Waktu yang Tepat Menggunakan Dana Darurat

Luthfa
|
October 4, 2024

Waktu yang Tepat Menggunakan Dana Darurat - Dana darurat penting dimiliki oleh semua orang. Pasalnya, dana darurat bisa menjadi penyelamat di saat waktu mendesak. Mumpung keadaan finansial sedang sehat-sehatnya, kamu bisa mengumpulkan dana darurat dari sekarang.

Besarannya pun dapat ditentukan dari kemampuan finansialmu. Namun idealnya dana darurat diambil dari 10 persen total penghasilanmu tiap bulan.

Nantinya, dana darurat hanya boleh digunakan untuk keperluan penting. Kalau hanya ingin sebatas membeli handphone baru atau motor baru, jangan gunakan dana darurat. Supaya dana darurat tak dialihfungsikan, sebaiknya simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Dana Darurat

Dana darurat akan membuat hidup seseorang menjadi lebih aman dan mudah. Tak hanya itu saja, kesehatan finansialmu juga akan lebih terjaga karena kamu telah menyiapkan dana khusus yang akan digunakan sewaktu dihadapkan dengan keadaan genting. Jadi, uang bulananmu dan tabunganmu nggak akan terganggu. Berikut manfaat yang akan kamu dapatkan dengan memiliki dana darurat.

Lebih hemat

Waktu yang Tepat Menggunakan Dana Darurat

Bukan tanpa alasan dana darurat bisa bikin seseorang menjadi lebih hemat. Pasalnya, kamu memiliki kewajiban menyisihkan uang untuk kebutuhan yang lebih penting sehingga alokasi dana untuk belanja pun jadi berkurang. Kalau pun ada barang yang ingin dibeli di luar kebutuhan pokok, kamu butuh waktu untuk menabungnya terlebih dahulu.

Memudahkan mengatur perencanaan keuangan

Waktu yang Tepat Menggunakan Dana Darurat

Jika sudah menargetkan untuk menabung dana darurat setiap bulan, kamu pasti jadi penuh perhitungan untuk mengepos uang pada masing-masing kebutuhan lainnya. Dengan begitu, perencanaan keuanganmu akan jadi semakin terencana dan teratur.

Lebih disiplin

remittance

Bagi yang punya dana darurat umumnya punya sifat dasar yang cenderung bisa menahan keinginan belanja. Sebab, jika sudah terbiasa mengalokasikan dana untuk dana darurat, kamu jadi pasti jadi lebih disiplin dalam mengatur keuangan.

Waktu yang Tepat Menggunakan Dana Darurat

Namanya juga dana darurat pasti digunakan untuk kebutuhan darurat. Jadi, kalau belum merasa punya keperluan mendesak, sebaiknya simpan alokasi dana ini sampai waktu yang benar-benar dibutuhkan. Berikut waktu yang tepat menggunakan dana darurat.

Biaya pengobatan

Memang, sih, dalam hal ini kamu lebih butuh polis asuransi. Selain bisa melindungi saat sakit, asuransi juga bisa menjaga keuangan tetap sehat saat terkena risiko penyakit. Namun faktanya, nggak semua perusahaan asuransi bisa meng-cover seluruh biaya kesehatan.

Apalagi, bila premi yang dibayarkan nggak besar, ujung-ujungnya kamu harus mengeluarkan biaya tambahan sendiri. Nah, kalau kamu butuh biaya pengobatan yang nilainya sangat besar dan polis asuransi nggak menanggungnya, kamu bisa menggunakan dana darurat yang kamu punya.

Renovasi rumah

Sebagai tempat tinggal, rumah memang harus selalu dalam kondisi yang layak huni. Sayangnya, dalam kurun waktu 7 sampai 10 tahun, rumah harus direnovasi mengingat pondasinya yang nggak sekokoh seperti awal berdiri. Biasanya, dalam waktu tersebut, beberapa bagian rumah telah mengalami retak pada dinding atau atapnya yang sudah bocor.

Jika sudah begini, mau nggak mau kamu harus mengucurkan bujet besar untuk merenovasi rumahmu. Menggunakan uang tabungan memang bisa, tapi apakah cukup untuk merenovasi semua bagian rumahmu yang rusak? Di saat kondisi inilah, kamu membutuhkan dana darurat. Untuk itu, mulailah siapkan dana darurat untuk kebutuhan genting seperti ini.

Jadi korban bencana alam

Waktu yang Tepat Menggunakan Dana Darurat

Siapa, sih, yang bisa menebak datangnya bencana? Nggak ada satu pun orang yang bisa menebaknya dan nggak ada pula orang yang tahu bagaimana nasib ke depannya. Di sinilah fungsi dari dana darurat yang sudah dikumpulkan selama bertahun-tahun.Gunakan dana darurat sampai kondisi finansial dan kehidupanmu pulih. Kalau pun harus digunakan sampai habis, nggak masalah, kok. Sebab, kamu bisa mengumpulkannya lagi setelah semuanya kembali normal seperti semula.

Terkena PHK

Meski kondisi PHK itu darurat, tapi kamu nggak bisa langsung menggunakan seluruh dana darurat untuk menopang kehidupanmu ke depannya. Hal ini karena biasanya karyawan yang terkena PHK akan mendapatkan pesangon yang jumlahnya bisa dibilang cukup besar.

Jadi, kalau kamu masih membiayai hidupmu dengan uang pesangon tersebut sampai mendapatkan pekerjaan kembali, jangan gunakan dana darurat. Perlu diingat bahwa dana darurat hanya boleh dikeluarkan saat uang pesangonmu benar-benar habis dan kamu belum mendapatkan pekerjaan kembali.

Nah, karena semua hal bisa terjadi kapan saja, mulailah untuk menyiapkan dana darurat dari sekarang. Jadi, sudahkah kamu mengumpulkan dana darurat?

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023