5 Tips Dapat Uang Tambahan meski Nggak Dapat THR

Luthfa
|
May 3, 2021

Tips Dapat Uang Tambahan meski Nggak Dapat THR - Tunjangan Hari Raya (THR) jadi salah satu hal yang ditunggu saat bulan Ramadan. Ya, kehadiran THR ini seakan jadi angin segar buat sebagian orang yang punya banyak kebutuhan selama bulan Ramadan hingga menjelang hari raya Lebaran.

Namun sayangnya, nggak sedikit orang yang nggak menerima THR karena beberapa hal. Pertanyaannya, apakah kamu termasuk salah satu orang yang nggak menerima THR di bulan Ramadan?

Jika iya, kamu nggak perlu bersedih. Sebab, THR masih bisa dicari dengan berbagai cara. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan THR menjelang hari raya Lebaran. Apa saja?

Jadi quiz hunter saat Ramadan

tips dapat uang tambahan meski nggak dapat thr

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang tambahan meski tak dapat THR adalah menjadi quiz hunter saat Ramadan. Yap, saat Ramadan hingga menjelang hari raya, banyak institusi atau lembaga tertentu yang mengadakan lomba, beberapa lomba di antaranya adalah MTQ, menggambar, atau lomba fotografi jalanan (street photography).

Jika kamu memiliki skill dari salah satu lomba yang disebutkan tadi, tak ada salahnya untuk mengikuti kompetisi tersebut. Kamu bisa melakukan pencarian informasi di mesin pencari Google atau hashtag di media sosial seperti Instagram dengan beberapa kata kunci tertentu, misalnya ‘lomba Ramadan 2020’ atau ‘kuis Ramadan 2020’. Selain exposure, lomba-lomba tersebut juga menyertakan hadiah yang cukup menarik jika kamu berhasil menjuarainya.

Membuat kue Lebaran

Selain pakaian, kue Lebaran jadi salah satu makanan yang pasti dicari untuk menyambut Idulfitri. Jika kamu ingin mendapatkan tambahan uang di bulan Ramadan ini, kenapa nggak membuat kue Lebaran untuk dijual ke orang-orang terdekat?

Ya, jika kamu merasa punya keahlian membuat kue yang cukup mumpuni, kamu bisa mencoba bisnis yang satu ini. Beberapa kue Lebaran yang bisa kamu bikin adalah nastar, putri salju, atau kastengel. Selain menjualnya via grup WhatsApp kompleks atau kantor, kamu bisa memasarkan kue Lebaran bikinan kamu di media sosial seperti Facebook atau Instagram, hingga di beberapa platform e-commerce yang ada.

Mempromosikan produk orang lain atau dropshipper

tips dapat uang tambahan meski nggak dapat thr

Jika kamu ingin memulai usaha, tapi nggak ingin mengeluarkan banyak biaya, mempromosikan produk orang lain atau yang lazim disebut dropshipper bisa banget kamu coba. Yang kamu butuhkan hanyalah kuota internet untuk menjual produk-produk tersebut di berbagai media sosial dan platform e-commerce, serta ketekunan untuk terus mempromosikan barang dagangan. Meski begitu, sebelum mulai mempromosikan produk orang lain, kamu wajib mengetahui seberapa besar pasar dari produk tersebut dan cari tahu harga jual yang kompetitif di pasaran, ya.

Menjual barang bekas

Punya banyak barang nggak terpakai yang menumpuk di gudang? Kamu bisa menjual barang-barang bekas tersebut untuk mendapatkan THR. Selain mudah dilakukan, hal ini juga membuat kamu nggak perlu mengeluarkan banyak modal.Menariknya lagi, uang dari hasil menjual barang bekas juga bisa dijadikan modal untuk berjualan barang yang lain. Bahkan kalau sukses, berjualan bisa jadi salah satu sumber penghasilan tetap kamu nantinya.

Jadi freelancer

tips dapat uang tambahan meski nggak dapat thr

Selain menawarkan barang, kamu juga bisa menawarkan jasa atau menjadi freelancer untuk mendapatkan THR di bulan Ramadan ini. Dewasa ini, ada terdapat banyak situs atau media bagi para freelancer untuk bisa menyalurkan karya terbaiknya, sekaligus mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Gemar menulis dan ingin dapat uang dari hobi tersebut? Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu kerjakan, mulai dari content writer, copywriter, menulis caption untuk media sosial, bahkan menyediakan jasa untuk membuat kalimat-kalimat romantis yang kini makin marak ditemukan.

Tak hanya itu, keahlian desain juga jadi salah satu hal yang cukup diminati di dunia freelancer. Terlebih lagi sekarang zaman sudah serba digital, itu artinya keahlian tersebut semakin dicari. Kamu bisa membantu klien membuat logo hingga edit-edit foto atau video.  

Menjadi freelancer bisa sedikit tricky karena kamu harus giat dalam mencari peluang proyek yang sesuai dengan keahlian kamu. Nah, jika kamu menerima proyek freelance, kamu harus mengerjakannya dengan cepat dan baik sehingga kamu bisa mengerjakan proyek lainnya dan mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Menariknya lagi, kamu bisa menentukan hargamu sendiri kepada tiap klien yang membutuhkan jasa kamu.Itu dia beberapa tips mendapatkan uang tambahan di bulan Ramadan meski nggak dapat THR. Bagaimana dengan kamu?

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023