Simak Langkah-langkah Mudah Transfer Uang Lewat ATM

Mutia
|
May 3, 2021

Kegiatan yang berhubungan dengan transaksi keuangan saat ini termasuk hal yang mustahil untuk dihindari. Di zaman digital seperti sekarang, masyarakat dituntut untuk selalu melakukan transaksi keuangan dengan cepat. Salah satu transaksi keuangan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah transfer uang ke sesama bank atau pun ke beda bank.

Dengan perkembangan teknologi yang ada, transfer uang merupakan hal yang mudah untuk dilakukan karena adanya banyak layanan yang diciptakan baik oleh perbankan dan perusahaan keuangan. Contohnya, masyarakat sudah bisa transfer uang lewat mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dengan mudah, praktis, dan aman.

Berdasarkan data OJK, saat ini Indonesia memiliki lebih dari 100 Bank Umum dan lebih dari 100.000 mesin ATM di berbagai penjuru Indonesia per November 2017. Walau layanan transfer uang lewat ATM sudah digunakan oleh banyak orang, masih ada sebagian orang yang baru mengenal dan ingin menggunakan layanan bank yang satu ini.

Oleh karena itu, ulasan ini akan memberi panduan yang lengkap dan mudah untuk diikuti bagi para pengguna baru. Simak langkah-langkahnya berikut ini agar kamu bisa transfer uang dengan benar dan aman.

transfer uang lewat ATM

1. Kunjungi Mesin ATM Terdekat

Sebelum dapat menggunakan layanan ini, kamu pastinya harus mendatangi mesin ATM terdekat. Pastikan mesin ATM yang akan kamu datangi sesuai dengan bank yang kamu gunakan.

2. Masukkan Kartu ATM ke Slot Kartu Mesin ATM

Untuk melakukan transaksi keuangan lewat mesin ATM, jangan lupa untuk membawa kartu ATM milikmu. Lalu masukkan kartu ATM pada slor kartu mesin ATM dan pastikan posisi kartu sudah benar dan nggak terbalik. Posisi kartu yang benar adalah saat bagian atas kartu yang tertera nama menghadap keatas. Untuk memastikan keamanan transaksimu, pastikan nggak ada hal yang mencurigakan di slot mesin ATM seperti ganjalan atau tambahan alat yang menempel.

3. Pilih Jenis Bahasa

Setelah itu, kamu akan diminta untuk memilih Bahasa yang akan digunakan. Untuk menggunakan layanan dalam Bahasa Indonesia, pilih Bahasa Indonesia.

4. Masukkan Nomor PIN ATM

Saat membuka rekening, kamu akan diminta untuk membuat nomor PIN yang umumnya berupa gabungan dari 6 digit angka pilihanmu. Nomor PIN ini digunakan untuk menjaga keamanan transaksimu dan hanya kamu yang bisa melakukan transaksi dengan kartumu. Jangan lupa untuk selalu jaga keamanan nomor PIN agar mengurangi risiko adanya pihak yang nggak bertanggung jawab. Kamu bisa menutupi tombol PIN pada mesin ATM agar orang lain yang sedang mengantri nggak bisa lihat nomor PIN kamu. Selain itu, upayakan untuk mengganti nomor PIN secara berkala dan jangan beritahukan nomor tersebut kepada orang lain.

5. Pilih Jenis Transaksi

Karena transaksi yang ingin dilakukan adalah transfer uang, maka pilih menu Transfer.

6. Pilih Bank Tujuan Transfer

Pilih bank tujuanmu, lalu masukkan nomor rekening dengan benar. Untuk transfer ke sesama rekening, kamu hanya perlu memasukkan nomor rekening. Namun, jika kamu transfer ke rekening lain, kamu harus memasukkan kode bank sebelum nomor rekening tujuan. Untuk melihat daftar kode bank, pilih menu ‘Kode Bank’. Lalu, klik Benar untuk proses selanjutnya.

7. Masukkan Jumlah Transfer

Pastikan nominal angka yang ingin kamu transfer sudah benar. Lalu klik Benar.

8. Transaksi Akan Diproses

Dalam hitungan detik, transaksi akan diproses dan mesin ATM akan menunjukkan Data Tujuan Transfer berupa keterangan Bank, nama, nomor rekening tujuan, dan jumlah uang yang akan ditransfer.Jika semua sudah sesuai, pilih Ya.

9. Menunggu Konfirmasi

Jika transaksi berhasil dilakukan, akan ada keterangan bahwa Transaksi Anda Berhasil Dilaksanakan. Kalu transaksimu sudah selesai, pilih menu Tidak untuk menerima bukti transfer. Jika ingin transfer lagi, pilih Ya dan ulangi langkah-langkah di atas.

10. Transaksi Selesai

Setelah semua transaksi sudah berhasil dilakukan, jangan lupa untuk mengambil kartu ATM yang keluar dari mesin. Pastikan untuk selalu mengambil kartu kembali sebelum meninggalkan mesin ATM.

Itu dia langkah-langkah mudah untuk kamu yang ingin transfer uang lewat ATM. Gimana? Sudah nggak bingung lagi kan kalau mau transfer uang lewat ATM?

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023