Jejak Karier T.O.P Selama 16 Tahun Menjadi Member BIGBANG

Atia Tobing
|
February 7, 2022

Jejak Karier T.O.P Selama 16 Tahun Menjadi Member BIGBANG - Setelah 16 tahun berkarier sebagai BIGBANG member, T.O.P resmi tidak memperpanjang kontrak dengan YG Entertainment, salah satu dari empat agensi terkemuka di Korea Selatan yang bergerak di bidang entertainment. Keputusan T.O.P untuk keluar dari agensi ini diumumkan oleh pihak YG Entertainment.

"T.O.P akan mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan YG Entertainment dan selanjutnya akan berkarier sebagai artis dan pebisnis," tulis YG Entertainment yang dikutip dari Tenasia via Naver pada Senin (7/2). 

"Kami menghormati keputusan T.O.P bahwa dia ingin memperluas aktivitas pribadinya dan telah mendiskusikannya dengan baik dengan para BIGBANG members," lanjut YG.

Sejarah Karier T.O.P sebelum Menjadi BIGBANG Member

BIGBANG T.O.P

Pada tahun 2006, T.O.P debut sebagai anggota BIGBANG di bawah agensi YG Entertainment. Ia debut bersama empat member lainnya, yakni G-Dragon atau GD, Taeyang, Daesung dan Seungri.

Sebelum debut sebagai BIGBANG member, T.O.P merupakan rapper underground dengan nama panggung Tempo. Pada saat itu, ia merilis lagu berjudul Buckwild bersama NBK.

T.O.P sudah kenal lama dengan G-Dragon (GD) sejak keduanya masih duduk di bangku SMP. Keduanya sering berpartisipasi dalam mengisi berbagai acara musik, baik acara rap maupun dance.

Namun sayangnya, keduanya sempat berpisah ketika GD pindah. Lalu setelah sekian lama, T.O.P dihubungi oleh GD yang menginfokan bahwa agensi YG Entertainment sedang membuka audisi untuk boy group.

T.O.P dan G-Dragon mulai membuat beberapa demo rekaman dan mengirimkannya kepada CEO dari YG Entertainment pada saat itu, yaitu Yang Hyun-suk. Setelah itu, mereka diminta untuk mengikuti audisi.

Meskipun T.O.P memiliki pengalaman yang cukup menjanjikan, pria bernama asli Choi Seung-hyun ini melewati perjalanan yang berliku-liku untuk menjadi seorang member boyband YG Entertainment. Faktanya, T.O.P sempat ditolak oleh agensi tersebut karena ia dinilai tidak memenuhi kriteria “idola ideal” akibat kelebihan berat badan yang ia alami.

Hal tersebut tidak membuat T.O.P putus asa. Ia tetap memiliki tekad yang kuat untuk mengikuti audisi tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, T.O.P berusaha menurunkan berat badan dengan diet dan olahraga secara ekstrem hingga berhasil menurunkan bobot 20 kilogram dalam waktu yang singkat, yakni 40 hari.

Setelah berhasil menurunkan berat badan, Choi Seung-hyun kembali mengikuti audisi YG Entertainment. Pada audisi kali ini, ia dinyatakan lolos dan diberi nama panggung T.O.P oleh seniornya di YG Entertainment, yaitu Choi Dong-wook alias Se7en.

Akhirnya, T.O.P debut sebagai rapper dari boy group Korea Selatan BIGBANG bersama G-Dragon (GD). Mereka kemudian bergabung dengan anggota lainnya, yakni Taeyang BIGBANG, Daesung BIGBANG, dan Seungri BIGBANG.

Jejak Karier T.O.P menjadi Member BIGBANG selama 16 Tahun

BIGBANG T.O.P

Boy group YG Entertainment BIGBANG debut pada tahun 2006 silam. Saat debut, BIGBANG merilis album bertajuk BIGBANG Vol.1 yang berhasil terjual sebanyak 48.000 kopi. Nama BIGBANG pun kian melejit setelah mini album pertama mereka yang bertajuk Always rilis.

Sepanjang kariernya, BIGBANG merilis beberapa album Korea dan Jepang, di antaranya adalah Remember (2008), Number 1 (2008), BIGBANG (2009), BIGBANG 2 (2011), Alive (2012), MADE (2016), dan Made Series (2016).

Sebagai perpisahan terakhir sebelum hiatus panjang, BIGBANG merilis single Flower Road (2018). Hiatus panjang ini dilakukan oleh BIGBANG karena para anggota BIGBANG harus bertugas di wajib militer Korea Selatan.

Tak hanya bersama BIGBANG, T.O.P juga memiliki karier solo dan telah merilis sejumlah single. Single solo T.O.P meliputi Big Boy (2006), Turn It Up (2010), Because (2010), Oh Mom (2011), Doom Dada (2013) dan Hi Haruka (2015).

Di samping itu, BIGBANG T.O.P juga memiliki project duo bersama kawan lamanya, yaitu G-Dragon (GD&TOP). Duo ini merilis tiga single, yakni High High, Oh Yeah dan Knock Out.

Selain di dunia musik, T.O.P juga mengembangkan kariernya dengan menjadi seorang aktor. Ia merupakan anggota BIGBANG pertama yang merambah dunia akting dengan membintangi drama korea berjudul I Am Sam 15 tahun yang lalu (2007).

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023