Apa Sih Untung Rugi dari Pulsa Prabayar?

Shafira
|
May 3, 2021

Setiap jenis telepon genggam membutuhkan kartu SIM perdana. Tanpa kartu ini, kamu nggak akan bisa menggunakan layanan seluler yang disediakan oleh telepon genggam milikmu.

Kartu SIM (Subscriber Identity Module) merupakan kartu berukuran kecil yang disimpan di dalam telepon genggam. Di dalam kartu SIM, tersimpan nomor ponsel, informasi operator, informasi penagihan, dan buku alamat sebagai kunci pengenal dari provider jasa telekomunikasi.

Nah, terdapat dua layanan kartu SIM perdana yang dapat kamu pilih dari provider jasa telekomunikasi, yaitu kartu prabayar dan pascabayar. Jenis kartu yang lumrah digunakan adalah kartu prabayar. Apa itu kartu prabayar? Apa saja untung dan rugi pulsa prabayar ini? Berikut ulasannya.

Apa itu Kartu Prabayar?

Untung Rugi Pulsa Prabayar

Kartu prabayar disadur dari kata ‘prepaid’ dalam bahasa Inggris yang artinya adalah 'membayar lebih dahulu'. Hal ini dapat diartikan bahwa konsep penggunaan kartu prabayar adalah kita harus membeli voucher pulsa dengan nominal tertentu agar dapat menikmati layanan dari jaringan provider.

Intinya, kartu prabayar hanya bisa digunakan apabila kartu itu sudah diisi dengan sejumlah nominal pulsa atau paket data. Bila pulsa mencukupi, kamu bisa menggunakannya untuk menelepon, SMS atau mengakses layanan internet. Jadi, kamu baru bisa memakai kartu prabayar setelah pulsa terisi.

Keuntungan dari Kartu Prabayar

Apa Untung Rugi Pulsa Prabayar

Kartu prabayar memiliki beberapa keuntungan yang bisa kamu nikmati. Kartu ini juga bisa dibilang lebih murah dalam segi biaya dibandingkan dengan kartu pascabayar. Mari simak keuntungannya di bawah ini:

Pendaftaran Kartu yang Mudah

Untuk mendaftarkan dan mengaktifkan kartu prabayar, kamu cukup melakukan registrasi yang simpel dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan melengkapi data diri yang dibutuhkan. Proses registrasi nggak membutuhkan waktu lama. Kamu dapat melakukannya di konter penjual kartu SIM atau dapat melakukannya secara mandiri.

Fleksibilitas dalam Pengisian Nominal Pulsa

Kelebihan dari kartu prabayar adalah kamu bebas mengisi pulsa dengan nominal berapa saja dan kapan saja. Ketika pulsa nggak mencukupi, kamu bisa langsung isi pulsa lewat layanan agen pulsa, m-banking, layanan e-wallet atau fintech, e-commerce, minimarket, dan juga melalui mesin ATM.

Bisa Ganti Nomor Kapan Saja

Berbeda dengan kartu pascabayar, kamu nggak terikat kontrak apa pun saat menggunakan kartu prabayar. Jika kamu ingin mengganti nomor ponselmu, kamu dapat melakukannya kapan saja tanpa harus melapor ke provider.

Kerugian Kartu Prabayar

Pulsa Terbatas

Kerugian dari kartu prabayar adalah pulsa yang terbatas. Ketika kamu membeli pulsa, kamu hanya akan menerima besar pulsa sesuai dengan nominal yang dibeli. Kalau pulsa sudah habis, kamu harus mengisinya kembali. Hal ini nggak seperti dengan kartu pascabayar yang memiliki pulsa nggak terbatas tanpa perlu isi pulsa dulu.

Penggunaan Berlebih

Bagi kamu yang harus berkomunikasi atau browsing internet setiap saat, pemakaian kartu prabayar dapat menjadi sangat boros. Tingginya pemakaian dapat menyebabkan kamu sering mengisi pulsa atau membeli paket data setiap saat. Akhirnya pengeluaran akan membengkak bila kamu nggak bisa mengontrol pemakaian.

Nomor Dapat Hangus

Kartu prabayar memiliki suatu masa aktif yang ditentukan oleh provider. Apabila kartu tersebut nggak terisi pulsa atau paket data dalam jangka waktu tertentu, maka nomor tersebut akan hangus atau nggak bisa dipakai lagi. Oleh karena itu, kamu perlu rajin mengecek sisa nominal dan masa aktif dari pulsa atau paket datamu. Kamu dapat mengeceknya melalui layanan operator.

Begitulah penjelasan mengenai kartu prabayar. Kartu ini memiliki karakteristik tersendiri dan memang lebih diminati oleh masyarakat karena cenderung lebih praktis karena nggak terikat kontrak seperti kartu pascabayar.  Kamu hanya perlu aktifkan kartumu dan beli pulsa untuk menggunakan layanannya. Artikel mengenai untung rugi pulsa prabayar ini bisa dijadikan sebagai acuan bagi kamu untuk menentukan jenis kartu mana yang cocok denganmu.

Saat ini, kamu juga dapat beli pulsa atau paket data melalui aplikasi OY! lho. Proses pembeliannya cepat dan praktis tanpa perlu ke luar rumah. Kamu juga bayar tagihan pulsa pascabayar dan nikmatin serangkaian fitur-fitur transaksi keren lainnya. Unduh aplikasinya dan daftarkan dirimu sekarang di OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023