Bagaimana Cara Transfer Antar Bank Gratis Menggunakan Smartphone?

Mutia
|
May 3, 2021

Saat kamu transfer uang antar bank, hal yang paling menyebalkan biasanya adalah membayar biaya admin karena saldo di rekening jadi terpotong.

Jika dihitung, rata-rata biaya transfer antar bank di Indonesia adalah Rp6.500. Nah, kalau dalam seminggu kamu transfer antar bank sampai 10 kali, berarti saldomu bakal terpotong sebesar Rp65 ribu! Nominal ini mungkin nggak terlalu terasa untuk jangka pendek, tapi lama kelamaan kamu akan menyadari bahwa biaya admin ini membebankanmu.

Mungkin sekarang kamu jadi bertanya-tanya, kira-kira apa ya solusi terbaik untuk mengatasi biaya admin saat transfer antar bank? Tenang, sekarang sudah ada loh beberapa pilihan aplikasi fintech yang memberikan layanan transfer gratis. Salah satunya OY! Indonesia yang sudah ada sejak 2017. Bagi kamu yang penasaran tentang aplikasi buatan anak bangsa ini, yuk cari tahu penjelasannya di bawah ini!

Cara Transfer Gratis

cara transfer gratis

OY! Indonesia adalah salah satu aplikasi fintech yang menyediakan fasilitas transfer antar bank tanpa biaya ke lebih dari 100 bank. Dengan beberapa fasilitas transaksi yang berbeda, aplikasi ini cocok banget untuk kamu yang sedang mencari solusi biaya admin yang selama ini membuat saldomu berkurang perlahan.

Untuk melakukan transfer, OY! menggunakan virtual account yang dibuat di bank yang sama dengan bank yang nasabah miliki sebagai sumber dana. Lalu, pengiriman dana akan dilakukan melalui VA ke rekening tujuan.

Jika kamu akan mengirimkan sejumlah uang dari bank Mandiri ke bank BCA, kamu akan melakukan transfer ke rekening VA OY! yang sudah terdaftar di bank Mandiri tanpa biaya karena merupakan bank yang sama. Setelah itu, uang akan ditransfer oleh OY! ke rekening tujuanmu di BCA.

Perizinan OY! Indonesia

cara transfer gratis

Kalau kamu tertarik menggunakan aplikasi untuk menghindari biaya admin,  kamu harus pastikan perizinannya terlebih dahulu. OY! Indonesia sudah terdaftar dan terlisensi di Bank Indonesia sebagai penyelenggara teknologi finansial untuk salah satu sistem pembayaran di Indonesia. Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau ingin menggunakan aplikasi OY!

Melakukan Transfer Antar Bank di OY!

cara transfer gratis

Sebelum kamu dapat transfer tanpa biaya admin, kamu harus mendaftakan diri terlebih dahulu. Kamu dapat mengunduh aplikasi OY! di App Store maupun di Google Playstore. Kamu akan diminta untuk memverikasi nomor ponselmu dan membuat MPIN untuk keamanan selama menggunakan aplikasi tersebut.

Setelah berhasil mendaftarkan diri, klik fitur Transfer Uang dan pilih jenis transfer yang ingin kamu lakukan. Untuk mengirim uang antar bank di Indonesia, klik transfer lokal.

Lalu masukkan data penerima uang yang bisa kamu ambil dari daftar kontak di ponselmu atau membuat penerima baru jika belum ada di kontakmu. Kamu hanya perlu mengisi nama bank, nomor rekening, nomor telepon dari penerima uang. Setelah itu kamu harus memastikan bahwa nomor rekening yang dipilih sudah sesuai dengan yang kamu inginkan.

Untuk nominal yang dapat ditransfer paling sedikit Rp10.000 dan maksimum jumlah per transfer sebesar Rp100.000.000 dan Rp400.000.000 untuk maksimum akumulasi transfer per harinya!

Jika kamu sudah menentukan jumlah uang yang kamu akan transfer, kamu akan diminta untuk memilih metode transfer yaitu Debit Card atau Virtual Account. Seperti yang sudah disebutkan di atas, transaksi menggunakan VA nggak akan dikenakan biaya, sedangkan jika menggunakan Debit Card akan dikenakan Rp2.500. Saat proses transfer sukses, OY! akan mengirimkan bukti transfer di aplikasi.

Sekarang kamu nggak perlu ke ATM dan merasa terbebani oleh biaya admin. Agar kamu bisa berhemat dan menikmati layanan transfer antar bank gratis, segera download aplikasi OY sekarang juga!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023