Tips Atur Pengeluaran di Tengah Naiknya Harga BBM

Arin
|
September 5, 2022

Tips Atur Pengeluaran di Tengah Naiknya Harga BBM - Setelah berbulan-bulan beredar kabarnya, pemerintah Indonesia akhirnya mengumumkan secara resmi bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan mengalami kenaikan. Oleh karena itu, masyarakat harus siap-siap mengocek uang lebih saat hendak mengisi bahan bakar kendaraan mereka mulai bulan September 2022 ini.

Kenaikan harga tersebut tentunya memberikan dampak yang cukup signifikan di masyarakat, apalagi di wilayah Ibu Kota di mana banyak masyarakatnya banyak berkendara dengan menggunakan transportasi pribadi. 

Oleh karena itu, tidak heran kalau kenaikan harga BBM menuai protes dari banyak warga. Naiknya harga BBM ini selain mempengaruhi penggunaan transportasi pribadi juga akan mempengaruhi sektor lainnya serta ekonomi secara keseluruhan sehingga akan menyebabkan terjadinya inflasi ekonomi di Indonesia.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu pastinya harus pintar-pintar mengatur keuangan agar penghasilan kamu tidak habis untuk membeli BBM saja dan kamu tetap bisa membiayai kebutuhan sehari-hari. Ingin tahu bagaimana tips untuk mengatur keuangan di tengah naiknya harga BBM?

Yuk, simak artikel yang satu ini dan ikuti tipsnya!

Tips Atur Pengeluaran di Tengah Naiknya Harga BBM

Tips Atur Pengeluaran di Tengah Naiknya Harga BBM‍

Seperti yang telah dijelaskan di atas, harga BBM di Indonesia mengalami kenaikan di bulan September ini. Kenaikan harga BBM ini diperkirakan terjadi karena mahalnya harga minyak mentah serta pelemahan kurs rupiah di tahun 2022. 

Berikut adalah daftar harga BBM di SPBU Pertamina per bulan September 2022, seperti yang dilansir di cnbcindonesia.com:

  • Pertalite: Rp 10.000 per liter
  • Solar subsidi : Rp. 6.800 per liter
  • Pertamax: Rp. 14.500 per liter
  • Pertamax Turbo: Rp. 15.900 per liter
  • Dexlite: Rp. 17.100 per liter

Naiknya harga BBM ini pasti akan memberikan banyak dampak yang kurang menyenangkan pada kegiatan kamu. Betul, harga pangan hingga kebutuhan lain pasti akan mengalami lonjakan harga karena hal tersebut. Kamu pun harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli kebutuhan sehari-hari sehingga jumlah pengeluaran kamu akan semakin besar.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti mengenai cara mengatur pengeluaran di tengah naiknya harga BBM, supaya penghasilan tetap mencukupi dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Perbanyak berjalan kaki atau gunakan transportasi umum

Tips Atur Pengeluaran di Tengah Naiknya Harga BBM‍

Saat ini, penyediaan sarana transportasi umum di Indonesia sudah jauh lebih memadai dan menjangkau banyak wilayah. Selain biayanya yang tergolong murah, para pengguna transportasi umum pun menjadi lebih nyaman saat harus berkendara karena fasilitasnya yang baik dan mudah diakses.

Agar bisa memangkas pengeluaran untuk BBM, kamu bisa mempertimbangkan berkendara menggunakan angkot, Transjakarta, atau bahkan MRT saat melakukan aktivitas seperti berangkat kerja, pulang sekolah, maupun saat pergi ke pusat perbelanjaan. Selain bisa memangkas pengeluaran, langkah yang satu ini juga bisa membuat kamu menjadi lebih sehat karena banyak berjalan kaki saat harus berpindah-pindah halte maupun rute.

Hemat bahan bakar saat menggunakan kendaraan pribadi

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar, seperti memanaskan mesin kendaraan secara rutin, mengurangi penggunaan AC yang terlalu dingin pada mobil, hingga berkendara dengan beban ringan agar tidak overload dan membuat mesin menjadi berat. Selain membuat hemat biaya bahan bakar, cara-cara tersebut juga bisa membuat kendaraan kamu lebih awet karena kondisinya yang dijaga dengan baik.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan kendaraan pribadi dengan efisien. Misalnya, kamu bisa pergi ke kantor sambil mengantarkan atau menjemput anak sekolah sehingga pemakaian bahan bakar bisa dikurangi. Hal ini penting dilakukan agar BBM tidak cepat habis dan kamu pun tidak perlu menghabiskan uang untuk membeli bahan bakar secara berlebihan.

Susun dan periksa catatan keuangan secara berkala

Tips Atur Pengeluaran di Tengah Naiknya Harga BBM‍

Kenaikan harga BBM akan berdampak pada harga pangan dan kebutuhan lainnya. Oleh karena itu, kamu harus menyusun rencana anggaran yang baru atau memperbarui catatan yang lama agar bisa menyesuaikan keuanganmu dengan harga barang-barang saat ini.

Agar penghasilan kamu tetap bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari yang harganya sedang melonjak, kurangi pembelian barang yang tidak perlu dan utamakan kebutuhan alih-alih keinginan. Nah, catatan berupa anggaran ini bisa kamu jadikan patokan saat harus memilih mana barang yang kamu butuhkan dan mana barang yang kamu inginkan.

Jangan lupa juga untuk menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung ke modal bisnis atau investasi agar penghasilan kamu semakin bertambah dan kamu pun tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya BBM yang naik. Saat ini bisnis online menjadi semakin mudah dengan adanya OY! Bisnis. Ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Bisnis Jadi Lebih Mudah dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023