Hindari Berbagai Modus Penipuan yang Mengatasnamakan OY! Indonesia

Muthia
|
July 7, 2023

Sebagai perusahaan jasa keuangan berbasis teknologi yang menyediakan solusi inovatif, OY! Indonesia selalu siap sedia membantu manajemen keuangan bisnis Anda. Namun, sayangnya, beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab sering kali mencoba memanfaatkan nama baik OY! Indonesia untuk melakukan tindakan penipuan yang merugikan banyak pihak. 

Maraknya penipuan yang terjadi di masyarakat rasanya seperti tidak dapat dipungkiri bahwa aktivitas tersebut sering kali berasal dari kegiatan yang dekat dengan sehari-hari. Waspada berbagai penipuan yang berpotensi terjadi, mulai dari aktivitas pemasaran melalui media sosial hingga penjualan palsu di toko online. Simak bentuk-bentuk penipuan yang sering kali terjadi.

1. Penjualan Palsu di Toko Online

Modus penipuan saat belanja di toko online bukan hal yang asing, namun banyak orang yang masih sering kali belum dapat membedakan toko resmi dan tidak resmi ketika berjualan. Oleh karenanya, penting untuk tetap waspada sebelum melakukan transaksi apapun, termasuk memastikan toko tidak terdapat tanda-tanda tidak resmi, seperti mematikan kolom komentar, aktif berjualan tanpa testimoni yang valid maupun ulasan transaksi yang tidak menyenangkan, hingga sering terindikasi perubahan akun.

2. Modus Pemasaran dengan Sistem Referral Marketing

Referral marketing atau pemasaran dengan sistem rujukan sering kali terjadi di media sosial. Adanya aktivitas menggunakan metode pemasaran ini sering kali cenderung membawa keuntungan, namun juga kerap disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Umumnya, metode pemasaran ini dilakukan untuk menawarkan promo yang sedang berjalan yang dikemas dengan kode referral. 

Pada praktiknya, kode referral akan didapatkan ketika seseorang membagikan tautan link maupun kode unik referral untuk berbelanja. Aktivitas ini menjadi berbahaya ketika seseorang membuat akun palsu dan merujuk diri mereka sendiri untuk menggunakan promosi yang tersedia. Karenanya, Anda diperlukan untuk tetap awas dengan segala bentuk aktivitas jual-beli yang berlangsung di media sosial. 

3. Investasi Palsu

Tidak hanya aktivitas jual-beli, kegiatan transaksi investasi palsu juga menjadi salah satu sorotan dalam isu penipuan yang menjamur di masyarakat. Karenanya, selain tetap waspada pada tanda-tanda akun atau informasi palsu, juga penting untuk Anda tidak membagikan segala bentuk informasi pribadi utamanya yang berkaitan dengan akun-akun transaksi milik pribadi.

Dengan berbagai macam bentuk penipuan yang terjadi, kami ingin mengingatkan Anda untuk selalu berhati-hati terhadap segala bentuk aktivitas yang berpotensi tindak penipuan mengatasnamakan OY! Indonesia. Dalam rangka bentuk preventif, cek langkah-langkah berikut untuk membantu Anda dalam menghindari berbagai potensi penipuan.

Jangan pernah memberikan informasi pribadi Anda

Dengan maraknya kasus penipuan yang terjadi dengan mengatasnamakan OY! Indonesia, Anda dihimbau untuk tidak memberikan informasi pribadi Anda, seperti nomor rekening dan password kepada pihak yang tidak dikenal atau mencurigakan.

Pastikan Informasi Berasal dari Situs Resmi

Hati-hati dalam menerima informasi yang tidak berasal dari akun resmi OY! Indonesia. Pastikan selalu keamanan Anda dengan cek segala bentuk informasi melalui akun resmi kami pada media sosial maupun situs OY! Indonesia pada www.oyindonesia.com.

Periksa Kembali Aktivitas Transaksi 

Sebelum melakukan pembayaran, Anda juga selalu dihimbau untuk selalu memastikan notifikasi yang masuk dan muncul pada layar handphone Anda. Pastikan bahwa segala bentuk aktivitas transaksi yang Anda lakukan berasal dari akun yang resmi. 

Lapor Customer Service 

Jangan ragu untuk menghubungi customer service kami apabila Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan dalam menggunakan layanan kami ataupun menemukan informasi yang tidak sesuai dengan OY! Indonesia.

OY! Indonesia selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan setiap klien kami, oleh karena itu layanan customer service siap membantu serta Anda dapat menghubungi kami melalui nomor telepon call center di nomor (021) 3972 2252, mau pun WhatsApp di nomor 085921809115 ataupun alamat e-mail di customerservice@oyindonesia.com.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023