Inilah Jasa Transfer Uang Aman Tanpa Rekening

Shafira
|
May 3, 2021

Di era internet yang terus berkembang luas, menjadikan pelayanan publik pun bisa dilakukan dengan secara daring. Dengan memiliki rekening bank, mengirim uang akan terasa lebih mudah. Tapi bagaimana jika kamu nggak punya rekening bank? Jangan panik. Layanan perbankan kini bisa dilakukan tanpa nasabah harus memiliki rekening. Kamu bisa mengirim uang tanpa harus memiliki rekening bank. Apa saja jasa transfer uang aman tanpa rekening itu? Berikut ulasannya.

Transfer Tanpa Rekening Bank

Setoran Tunai di Bank

Cara transfer ini dapat kamu lakukan di bank walaupun kamu nggak punya rekening bank tersebut. Kamu tetap bisa mengirim uang melalui cara setor tunai di bank. Tahapan yang perlu kamu lakukan pun sangat mudah.

Pertama, kamu datang ke bank yang sesuai dengan jenis rekening yang akan kamu kirimi uang. Setelah itu, kamu ambil nomor antrian dan tunggu hingga giliranmu dipanggil. Sambil menunggu dipanggil, kamu bisa mengisi formulir setor tunai yang tersedia. Data yang harus diisi biasanya adalah nama bank, nomor rekening tujuan, jumlah uang yang dikirim, serta tanda tangan. Kamu juga bisa menuliskan tujuan kamu mengirim uang ini di kolom Berita.

Jika giliranmu sudah dipanggil, kamu cukup menyerahkan formulir yang telah diisi dan uang yang yang akan kamu kirimkan kepada teller bank. Tunggu hingga teller kembali menyerahkan bukti transaksi sebagai bukti bahwa uang berhasil dikirim ke rekening tujuan.

Transfer Lewat Minimarket Tanpa Rekening

Melalui Minimarket

Siapa kira minimarket hanya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari saja? Kamu juga bisa mengirim uang tanpa perlu memiliki rekening lho melalui minimarket. Hal yang perlu kamu siapkan adalah kartu identitas diri (KTP/SIM) dan membawa jumlah uang yang hendak kamu kirim.

Kamu dapat mengunjungi gerai minimarket terdekat seperti Alfamart untuk melakukan transfer. Beritahu kasir bahwa kamu ingin transfer uang, maka kasir akan memberikan formulir transfer uang untuk kamu isi dengan data-data diri dan penerima uang.

Uniknya, kamu bisa menggunakan uang  pecahan untuk transfer. Limit transfer minimarket dipatok mulai dari batas minimum Rp10.000 hingga batas maksimum Rp5.000.000. Jika kamu membutuhkan transfer jumlah besar, maka kamu harus beralih ke setor tunai bank.

Setelah mengisi formulir, berikan uang dan formulir tersebut kepada kasir. Jangan lupa untuk meminta kode MTCN (Money Transfer Control Number) agar si penerima uang dapat mencairkan uang yang kamu kirimkan.

Transfer Lewat Kantor Pos Tanpa Rekening

Layanan Wesel Pos dari Kantor Pos Indonesia

Selain untuk mengirimkan surat dan paket, Kantor Pos juga dapat kamu manfaatkan sebagai sarana pengiriman uang tanpa rekening. Layanan transfer uang ini disebut sebagai wesel. Terdapat beberapa jenis wesel yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhanmu, yakni Weselpos Instan, Weselpos Korporat/Kemitraan, Weselpos Cash to Account, dan Weselpos Prima.

Weselpos Instan merupakan layanan wesel tercepat dan diproses real time. Sementara Weselpos Korporat merupakan bentuk layanan transfer uang yang bekerja sama dengan pihak lain. Wesel berjenis ini kerap digunakan untuk perusahaan atau korporasi. Lalu Weselpos Cash to Account mirip dengan cara kerja setor tunai di bank. Dan yang terakhir Weselpos Prima merupakan layanan pengiriman uang yang menggunakan surat pemberitahuan (RS-2).

Uang yang dikirimkan melalui Weselpos dapat dicairkan di cabang Kantor Pos mana saja. Opsi ini juga memiliki jangkauan transfer yang luas karena di setiap penjuru Indonesia memiliki Kantor Pos sehingga kamu dapat menggunakannya untuk mengirimkan uang kepada penerima uang yang tinggal di daerah yang sulit dijangkau.

Transfer Aman Lewat E-wallet Tanpa Rekening

Aplikasi E-Wallet

Aplikasi ini makin booming di kalangan anak muda karena penggunaannya sangat simpel dan praktis. Aplikasi dompet digital atau e-wallet nggak mengharuskan kamu untuk memiliki rekening bank terlebih dahulu. Kamu cukup menghubungkan nomor ponsel yang aktif dengan aplikasi tersebut. Biasanya, aplikasi e-wallet ini menggunakan konsep rekening virtual (Virtual Account) sehingga rekening tersebut hanya ada di dalam ruang lingkup aplikasi tersebut.

Untuk melakukan transfer, kamu harus melakukan top up saldo e-wallet terlebih dahulu. Setelah saldo e-wallet terisi, kamu dapat mengirimkan uang tanpa rekening hanya dengan menggunakan nomor ponsel penerima uang sebagai nomor tujuan transfer. Uang yang dikirim beserta biaya transfer akan dipotong langsung dari saldo e-wallet milikmu.

Transfer uang aman kini dapat dilakukan tanpa harus memiliki rekening bank terlebih dahulu. Layanan perbankan terus memberikan produk-produk perbankan yang inovatif dan solutif untuk menjawab kebutuhan finansial para masyarakat. Terlebih lagi, masyarakat menaruh minat besar kepada aplikasi e-wallet karena kepraktisannya dalam melakukan transfer uang.Sebagai salah satu aplikasi penyedia jasa transfer uang aman, OY! memiliki sarana perbankan yang lengkap mulai dari transfer uang antar bank hingga layanan top up saldo e-wallet lho. Di aplikasi ini, kamu juga akan bebas dari biaya admin bank sehingga setiap transaksi kamu gratis nggak dipungut biaya. Unduh aplikasinya dan daftarkan dirimu sekarang di OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023