling disukai pelanggan saat berbelanja online. Penjual dan pelanggan tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran jika transaksi lewat virtual account karena datanya akan tercatat secara otomatis.

Beda Virtual Account dengan Transfer Manual

Transaksi tercatat otomatis

Karena setiap transaksi yang masuk akan tercatat secara otomatis di data keuangan virtual account kamu, kamu tidak perlu lagi mencatat secara manual setiap ada transaksi masuk. Selain itu, nomor VA juga akan membantu kamu dalam memonitor siapa pelanggan yang sudah melakukan pembayaran.

Pembayaran dari semua jenis bank

Kelebihan lain dari menggunakan virtual account adalah kamu bisa menerima pembayaran dari bank apa pun. Selain itu pengguna virtual account juga tidak perlu membayarkan admin fee sehingga tergolong jauh lebih murah daripada transfer antar bank biasa yang biasanya membutuhkan admin fee sampai dengan Rp 2.500.

Beda Virtual Account dengan Transfer Manual

Kustomisasi akun

Kamu dapat mengatur virtual account agar sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Opsi pengaturannya pun ada beberapa pilihan, dari mengubah nomor virtual account, limit penerimaan nominal uang, serta berapa kali penggunaan akun tersebut.

Apa saja bank yang menyediakan layanan virtual account?

Saat ini, hampir semua Bank di Indonesia menyediakan layanan virtual account. Mulai dari Bank BNI, BRI, Mandiri hingga BCA, semuanya menghadirkan pembayaran melalui virtual account. 

Pembayaran ini bisa dilakukan dengan cara transfer ATM, transfer iBanking serta transfer mBanking. Untuk langkah-langkah detailnya bisa kamu cek di panduan layanan VA masing-masing bank.

Bagaimana? Setelah mengetahui arti virtual account dan penjelasan lainnya apakah kamu tertarik untuk menggunakan virtual account untuk mempermudah transaksi bisnismu?

Permudah Transaksi Bisnis agar Penjualan Makin Sukses Hanya dengan OY! Bisnis 

OY! Bisnis menawarkan berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. OY! Virtual Account adalah fitur yang menawarkan layanan VA dari berbagai macam bank di Indonesia sehingga memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi pembayaran.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kalian lakukan untuk membuat nomor virtual account di OY! Bisnis.

  1. Login melalui https://business.oyindonesia.com/register
  2. Masuk ke menu Virtual Account, klik ‘Create Virtual Account’
  3. Pastikan info data diri sudah benar, lalu klik ‘Lanjut’ ke ‘Pembayaran’ dan ‘Add Virtual Account Detail Manually’
  4. Lengkapi kolom yang ada untuk pembuatan VA
  5. Klik ‘Validate’, pastikan muncul tanda ‘No Invalid Input’ sebelum klik submit
  6. Virtual Account kamu sudah selesai dibuat dan bisa dibagikan ke pelanggan

OY! Virtual Account ini tentunya akan sangat berguna untuk kamu yang ingin menambah tingkat penjualan bisnis kamu. Setiap transaksi yang kamu lakukan akan tercatat secara otomatis dan bisa kamu pantau di dashboard. Selain itu, kamu juga dapat menerima pembayaran secara real time, bahkan di hari libur.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Bisnis agar bisnis kamu makin sukses? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023