Tips Berbisnis Online Agar Sukses untuk Pemula

Arin
|
September 13, 2022

Tips Berbisnis Online Agar Sukses untuk Pemula - Saat ini, sudah ada banyak orang yang mulai tertarik untuk membuka bisnis mereka sendiri. Nah, bisnis online merupakan salah satu jenis bisnis yang cocok dilakukan oleh pemula sehingga bisa kamu pertimbangkan jika hendak membuka bisnis dan belum memiliki pengalaman dalam berbisnis sebelumnya.

Namun, layaknya bisnis lain pada umumnya, tentu ada beberapa hal serta langkah yang harus kamu terapkan jika ingin bisnis online kamu sukses dan jualan kamu terjual dengan laris. Lantas, apa saja sih, langkah-langkah yang harus kamu lakukan?

Yuk, simak artikel di bawah ini dan dapatkan tips-tips untuk para pemilik bisnis online pemula agar jualan mereka semakin laris dan bisa membawa keuntungan besar!

Tips Berbisnis Online Agar Sukses untuk Pemula

Bisnis online banyak diminati oleh para pemilik bisnis karena sistem operasionalnya yang lebih praktis dan fleksibel. Selain itu, jumlah modal yang harus dikeluarkan jika hendak menjalankan bisnis online juga dianggap lebih sedikit jika dibandingkan dengan bisnis konvensional yang membutuhkan tempat usaha serta stok barang dalam jumlah yang cukup besar.

Maka dari itu, bisnis online saat ini menjadi salah satu jenis bisnis yang populer, baik di kalangan pebisnis maupun pelanggan. Dikarenakan banyaknya peminat, tentunya kamu sebagai pemilik bisnis online harus mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam berbisnis online agar jualan kamu tidak kalah saing di pasaran.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan dalam menjalankan bisnis online milikmu agar bisa sukses dan terus menarik perhatian pelanggan.

Pilih jenis produk ataupun jasa yang sesuai

Tips Berbisnis Online untuk Pemula Agar Jualan Makin Laris

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih jenis produk yang akan ditawarkan di toko online milikmu. Pemilihan ini akan memberikan dampak yang signifikan pada keberlangsungan bisnis online kamu karena barang yang populer atau in demand pasti akan lebih banyak terjual dibandingkan barang yang tidak populer.

Selain memilih jenis produk berdasarkan tren, kamu juga bisa mempertimbangkan memilih produk berdasarkan hobi milikmu, loh! Misalnya, jika kamu memiliki hobi bertanam, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menjual tanaman hias atau bibit tanaman ke orang-orang yang bergabung ke dalam komunitas pecinta tanaman.

Pelajari potensi bisnis yang dipilih

Setelah memilih produk atau jasa yang akan dijual, langkah berikutnya adalah untuk mempelajari seberapa besar potensi bisnis yang akan kamu jalankan di pasaran. Seperti yang disebutkan sebelumnya, barang yang populer pasti akan lebih banyak dicari oleh pelanggan sehingga kamu juga harus mencari target pasar yang tepat saat menawarkan barang.

Lakukanlah riset singkat agar kamu mengetahui supplier, target pasar, media pemasaran, hingga harga jual yang tepat untuk produk yang kamu tawarkan. Cara ini nantinya akan membuat bisnis online kamu berjalan dengan lebih lancar dan teratur.

Manfaatkan berbagai macam media pendukung

Tips Berbisnis Online untuk Pemula Agar Jualan Makin Laris

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti media sosial untuk mempromosikan jualan milik kamu atau bahkan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di marketplace lainnya. Sekarang sudah ada berbagai macam aplikasi yang dapat membantu kamu untuk memasarkan produk dan menarik perhatian pelanggan. 

Sebagai contoh, kamu bisa melakukan jualan secara live melalui Instagram atau Shopee, lalu tawarkan promo serta diskon dalam waktu terbatas agar pelanggan merasa tertarik untuk membeli produk dari bisnis online kamu.

Sediakan berbagai opsi metode pembayaran

Tips Berbisnis Online untuk Pemula Agar Jualan Makin Laris

Pelanggan pasti lebih menyukai bisnis online yang menyediakan berbagai metode pembayaran dan memungkinkan mereka untuk memilih jenis pembayaran dengan lebih leluasa. Maka dari itu, pilihlah aplikasi seperti OY! Bisnis yang memungkinkan kamu untuk menerima pembayaran dari berbagai macam jenis bank serta dompet digital di Indonesia.

Selain memudahkan pelanggan untuk memilih pembayaran, fitur serta layanan yang disediakan OY! Bisnis juga dapat membantu kamu untuk bisa mengelola keuangan bisnis dengan lebih mudah. Bisnis online kamu pun bisa semakin laris dan sukses.

Nah, setelah membaca artikel di atas mengenai tips berbisnis online agar sukses untuk pemula, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis online kamu dari sekarang? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Transaksi Bisnis Jadi Lancar dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023