OY! Dukung Keuangan Inklusif Melalui Solusi Pembayaran Terintegrasi

Muthia
|
November 10, 2023

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, penerapan solusi financial technology (fintech) memainkan peran penting dalam mendorong inklusi keuangan. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia mengalami peningkatan signifikan dalam adopsi fintech, didorong oleh peningkatan penetrasi penggunaan smartphone dan konektivitas internet. Hal ini telah merevolusi cara individu dan bisnis melakukan transaksi keuangan. Kini, pengguna memilih solusi pembayaran digital karena kenyamanan, kecepatan, dan efektivitas biayanya. Pergeseran perilaku ini telah membuka jalan bagi peningkatan inklusivitas keuangan, memungkinkan individu dan dunia usaha untuk mengakses layanan keuangan yang sebelumnya tidak terjangkau.

Perubahan ini juga berangkat dari pengaruh pandemi di Indonesia. Dilansir data laporan PWC (2023) menunjukkan pembayaran digital melonjak sebesar 65% di mana percepatan adopsi fintech terbukti bermanfaat bagi perekonomian nasional. Selain itu, industri harus menyesuaikan strategi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan untuk memperluas infrastruktur digital. Situasi ini membawa tantangan sekaligus peluang bagi sektor fintech di Indonesia. 

OY! Indonesia Solusi Pembayaran Terintegrasi

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), merupakan organisasi di industri fintech yang menekankan pentingnya keamanan, inklusivitas keuangan, dan kolaborasi antar sektor keuangan dalam pertumbuhan industri. Dengan edukasi mengenai tepat guna fintech serta digital trust, AFTECH memastikan bahwa data dan transaksi keuangan pengguna terlindungi. Melalui upaya kolaboratif, AFTECH bertujuan untuk menciptakan ekosistem yang menguntungkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk dunia usaha, konsumen, dan lembaga keuangan. Salah satu langkahnya dengan menyelenggarakan acara tahunan pada 11 November 2023 memperingati Bulan Fintech Nasional yang ditujukan untuk meningkatkan literasi fintech di tengah masyarakat.

Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023 sendiri hadir ditujukan sebagai upaya meningkatkan kepercayaan publik terhadap fintech beserta inovasi dan teknologi di dalamnya. Sebagai bentuk upaya pentingnya bersinergi dan kolaborasi melalui BFN, beserta Indonesia Fintech Summit (IFS) sebagai rangkaian puncak di dalamnya, bersama dengan berbagai lintas sektor keuangan di Indonesia dianggap mampu menghadirkan layanan yang cepat dan dipercaya.

Bersamaan dengan hal tersebut, OY! Indonesia memiliki visi yang serupa untuk mendukung bisnis di Indonesia untuk dapat mengakses solusi pergerakan dan pengelolaan keuangan terbaik. Sebagai penyedia infrastruktur keuangan, OY! memfasilitasi transaksi tunai serta non-tunai yang mudah dan tersedia secara nasional. Dengan menawarkan solusi pembayaran terintegrasi, OY! berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital dan mendukung inklusivitas keuangan.

OY! Indonesia Kolaborasi AFTECH

OY! Bersinergi dengan AFTECH pada Bulan Fintech Nasional 2023

Pada tahun ini, OY! akan turut berkolaborasi bersama AFTECH dalam pelaksanaan rangkaian BFN dan IFS 2023. Sebagai sponsor IFS 2023, OY! Indonesia secara aktif mendukung promosi inklusivitas keuangan dan ekonomi digital. OY! akan hadir pada acara IFS 2023 yang akan diadakan pada 23-24 November 2023 di Kota Kasablanka mendatang dalam rangka memajukan visi bersama antara AFTECH dan OY! Indonesia.

BFN dan IFS 2023 akan menjadi acara penting dalam mempromosikan solusi fintech di Indonesia. Dalam mengupayakan hal tersebut, BFN akan menyajikan berbagai rangkaian acara mulai dari sesi diskusi melalui Fintech Talk, online media visit dan clinic, hingga AFTECH Goes to Campus pada pre-event yang dilanjutkan dengan sesi Konferensi Pers BFN 2023 bersamaan dengan OJK Innovation Day (OVID) dalam rangka menyambut perilisan BFN bersama para regulator dan AFTECH pada 11.11 Hari Fintech Nasional.

Selama berlangsungnya rangkaian kegiatan, BFN juga turut akan menyediakan acara Virtual BFN 2023, di mana melalui situs resmi BFN akan disediakan kanal virtual khusus yang akan memungkinkan masyarakat mengakses acara secara virtual, sehingga acara dapat diakses oleh partisipasi yang lebih luas.

OY! Hadir Pada Indonesia Fintech Summit 2023

Selain dapat membuka horizon mengenai fintech lebih luas, dengan berpartisipasi pada rangkaian acara BFN dan IFS, Anda juga turut dapat menyaksikan secara langsung layanan produk-produk fintech yang tersedia, salah satunya OY! Indonesia. Kunjungi booth OY! Indonesia untuk mendapatkan demonstrasi produk, penawaran terbatas, hingga aktivasi fortune teller untuk konsultasi bisnis Anda, khusus untuk pengunjung IFS 2023!

Ikuti terus informasi terkini Bulan Fintech Nasional dan Indonesia Fintech Summit dengan mengikuti media sosial kami melalui @oyindonesia dan @fintech.id. Gabung untuk berpartisipasi dan kunjungi booth OY! dalam mendukung inklusivitas keuangan dan ekonomi digital di Indonesia. Daftarkan segera melalui tautan di bawah ini!

OY! Indonesia Hadir di Bulan Fintech Nasional

Sumber:

  1. https://www.medcom.id/ekonomi/ekonomi-digital/4KZRrOgK-bi-pembayaran-digital-naik-65-selama-pandemi
  2. https://www.pwc.com/id/en/media-centre/pwc-in-news/2021/indonesian/ 
  3. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230328190030-4-425256/wow-digitalisasi-pembayaran-di-ri-makin-marak-ini-buktinya 

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023