Cara Mencegah Online Fraud dalam Bisnis Anda

Luthfa
|
May 3, 2021

Kecanggihan teknologi yang sering disalahgunakan menyebabkan tindak kejahatan dalam bisnis online meningkat. Salah satu yang paling sering dialami oleh para pebisnis adalah terjadinya fraud atau tindak kecurangan yang dilakukan oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Fraud biasanya lebih sering dialami oleh para pebisnis berskala kecil karena kurangnya sumber daya dalam melakukan pengawasan. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan besar juga bisa mengalami tindak kecurangan.

Perusahaan yang mengalami fraud bisa mengalami hambatan, baik hambatan finansial atau pun yang bersifat kultural. Untuk itulah, tindak kejahatan ini harus segera dicegah. Namun, pencegahan fraud juga harus diperhatikan, jangan sampai terjadi gesekan saat mengoptimalkan sistem pengawasan.

Dalam melakukan langkah pencegahan fraud, pemilik bisnis harus mampu melindungi perusahaan dan pelanggan serta menjaga agar pelanggan tetap dapat berinteraksi dengan mudah dan cepat. Supaya hal tersebut bisa terwujud, berikut cara mencegah online fraud yang terbukti efektif.

Memperketat pelaksanaan SOP

cara mencegah online fraud dalam bisnis Anda

Untuk mencegah terjadinya online fraud, pemilik bisnis harus memperketat pelaksanaan SOP perusahaan. Pastikan karyawan tidak melewatkan prosedur yang telah ditetapkan sebab pengabaian SOP yang dilakukan oleh karyawan dapat mengakibatkan perusahaan tidak terkendali sehingga meningkatkan risiko terjadinya fraud.

Maka dari itu, Anda sebagai pemilik bisnis harus mewajibkan karyawan untuk bersikap disiplin dan menjalankan tugas sesuai dengan SOP. Dengan begini, tindakan kecurangan dapat lebih mudah terdeteksi.

Menggunakan software yang accountable

cara mencegah online fraud dalam bisnis Anda

Penggunaan software juga bisa dijadikan cara untuk mencegah online fraud dalam bisnis Anda. Namun, software yang digunakan harus memiliki dua syarat. Syarat yang pertama adalah software harus terintegrasi satu sama lain pada internal perusahaan guna mempercepat transfer data dan pengawasan data.

Sedangkan syarat yang kedua adalah adanya jaminan dokumen penting. Artinya, software yang digunakan harus mampu menjaga kepentingan perusahaan serta membangun akuntabilitas secara efisien.

Mengoptimalkan pengawasan

cara mencegah online fraud dalam bisnis Anda

Tidak hanya memperketat SOP, Anda juga harus melakukan pemantauan terhadap sistem pengendalian internal secara berkala. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengetahui di mana letak kelemahannya (celah yang memungkinkan terjadinya fraud) dan memperbaiki efektivitas pengendalian tersebut.

Lakukan aktivitas pengendalian

cara mencegah online fraud dalam bisnis Anda

Aktivitas pengendalian selama transaksi berlangsung harus disesuaikan dengan perubahan situasi. Anda juga perlu mengidentifikasi sejumlah dokumen serta catatan yang umumnya digunakan dalam proses transaksi. Prosedur pengendalian ini tentunya akan membantu Anda sebagai pebisnis untuk menghindari fraud.

Menghindari sistem IT yang terpisah-pisah

cara mencegah online fraud dalam bisnis Anda

Dalam menjalankan bisnis online, usahakan agar tidak menggunakan sistem IT yang terpisah-pisah. Sebab hal tersebut dapat menghambat konsolidasi data dari berbagai sumber sehingga meningkatkan potensi terjadinya fraud.

Untuk menghindari skenario di atas, perusahaan harus berinvestasi hanya pada solusi fraud yang dapat disesuaikan dengan mudah dan mampu terintegrasi secara penuh terhadap seluruh area operasional bisnis. Dengan fokus terhadap solusi fraud, hal ini memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap tindak penipuan yang terus berubah.

Bergabung dengan Payment Getaway Terlengkap

Solusi lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya online fraud adalah bergabung dengan payment getaway terlengkap seperti OY! Bisnis

. Sebagai salah satu payment getaway terlengkap di Indonesia, OY! Bisnis akan membantu meningkatkan sistem pembayaran bisnis Anda sehingga meminimalisasi terjadinya tindak kecurangan dan bisnis online.

Dengan peningkatan sistem pembayaran secara digital, Anda dapat sekalian meningkatkan engagement terhadap konsumen. Kecanggihan sistem pembayaran yang Anda tawarkan akan membuat konsumen percaya terhadap bisnis online Anda.  

Oleh karena itu, mari daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis dan nikmati kenyamanan dan keamanan dalam menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023