Benarkah Stasiun Gambir Tidak Lagi Layani Perjalanan KA Jarak Jauh?

Arin
|
June 8, 2022

Benarkah Stasiun Gambir Tidak Lagi Layani Perjalanan KA Jarak Jauh? - Beredar kabar burung di media sosial yang menyatakan bahwa Stasiun Gambir akan segera berhenti melayani perjalanan kereta api jarak jauh atau antar kota.

Kabar ini tentunya menimbulkan berbagai macam reaksi dari masyarakat, terutama mereka yang kerap menggunakan transportasi kereta api pada saat melakukan perjalanan keluar maupun dari kota Jakarta.

“Stasiun gambir jangan pensiun yaa please banget. Stasiun paling enak di jkt, paling pw juga. Pas turun dari taksi atau mobil langsung masuk ga bingung nyari pintu masuknya, pas mau ke kereta tinggal naik trus sat set sat set mana banyak makanan juga. The best lah,” tulis pengguna @sequoiaa28 di Twitter.

Selain itu, beberapa pengguna media sosial juga menyayangkan jika kabar ini memang benar, karena Stasiun Gambir dianggap sebagai salah satu stasiun dengan fasilitas lengkap dan nyaman.

Stasiun Gambir juga dikenal banyak orang, terutama mereka yang berasal dari luar kota, dan dianggap sebagai salah satu ikon Kota Jakarta karena letaknya yang strategis sekaligus merupakan stasiun utama yang melayani perjalanan antar kota, dari luar Jakarta ke Jakarta.

Menanggapi rumor yang beredar dengan cepat di media sosial, pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun langsung membantah kabar burung tersebut. Melalui VP Public Relations PT KAI (Persero), Joni Martinus, pihak PT KAI menegaskan kabar bahwa Stasiun Gambir sampai saat ini masih akan beroperasi seperti biasa.

Menurutnya, Stasiun Gambir masih akan melayani perjalanan kereta api jarak jauh hingga saat ini. Namun, dia juga menambahkan bahwa di waktu kedepan mungkin akan ada rencana alih fungsi Stasiun Gambir.

Hal ini dikarenakan pemerintah sedang menggarap proyek Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang dan berencana untuk menjadikan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral yang nantinya akan melayani berbagai macam perjalanan kereta, baik kereta jarak jauh, KRL, hinggi kereta api ke Bandara.

“Tentu KAI mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. KAI masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), untuk hal tersebut,” ujar Joni di keterangannya pada hari Selasa, 7 Juni 2022 kemarin.

Meskipun begitu, dikarenakan proyek DDT masih belum rampung, maka Joni menegaskan bahwa untuk saat ini layanan perjalanan kereta api di Stasiun Gambir masih berjalan dengan normal tanpa adanya perubahan.

Oleh karena itu, masyarakat yang sudah membeli tiket kereta api jarak jauh tidak perlu khawatir karena Stasiun Gambir masih akan melayani perjalanan kereta api jarak jauh sampai waktu yang belum ditentukan.

Joni juga menyampaikan bahwa jika nanti Stasiun Gambir akan dialihkan fungsi, maka pihak PT KAI pasti akan membagikan informasi serta melakukan sosialisasi secara masif terhadap masyarakat terlebih dahulu.

Nah, itulah pernyataan dari pihak PT KAI mengenai kabar yang mengatakan jika Stasiun Gambir tidak akan melayani perjalanan kereta jarak jauh lagi. Bagaimana menurutmu?

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023