Mengenal Perbedaan Omzet dan Profit dalam Bisnis

Atia Tobing
|
February 7, 2022

Mengenal Perbedaan Omzet dan Profit dalam Bisnis - Dalam dunia bisnis, manajemen keuangan merupakan salah satu hal yang perlu diprioritaskan. Setiap bisnis tentu ingin memperoleh keuntungan yang selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, keuangan bisnis wajib diperhatikan dan diatur menggunakan strategi yang tepat.

Jika kita berbicara tentang keuangan bisnis, kita pasti akan mengurus omzet dan profit bisnis. Sebagai seorang pengusaha, kamu pastinya pernah mendengar istilah omzet dan profit? 

Walaupun tidak terdengar asing bagi para pengusaha, ternyata masih banyak pengusaha yang belum paham tentang omzet dan profit secara keseluruhan. Lalu, tak sedikit pula yang tidak bisa membedakan keduanya.

Lantas, apa itu profit dan apa itu omzet? Tenang, ketahui secara jelas pengertian serta perbedaanya pada artikel OY! berikut ini!

Omzet dan Profit dalam Bisnis

omzet

Sebagai seorang pengusaha, kamu tentu harus memerhatikan dan mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah cara mengatur keuangan bisnis secara maksimal yang meliputi pemantauan arus kas, penyusunan strategi keuangan bisnis, dan manajemen keuangan. 

Dalam mengatur keuangan bisnis, profit dan omset adalah dua aspek penting yang harus diperhatikan oleh seluruh pengusaha. Mengapa demikian?

Tahukah kamu bahwa profit dan omzet dapat menentukan apakah bisnis kamu berpotensi untuk berjalan selama beberapa tahun kedepan? Selain itu, omzet dan profit juga perlu dipahami karena keduanya merupakan bagian dari sukses atau tidaknya suatu bisnis.

Untuk itu, kamu perlu tahu perbedaan antara omzet dan profit. Cari tahu selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Apa itu Omzet?

apa itu omzet

Sebenarnya apa itu omzet? Yuk, mari kita bahas tentang omzet!

Omzet adalah sejumlah nilai total dari penjualan produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis dalam suatu kurun waktu tertentu. Nilai omzet kerap dijadikan sebagai patokan untuk menentukan kategori bisnis tersebut, yaitu bisnis skala kecil, bisnis skala menengah, atau bisnis skala besar. 

Namun, angka yang muncul dalam omset adalah hitungan kasar sehingga belum mencerminkan keuntungan bersih yang diperoleh. Kamu bisa memadankan istilah omzet dengan laba kotor atau pendapatan kotor yang dihasilkan oleh suatu bisnis. Apa alasannya?

Alasannya adalah nilai omzet bisnis belum dikurangi biaya lain yang dikeluarkan untuk modal bisnis, misalnya biaya produksi, gaji pegawai, dan biaya operasional lainnya. Jadi, omzet tidak bisa dikatakan sebagai keuntungan bisnis yang sesungguhnya.

Itulah pengertian dari omzet. Selanjutnya, mari kita bahas tentang profit. Apa itu profit?

Apa itu Profit?

apa itu profit

Profit adalah pendapatan atau jumlah uang yang dihasilkan dari penjualan bisnis dalam suatu periode tertentu. Berbeda halnya dengan omset, profit merujuk pada nilai penjualan bisnis sesudah dikurangi biaya modal atau komponen biaya lain yang dikeluarkan untuk memproduksi atau memasarkan bisnis.

Berdasarkan pengertian di atas, profit dapat dikatakan sebagai hasil keuntungan bisnis yang sebenarnya. Istilah profit juga dikenal dengan sebutan pendapatan bersih.

Nah, setelah tahu pengertian dari omzet dan profit, kira-kira apa saja perbedaan antara keduanya? Simak penjelasan berikut ini!

Perbedaan Omzet dan Profit

profit

Agar tidak keliru, kamu harus memahami perbedaan antara profit dan omzet dalam suatu bisnis. Berikut perbedaanya!

Berdasarkan pengertiannya, dapat disimpulkan bahwa perbedaan profit dan omzet terletak pada cara perhitungannya. Omset adalah nilai pendapatan yang dihitung dengan cara menjumlahkan semua pendapatan. Di lain sisi, profit adalah nilai semua pendapatan yang telah dikurangi harga pokok penjualan atau harga pokok produksi (HPP).

Untuk mengetahui lebih lanjut cara menghitung omzet dan profit, klik tautan ini.

Itulah perbedaan antara profit dan omzet yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui perbedaan antara keduanya, kamu bisa memperoleh keuntungan, loh! Apa saja keuntungannya?

Keuntungan Memahami tentang Omzet dan Profit bagi Bisnis

omset adalah

Memahami tentang omzet dan profit ternyata mampu memberikan berbagai keuntungan dalam suatu bisnis. Simak keuntungannya pada ulasan berikut ini!


  • Memberi tahu tentang masalah kualitas atau produksi bisnis. Rendahnya omset atau profit suatu bisnis mungkin diakibatkan masalah dengan produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Membantu persiapan laporan laba rugi. Kamu tidak akan bisa menilai keuntungan bisnis tanpa menghitung omzet dan profit.
  • Memberi kesempatan untuk berinvestasi ketika omzet atau profit tinggi. Jika omzet atau profit kamu tinggi, kamu bisa memanfaatkan keuntungan ini untuk memasukkan lebih banyak uang ke bidang bisnis lainnya.
  • Memberi kesempatan untuk menyesuaikan pengeluaran bisnis saat omzet rendah. Dengan menerapkan cara ini, kamu masih bisa menghasilkan keuntungan bisnis (profit).


Sekian penjelasan tentang omzet dan profit dalam bisnis. Semoga bermanfaat!

Ingin meningkatkan omzet dan profit bisnis? Segera tingkatkan performa pembayaran bisnis dengan OY! Bisnis!

Tingkatkan Performa Sistem Pembayaran Bisnis dengan OY! Bisnis

profit adalah

Setelah mengetahui apa itu profit dan omset, sekarang waktunya untuk mempertimbangkan penggunaan OY! Bisnis. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik usaha dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Apabila kamu ingin menggali informasi untuk mencari tahu bagaimana OY! Bisnis dapat membantu bisnis UMKM atau bisnis korporat/perusahaan berkembang di era digital dan selama pandemi berlangsung, jangan khawatir! Klik tautan ini untuk UMKM dan tautan ini untuk bisnis korporat/perusahaan.

Tertarik untuk bergabung di OY! Bisnis? Yuk, daftarkan bisnis kamu sekarang juga untuk meningkatkan performa bisnis agar profit dan omzet kamu bisa meningkat pula!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023